Home Dunia Islam 6 Keutamaan Sholat Dhuha yang Harus Anda Ketahui

6 Keutamaan Sholat Dhuha yang Harus Anda Ketahui

100
Keutamaan Sholat Dhuha
Loading...

 

Banyak yang belum mengerti tentang keutamaan shalat dhuha. Nyatanya shalat Dhuha bisa senilai dengan sedekah dengan semua persendian. Shalat itu akan memudahkan urusan kita sampai akhir siang. Ditambah lagi shalat itu dapat menyamai pahala haji serta umrah yang sempurna. Juga shalat Dhuha termasuk juga shalat orang-orang yang kembali taat.

Keutamaan Sholat Dhuha

Berikut penjelasan mengenai  keutamaan sholat Dhuha :

1. Keutamaan Sholat Dhuha Merupakan Amalan yang Diwasiatkan Rasulullah supaya dikerjakan setiap hari

Shalat dhuha yaitu ibadah sunnah yang amat dianjurkan oleh Rasulullah. Sholat sunnah ini merupakan ibadah pagi hari yang rutin dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya, beliau senantiasa menganjurkan umatnya untuk membiasakan diri mendirikan sholat dhuha setiap hari pada saat pagi.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
“Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara : puasa tiga hari tiap bulan (ayyamul bidh) , shalat Dhuha dua rakaat serta shalat witir saat sebelum tidur” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Kekasihku mewasiatkan tiga hal yang tidak akan kutinggalkan sampai mati yaitu berpuasa tiga hari tiap bulan, shalat dhuha serta shalat witir saat sebelum tidur” (HR. Al Bukhari)

Dari kedua hadist diatas menerangkangkan bahwa sholat dhuha selalu dikerjakan oleh Rasulullah.

2. Shalat Dhuha 2 rakaat sebanding dengan sedekah 360 kali

Sholat dhuha merupakan sholat yang dapat dikatakan senilai dengan 360 sedekah. Sholat Sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari meskipun hanya dua rakaat, namun sebenarnya keutamaan sholat ini sangat banyak.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

“Setiap pagi, tiap ruas anggota tubuh kalian harus di keluarkan sedekahnya. Tiap tasbih merupakan sedekah, tiap tahmid merupakan sedekah, tiap tahlil merupakan sedekah, tiap takbir merupakan sedekah, menyuruh pada kebaikan merupakan sedekah, serta melarang melakukan perbuatan munkar merupakan sedekah. Seluruh itu bisa ditukar dengan shalat dhuha dua rakaat. ” (HR. Muslim)

“Di dalam tubuh manusia ada tiga ratus enam puluh sendi, yang semuanya mesti di keluarkan sedekahnya. ” Mereka (beberapa teman dekat) ajukan pertanyaan, “Siapakah yang dapat lakukan itu wahai Nabiyullah? ” Beliau menjawab, “Engkau bersihkan dahak yang berada di dalam masjid yaitu sedekah, engkau singkirkan suatu hal yang mengganggu dari jalan yaitu sedekah. bila engkau tidak menemukannya (sedekah sejumlah itu) , dua raka’at Dhuha udah mencukupimu. ” (HR. Abu Dawud)

Hadits hadist di atas menunjukkan keutamaan yang luar biasa serta kedudukan yang mulia dari Shalat Dhuha. Hal ini juga yang menunjukkan semakin disyari’atkannya shalat Dhuha. Dua raka’at shalat Dhuha sudah mencukupi sedekah 360 persendian kita. Jika memang demikian, sudah sepantasnya shalat ini kita kerjakan secara rutin dan terus menerus.

3. Shalat Dhuha 4 rakaat akan membawa kecukupan sepanjang hari

Keutamaan solat Dhuha yang ke empat yaitu akan menyelematkan dari berbagai hal yang membahayakanya. Bisa juga diartikan bahwa shalat Dhuha dapat menjaga dirinya dari terjerumus dalam dosa. Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi berikut ini:

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sampai engkau luput dari empat rakaat diawal harimu, pasti Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu. ” (HR. Ahmad)

4. Keutamaan Shalat Dhuha adalah ghanimah terbanyak

Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendengar beberapa sahabatnya membicarakan tentang ghanimah (harta rampasan perang) , beliau menunjukkan amal yang lebih banyak daripada ghanimah-ghanimah itu.

“Barangsiapa berwudhu lantas pergi pada saat pagi ke masjid untuk melakukan shalat dhuha, hal tersebut merupakan peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, serta kembalinya lebih cepat” (HR. Tirmidzi dan Ahmad ; hasan shahih) .

Penjelasan hadits ini menyaratkan dengan keutamaan shalat dhuha serta hubungan dengan rejeki. Dan siapa saja yang mengamalkan shalat dhuha, ia mendapat semakin banyak harta rampasan perang, baik dalam soal jumlah harta atau keberkahannya.

5. Pahala shalat Dhuha sejumlah dengan pahala umrah

Salah satu keutamaan istimewa shalat dhuha yaitu mendapatkan pahala seperti pahala umrah. Tentunya ada cara khusus mengerjakannya. Rasulullah menerangkan dalam haditsnya, ada dua cara supaya shalat dhuha berpahala umrah.

Cara pertama, dengan shalat Subuh berjamaah dan dzikir hingga masuk waktu dhuha lalu ditutup dengan shalat dhuha dua rakaat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa mengerjakan shalat Subuh berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna.” (HR. Thabrani; shahih lighairihi)

Cara kedua, setelah shalat Subuh berjamaah boleh pulang ke rumah, namun di waktu dhuha ia mengerjakan shalat Dhuha di masjid.

‎”Barangsiapa keluar rumah untuk melakukan shalat Dhuha, dan tidak ada yang ‎menyebabkannya keluar kecuali untuk shalat Dhuha, maka ‎pahalanya seperti pahala orang yang umrah” ‎(HR. Abu Dawud; hasan)

6. Shalat Dhuha adalah Shalat Awwabin

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:
“Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya: agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan shalat witir, agar aku tidak meninggalkan dua rakaat shalat Dhuha karena ia adalah shalat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan” (HR. Ibnu Khuzaimah; shahih)
Awwabin adalah orang-orang yang taat. Yang istiqomah melakukan shalat dhuha, dengan demikian, berarti menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

Sekian 6 keutamaan Shalat Dhuha, mudah-mudahan makin berikan motivasi kita dalam mengamalkan sunnah Nabi ini, dan jadikan sholat dhuha jadi satu diantara rutinitas teratur.

Loading...