Home Dunia Islam Masya Allah, Inilah 5 Keutamaan Surat Al Kahfi

Masya Allah, Inilah 5 Keutamaan Surat Al Kahfi

59
keutaman surat al-kahfi
Loading...

Surat Al Kahfi yaitu satu diantara surat dalam Al quran yang mempunyai banyak khasiat serta keutamaan bila umat islam ingin mengamalkan ataupun membaca bahkan juga bila ingin menghafalnya. Rasullulah SWT menyarankan umatnya untuk membacanya di hari jum’at atau malam jum’at. Sangat disayangkan bila saat ini umat islam banyak yang meninggalkan Al qur’an serta malas membacanya.

Hal semacam ini diterangkan juga oleh seseorang ulama. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menerangkan bhawa membaca surat al kahfi adalah satu diantara amalan yang disarankan untuk ditangani saat malam serta hari Jum’at yaitu membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah). Sesungguhnya membaca surat Al kahfi tidak cuma baik di baca pada hari jumat saja tetapi sehari sekali. Hal semacam ini karena hari jumat yaitu hari baik untuk umat islam di semua dunia. Memanglah disarankan kalau baiknya surat Al Kahfi di baca ketika terbenamnya matahari di hari Kamis sampai terbenamnya matahari di hari berikutnya yaitu hari jum’at.

Kenapa membaca surat Al Kahfi di sarankan pada kaum muslim? Serta apa manfaat yang kita peroleh jika membaca surat Al Kahfi?

Berikut Keutamaan Surat Al-Kahfi :

1. Menjauhkan diri dari Fitnah Dajjal

Keutamaan surat al kahfi yang pertama yaitu menjauhkan diri dari fitnah dajjal. Umat islam yang membaca surat Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan menghindari dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bahkan juga bersabda jika seseorang manusia rajin membaca surat AL Kahfi tidak cuma di hari jum’at saja dia juga akan terlepas dari fitnah dajjal yang keji.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَن قَرَأَ سُورَةَ الكَهفِ فِي يَومِ الجُمعَةِ سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِن تَحتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيءُ لَهُ يَومَ القِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَينَ الجُمعَتَينِ

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, juga akan memancar sinar dari bawah kakinya hingga ke langit, juga akan meneranginya nantinya pada hari kiamat, serta diampuni dosanya pada dua jumat. ” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dajjal seperti yang seringkali kita dengar ceritnya yaitu makhluk yang amat jelek serta mempunyai satu mata di dahinya. Dajjal mempunyai kulit berwarna merah serta berbadan besar. Dikisahkan kalau ia juga akan keluar diakhir zaman serta keluar dari segitiga bermuda. Di dahinya juga kan terukir tulisan “Kaf Fa Ro” yang berarti “Kafir”. Dajjal yaitu satu diantara tanda tanda kiamat. Diriwayatkan dalam satu hadist bahwa

“Dajjal tidak juga akan keluar hingga manusia melupakannya serta beberapa Imam meninggalkan untuk mengingatnya diatas mimbar-mimbar. ” (HR Ahmad).

Fitnah Dajjal sangat kejam dan bisa membawa kita pada kesesatan serta siksa neraka Jahanam. Hal itu diperkuat oleh hadist- hadist berikut ini ini :

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, Dajjal tidak dapat memudharatkannya. ” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa diantara anda yang mendapatinya (merasakan jaman Dajjal) sebaiknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi. ” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, ia dilindungi dari Dajjal. ” (HR Muslim)

“Barang siapa di antara kalian yang mendaoatinya (dajjal), sebaiknya dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al Kahfi padanya, karna bacaan itu membuat perlindungan kalian dari fitnahnya (dajjal itu). ” (HR. Abu Daud).

Imam Nawawi juga menerangkan kalau pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban serta tanda tanda kebesaran Allah. Seperti yang dijelaskan dalam QS Al kahfi ayat 102 :

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِن دُونِي أَولِيَاءَ

“Maka apakah beberapa orang kafir menganggap kalau mereka (bisa) ambil hamba-hamba ku jadi penolong tidak hanya Saya? …” Qs. Al-Kahfi : 102.

2. Mendapat Ridho dari Allah SWT

Keutamaan surat al-kahfi yang ke dua yaitu mendapatkan ridho dari allah SWT. Umat islam didunia ini menginginkan barokah serta rahmat Allah SWT dalam kehidupannya. Dengan mendapat karena, ridho serta rahmat Allah hidup manusia juga akan makin tentram serta damai. Membaca surat Al Kahfi bisa mendekatkan kita pada ridho Allah serta mendapat sinar barokah dan menyingkirkan penyebabnya hati gelisah.
Seperti diriwayatkan dalam satu hadist kalau Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi, jadilah baginya sinar dari kepala sampai kakinya, serta siapa yang membaca keseluruhannya jadilah baginya sinar pada langit serta bumi. ” (HR Ahmad).

3. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Tiap manusia tentu mempunyai dosa serta khilaf baik yang diakui ataupun tidak diakui. Setan juga akan berupaya dengan sekuat-kuatnya untuk menjebak serta memperdaya manusia dalam melakukan perbuatan dosa hingga manusia dapat jadi rekan mereka di neraka nantinya. Sebaik-baiknya manusia yaitu manusia yang ingin bertobat serta salah nya ialah dengan membaca surat Al Kahfi. Diriwayatkan dalam satu hadist kalau Rasullulah SAW bersabda bahwa

‘Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at juga akan memancar sinar dari bawah kakinya hingga ke langit, juga akan meneranginya nantinya pada hari kiamat, serta diampuni dosanya pada dua Jum’at. ’”.

4. Dijaga dari gangguan setan

Keutamaan surat al kahfi berikutnya yaitu dijaga dari gangguan setan. Setan merupakan musuh paling besar manusia dalam beramal soleh serta melakukan perbuatan kebaikan. Setan membawa keburukan dalam kehidupan manusia serta kita jadi manusia butuh mewaspadainya. Manusia yang jatuh dalam godaan setan juga akan terperosok pada lubang kenistaan serta masuk dalam keburukan. Setan akan berupaya mengajak kita melakukan perbuatan mungkat serta membisikkan beberapa hal yang bisa menghapus amal beribadah manusia. Setan juga mengajak kita untuk menyekutukan Allah serta hal tersebut adalah satu diantara dosa yang tidak terampuni oleh Allah SWT.

Mendekatkan diri pada Allah serta memohon perlindungannya dari setan. Satu diantara usaha mendekatkan diri pada Allah SWT yaitu dengan membaca serta mengamalkan Al Qur’an serta membaca surat Al Kahfi termasuk juga di dalamnya. Satu hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, kalau satu tempat tinggal yang senantiasa dibacakan surat Al-Khafi serta surat Al-Baqarah tempat tinggal itu tidak juga akan dimasuki setan selama malam itu.

5. Disinari Cahaya Kebaikan

Keutamaan surat al kahfi yang terahir Umat islam adalah selalu disinari cahaya kebikan. Barangs iapa yang membaca surat Al Kahfi baik di hari jum’at atau hari yang beda juga akan diberi pahala serta ganjaran dan disinari oleh sinar kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan sama dengan keutamaan Ar Rahman. Sinar itu juga akan diberi Allah SWT di hari kiamat serta sinar itu juga akan memancar dari ke-2 telapak kakinya sampai hingga ke langit. Seperti firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12 yang berbunyi

يَومَ تَرَى المُؤمِنِينَ وَالمُؤمِنَاتِ يَسعَى نُورُهُم بَينَ أَيدِيهِم وَبِأَيمَانِهِم

“Pada hari saat anda lihat orang mukmin lelaki serta wanita, tengah sinar mereka bercahaya dihadapan serta di bagian kanan mereka. ” (Qs. Al-Hadid : 12)

Satu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga mengatakan kalau dari Rasullulah SAW bersabda :

مَن َقَرَأَ سُورَةَ الكَهفِ لَيلَةَ الجُمعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَينَهُ وَبَينَ البَيتِ العَتِيقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi saat malam Jum’at, dipancarkan sinar untuk dia sejauh pada dirinya dia serta Baitul ‘atiq. ” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai serta Al-Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Sekian keutamaan yang dapat kita peroleh dari surat Al Kahfi bila kita membaca serta mengamalkannya. Membaca Alqur’an sehari sekali meimiliki banyak manfaat. Sebaiknya jika sebelum membaca Al Qur’an kita berwudhu dengan memakai langkah berwudhu yang benar dan membaca basmalah di awal karna keutamaan membaca basmalah saat sebelum membaca Al Qur’an sangatlah banyak (baca Fadhilah Bismillah). Mudah-mudahan kita jadi umat islam dapat mengamalkan serta menjalani amal itu serta menambah bekal yang akan kita bawa ke akhirat nantinya.

Loading...