Home Berita Makjleb! Penarikan Paspor Tak Gugurkan Izin Tinggal Habib Rizieq di Arab Saudi

Makjleb! Penarikan Paspor Tak Gugurkan Izin Tinggal Habib Rizieq di Arab Saudi

192
Loading...

Gema Rakyat – Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan, meski paspor Habib Rizieq Shihab yang saat ini tengah berada di Arab Saudi ditarik, pemulangan Imam Besar FPI itu tetap merupakan kewenangan pemerintah Arab Saudi.

“Mengenai kewenangan (pemulangan habib Rizieq), sangat bergantung dari pemerintah Arab Saudi sendiri. Paspor bisa ditarik oleh pemerintah Indonesia, tetapi tidak serta merta membatalkan izin tinggalnya,” kata Agung Sampurno kepada Kriminalitas.com, Minggu (18/6/2017).

Menurutnya, ijin tinggal habib Rizieq sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah Arab Saudi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada perbedaan antara paspor dan izin tinggal seseorang. Paspor dikeluarkan oleh negara asal seseorang, sedangkan izin tinggal dikeluarkan oleh negara yang dikunjungi oleh seseorang, dalam kasus Habib Rizieq, izin tinggal sepenuhnya kewenangan Arab Saudi.

“Sehingga meski ditarik paspornya, belum tentu pemerintah Arab Saudi melakukan deportasi. Itu kewenangan pemerintah Arab Saudi, tidak satu negara pun yang bisa memaksa kewenangan untuk mendeportasi dari negara lain,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga mencoba meluruskan persepsi yang belakangan ini berkembang dimasyarakat perihal pembekuan paspor habib Rizieq. “Dalam terminologi keimigrasian,istilah pembekuan itu tidak ada, yang ada penarikan paspor. Sedangkan pencabutan paspor itu berlaku untuk seseorang yang telah meninggal dunia,” tandasnya. [GR / kml]

Loading...
Loading...