Home Dunia Islam 5 Keutamaan Sholawat yang Sangat Dasyat

5 Keutamaan Sholawat yang Sangat Dasyat

62
keutamaan sholawat

Dalam beribadah sesehari, sesungguhnya ada satu perbuatan enteng yang jika kita kerjakan mendatangkan akibat yang maha dahsyat, serta jika kita tinggalkan kita termasuk juga kelompok orang yang tidak bersyukur.

Pada saat kita sudah di beri pertolongan oleh orang yang lain, sudahlah pastinya akan mengatakan terima kasih yang tidak terhingga, atau mungkin saja mengatakan doa untuk kebaikannya. Begitu halnya Rasulullah Saw yang sudah keluarkan kita dari lembah kegelapan menuju alam jelas benderang, sudahlah layak bagi kita selalu untuk mengatakan sholawat serta salam atas beliau, jadi ungkapan rasa terima kasih serta kecintaan kita atas semua layanan serta perjuangan yang tidak tertandingi di alam jagad ini.

Dalam bebrapa beribadah beda, Allah Swt memerintahkan pada hamba-hambaNya untuk mengerjakannya, tetapi spesial dalam perintah membaca shalawat, Allah Swt mengatakan kalau Allah sendiri bershalawat atasnya, lantas memerintahkan pada malaikatNya, baru lantas pada beberapa orang yang beriman untuk bershalawat atasnya. Dengan hal semacam ini makin memperlihatkan sebenarnya lakukan shalawat atas Nabi muhammad saw, tidak hanya sebatas ungkapan terima kasih, namun ia juga jadi beribadah yang paling utama.

Apabila kita mau ketahui kalau shalawat termasuk juga beribadah yang paling utama, cermati serta pikirkan firman Allah Swt dalam al-Quran :
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَي هِ وَسَلِّمُوا تَس لِيمًا
“Sesungguhnya Allah serta malaikat-malaikatNya, bershalawat atas Nabi, wahai beberapa orang yang beriman, bershalawatlah anda untuk nabi serta katakan salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab 56).

Loading...

Dari ayat itu kita ketahui, Allah Swt saja sang Pencipta jagad raya serta mahkluk semua dunia termasuk juga diri kita yang kecil ini, ingin bershalawat pada Nabi Muhammad Saw, dan beberapa malaikat yang sudah ditanggung tidak juga akan melakukan perbuatan kekeliruan ikut bershalawat pada nabi, kenapa diri kita yang sudah diselamatkan beliau masih tetap melupakan beribadah yang teramat mulia ini. Sebenarnya perbuatan seorang memperlihatkan pada perangai dirinya.
سيرة المرء تنبأ عن سريرته

Shalawat yaitu satu beribadah yang tidak berbatas alam, jarak maupun saat. Berarti apabila disampaikan juga akan menembus alam langit yang amat jauh, didengar beberapa malaikat, lantas ikut mengemukakan doa untuk manusia yang mengatakannya, serta menembus Alam pendam mengemukakan salam yang disampaikan manusia pada Nabi Muhammad Saw.
Nabi Saw bersabda :

ما منكم من أحدٍ سلّم علي إذا متُّ إلا جاءني جبريل فقال جبريل يا محمد هذا فلان ابن فلان يُقرئك السلام، فأقول وعليه السلام ورحمة الله وبركاته. (رواه أبو داود).
Berarti :
“Tidak ada salah seseorang diantara anda yang mengatakan salam kepadaku setelah saya mati tetapi malaikat jibril datang kepadaku seraya mengatakan : ‘wahai Muhammad, ini Fulan bin Fulan mengatakan salam untukmu, saya menjawab : “dan atasnya salam serta rahmat dan barokah dari Allah”. (HR. Abu Daud)
Lantas apa fadhilah mengatakan shalawat serta salam atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw?

Keutamaan Sholawat

Ada beberapa kisah dari hadist Rasulullah Saw, Atsar sahabat Radiallahu anhum serta pengalaman beberapa ulama mengenai Keutamaan Solawat:

1. Shalawat bersihkan Dosa

Sabda Nabi Saw :
صلّو عليّ فإن الصلاة علي زكاةٌ لكم واسألوا الله لي الوسيلة، قالوا وما الوسيلة يا رسول الله؟ قال : أعلى درجةٍ في الجنة لا ينالها إلا رجلٌ واحدٌ وأنا ارجو أن يكون أنا هو. (رواه أحمد في مسنده)
“bacalah shalawat atasku karna sebenarnya shalawat atasku bersihkan dosa-dosamu, serta mintalah pada Allah untukku wasilah”. Beberapa teman dekat ajukan pertanyaan : “apakah wasilah itu? ” beliau menjawab : “derajat yang tertinggi di sorga yang cuma seseorang saja yang juga akan mendapatkannya serta saya mengharapkan mudah-mudahan akulah orang yang memperolehnya”.

 

2. Shalawat berpahala sepuluh rahmat Allah serta menghapus sepuluh kekeliruan

Sabda Nabi Saw :
من صلّى علي صلاةً واحدة صلى الله عليه عشر صلوات وحطّ عنه عشر خطيآت (رواه النسائي)
“barangsiapa yang membaca shalawat atasku satu shalawat Allah juga akan turunkan sepuluh rahmat padanya serta menghapus sepuluh kekeliruannya” (HR. Nasai)

3. Dipenuhi hajat didunia serta akhirat

Sabda beliau Saw :
من صلى علي في اليوم مائةَ مرّةٍ قضى الله له مائةَ حاجةٍ، سبعين منها في الآخرة وثلاثين في الدنيا
“barangsiapa yang membacakan shalawat untukku pada sebuah hari seratus kali, Allah juga akan penuhi seratus hajatnya, 70 salah satunya kelak di akhirat serta 30 didunia. (Kitab Jam’ul Jawami’, Hal : 796)

4. Terangkatnya derajat manusia

Sabda beliau Saw :
من صلى عليّ من أمتي مخلصاًَ من قَلبِه صلاةً واحدةً صلّى اللهُ عليه عشر صلواتٍ ورفع عشر درجاتٍ ومحا عنه عشر سيئاتٍ. (رواه النسائ)
“barangsiapa diantara umatku yang membacakan shalawat atasku 1x dengan ikhlas dari lubuk hatinya, Allah turunkan sepuluh rahmat padanya, mengangkat sepuluh derajat padanya, serta menghapus sepuluh kekeliruan”. (HR. Nasai)

5. Menjadikan doa cepat terkabul

Sebenarnya Umar bin Khattab Ra berkata : “Saya mendengar kalau doa itu ditahan di antara langit serta bumi, tidak akan naik, hingga dibacakan shalawat atas nabi Muhammad Saw”. (Atsar Hasan, Kisah Tirmidzi)

Demikian dahsyatnya keutamaan shawalat pada Nabi Saw. hingga untuk siapa saja yang mengatakannya juga akan melibatkan Allah, beberapa malaikat serta Nabi Muhammad Saw langsung membalasnya, tidak hanya balasan pahala, imbalan atau keselamatan di akhirat, namun juga memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad Saw.

Loading...