Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini dan Kekurangannya

  • GemaRakyat
  • Sep 11, 2021
Pendidikan Anak Usia Dini

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini ) bisa membantu proses tumbuh kembang si kecil dengan lebih optimal. Beragam manfaat yang dapat diperoleh dari mengikuti PAUD antara lain belajar bersosialisasi dengan teman seusianya, belajar menyelasaikan masalah dan mengelola stress.

Menurut para ahli, PAUD sangat penting untuk perkembangan anak. Dengan pendidikan ini, maka si kecil dapat belajar berinteraksi serta menjalin hubungan sosial bersama teman sebayanya. Selain beberapa manfaat PAUD yang sudah disebutkan diatas, berikut manfaat lain dari pembelajaran PAUD bagi anak. Diantaranya yang kami rangkum dari islamiques.net:

Manfaat PAUD

  1. Mempersiapkan pendidikan anak

PAUD adalah bekal yang baik untuk pendidikan akademik anda di masa mendatang. Anak yang sudah terbiasa untuk belajar sejak kecil akan menjadi lebih siap serta cepat dalam menangkap ilmu baru. Manfaat PAUD ini memungkinkan mereka untuk meraih ilmu lebih baik pada jenjang pendidikan berikutnya.

  1. Membantu perkembangan intelektual dan emosional anak

Manfaat PAUD berikutnya adalah untuk membantu perkembangan kecerdasan dan emosional buah hati. Anak yang memperoleh pendidikan sedari kecil mampu bersikap lebih mandiri, sabar serta mudah bergaul dengan teman atau orang lain.

Di dalam Pendidikan Anak Usia Dini, buah hati juga akan diajarkan bagaimana cara untuk membaca, berhitung, menulis dan terlatih untuk mengembangkan kreativitasnya dengan kegiatan bernyanyi dan menggambar. Pengalaman yang diperoleh di PAUD tersebut bisa memupuk kecerdasan mereka.

  1. Membantu kepribadian anak dengan positif

manfaat PAUD yang lain yaitu membimbing anak agar bisa menjadi individu yang lebih baik. Buah hati yang mengikuti pembalajaran PAUD cenderung mempunyai resiko yang lebih rendah untuk terlibat dalam permasalahan hukum maupun penyalahgunaan obat-obatan terlarang saat mereka sudah dewasa.

Menurut riset, anak-anak yang mengikuti PAUD mempunyai peluang yang lebih tinggi untuk memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang stabil, status sosial ekomoni serta jaminan kesehatan yang cukup layak dan juga tingkat pendidikan yang jauh lebih tinggi.

Namun demikian, menyekolahkan anak sejak kecil tidak serta merta memberikan jaminan bahwa anak tersebut akan memperoleh hidup yang baik nantinya. Peran orang tua dalam mengasuh anak dirumah juga sangat penting untuk menentukan masa depan sang anak.

Kekurangan PAUD

Meski sejumlah riset menunjukkan adanya beragam manfaat PAUD yang bisa diperoleh, akan tetapi pendidikan ini ternyata juga mempunyai kekurangan, antara lain :

  1. Kelompok besar

Kekurangan PAUD salah satunya yaitu jumlah murid yang terlalu banyak di dalam satu kelas. Padahal jumlah guru pengajar di sekolah tersebut hanya sedikit. Ini bisa membuat proses pembelajaran di PAUD berjalan secara tidak efektif.

Maka dari itu, ada baiknya orang tua pandai dan teliti dalam memilih PAUD dengan rasio satu pengajar untuk 8-10 siswa.

  1. Beresiko membuat si kecil merasa stress

kekurangan PAUD yang lain yaitu isa menjadikan mereka merasa stress. Dengan adanya banyak kegiatan yang diberikan saat sekolah menjadikan anak merasa kelelahan.

Disamping itu, ketika sekolah anak tidak dapat bersama dengan ibu atau orang tua mereka serta menghabiskan banyak waktu bersama orang lain. Ini mungkin akan membuat anak merasa tertekan atau takut untuk beberapa saat, khususnya bagi karakter anak pendiam.

Nah, itu tadi uraian mengenai manfaat PAUD beserta kekurangannya. Pendidikan yang baik adalah bagian yang penting dari pola asuh si kecil dengan ideal. Ketika anak mengikuti PAUD, mereka akan belajar beradaptasi untuk belajar sejak kecil. Sehingga, jangan ragu lagi untuk menyekolahkan buah hati anda di PAUD apabila usia mereka sudah memenuhi syarat.

Related Post :