Memahami Lebih Dalam Tentang Social Media Marketing

  • GemaRakyat
  • Feb 13, 2022

Social media marketing ini adalah salah satu jenis dari banyak sekali jenis marketing yang saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakannya. Secara sederhana, jenis marketing yang satu ini memanfaatkan sebuah peran dari media sosial dalam hal proses untuk marketingnya. Saat ini, sudah ada banyak sekali para perusahaan yang ikut menggunakan social media marketing. Memang marketing jenis yang ini jauh lebih efisien, jika kalian bandingkan dengan sebuah metode marketing yang konvensional.

Dalam artikel kali ini sospedia.id akan menjelaskan tentang apa yang di maksud dengan social media marketing dan juga beberapa keuntungan dari social media marketing untuk kalian.

Apa yang Dimaksud dengan Social Media Marketing?

Secara lebih sederhana, social media marketing merupakan sebuah proses dari marketing yang akan dilakukan lewat suatu media sosial, dan bisanya media sosial yang sering sekali digunakan yaitu Twitter, Facebook ataupun Instagram. Tetapi, makna dari jenis marketing yang satu ini bisa lebih luas lagi yaitu social media marketing adalah suatu aksi dari pembuatan konten dan nantinya konten ini yang akan bisa menarik perhatian dari para masyarakat.

Sedang menurut Neil Patel, social media marketing ini merupakan sebuah proses untuk bisa menarik perhatian banyak orang yang terikat atau engaged dengan sebuah konten yang akan disajikan, jika mereka sudah terikat maka kemungkinan konten tersebut tentunya akan dibagikan dan menjadi besar.

Alasan Mengapa Social Media Marketing Penting

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwasanya lebih dari 3,2 miliar orang yang ada di berbagai belahan dunia itu sudah menggunakan media sosial saat ini. Angka yang satu ini menjadi sebuah fakta yang sangat menarik dan sekaligus menjadi bukti bahwasanya media sosial itu memang sangat digandrungi oleh para masyarakat luas.

Dengan menggunakan media sosial semua proses dari marketing yang akan dilakukan itu bisa menjadi jauh lebih menyenangkan. Social media marketing ini juga mempunyai beberapa keuntungan yang bisa menjadi sebuah alasan tentang mengapa jenis marketing yang satu ini sangat penting, berikut alasannya:

Mendapatkan Feedback Produk

Keuntungan dari social media marketing yang pertama yaitu setalah keberadaannya diakui sebuah produk nantinya akan mulai menjadi salah satu topik pembicaraan. Kalian juga bisa untuk melihat secara langsung tentang bagaimana para customer berinteraksi dengan para pembuat konten di media sosial kalian. contohnya dengan memberikan sebuah Like ataupun mem-follow akun kalian.

Mempelajari Kompetitor

Kalian akan lebih mudah untuk mempelajari kompetitor dengan menggunakan social media marketing. Hal ini karena, social media marketing saat ini sedang marak sekali digunakan oleh para perusahaan untuk membantu memasarkan sebuah produk milik mereka. Yaitu dengan cara mereka aktif di media sosial, sebuah strategi yang akan dilakukan oleh para kompetitor ini bisa menjadi salah satu bahan untuk pembelajaran kalian.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah produk milik kalian akan semakin diakui keberadaannya ketika kalian sudah mengunggahnya di platform sosial media, ada baiknya kalian tidak hanya sekali saja memposting produk kalian tetapi kalian harus terus menerus mempostingnya. Hal ini sendiri karena nantinya secara perlahan-lahan para masyarakat akan mulai menaruh perhatian mereka, awalnya masyarakat ini mungkin hanya melihat sebuah jasa ataupun produk yang kalian tawarkan hanya untuk sementara waktu saja. Tetapi jika kalian terus menerus mempostingnya di semua media sosial, itu nantinya produk milik kalian akan mulai diingat dan juga dianggap oleh masyarakat luas.

Related Post :