Home Otomotif Mencoba Mazda CX-5 Terbaru di Indonesia

Mencoba Mazda CX-5 Terbaru di Indonesia

204
Loading...

Auto Bild Indonesia mendapatkan kesempatan istimewa, untuk menjadi salah satu yang bisa mencoba Mazda CX-5 terbaru, langsung di Indonesia. PT Eruokars Motor Indonesia, selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia, mengundang Auto Bild Indonesia untuk hadir dalam acara Mazda CX-5 Media Test Drive (11-13/7). Pada kesempatan ini, partisipan bisa mencoba langsung dua tipe terbaru dari Mazda CX-5, yaitu Grand Touring dan Elite sebagai varian flagship.

Pada undian yang diadakan, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba Mazda CX-5 tipe Grand  Touring. Meski bukan varian tertinggi, kami tetap antusias. Hal itu, karena tidak ada perbedaan signifikan antar keduanya.

Mulai dari pandangan pertama, kami suka tampilan baru Mazda CX-5. Fascia terlihat lebih agresif, berkat penggunaan desain bumper yang lebih 'bold' dan lampu depan yang lebih pipih dan meruncing.

Desain samping juga berubah. Secara umum dimensinya terlihat lebih pipih. Ternyata memang tinggi keseluruhannya yang menyusut 30 mm dibanding model sebelumnya. Bagian pillar C juga terlihat lebih slooping dari model sebelumnya.

Saat masuk interior, ternyata desain dasbor dan jok depan belakangnya juga berubah. Secara umum, nuansa sporti khas CX-5 masih dipertahankan dengan warna interior dominan hitam.

Pada hari pertama, kami mencoba Mazda CX-5 dari Malang menuju Banyuwangi, Jawa Timur. Rute yang dipilih adalah jalur Pantai Utara Pulau Jawa melewati Paiton dan Situbondo.

Pada rute ini, jalur didominasi jalur menikung dengan kontur naik-turun. Keasyikan handling Mazda CX -5 untungnya masih kuat terasa. Handling-nya tajam dengan setir yang presisi. Untuk bantingan suspensi, rasanya masih tetap kaku khas Mazda. Enaknya, bangku belakang kini bisa reclining, jadi posisi dudud bisa lebih relaks.

Mazda CX-5 baru, masih menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya. Hanya ada ubahan pada komputer mesin, sehingga tenaga dan torsinya sedikit meningkat. Tenaga naik 3 dk dan torsi dikatrol 1 Nm.

Revisi tenaga dan torsi memang cukup terasa, meski tidak signifikan. Dengan desain bodi yang lebih aerodinamis, rasanya CX-5 punya potensi untuk punya hasil olah bahan bakar yang lebih baik.

Loading...