Mengenal 5 Jenis Buah Jeruk di Indonesia, Kamu Sudah Pernah Coba?

  • 4 min read
  • Sep 08, 2021
Jenis Buah Jeruk

Siapa sih yang tidak familiar dengan jeruk? Tentu saja, buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang cukup populer, apalagi di kalangan masyarakat Indonesia. Jeruk memang memiliki jenis-jenis yang berbeda satu sama lain, tergantung dimana daerah tempat jeruk tersebut tumbuh. Pada umumnya, sebagian jeruk memiliki rasa yang asam dan segar, sementara sebagian lagi akan terasa manis ketika disantap. Nah, rasa asam yang muncul pada jeruk ini ternyata disebabkan oleh adanya kandungan asam sitrat yang memang bisa kita temukan pada setiap jenis jeruk.

Di seluruh dunia, kita bisa setidaknya menemukan 600 jenis jeruk. Tentu saja, hal ini sangatlah banyak bukan? Nah, kalau di Indonesia sendiri, kita bisa setidaknya menemukan 5 jenis jeruk yang tentunya dapat secara praktis kita pesan dari TaniHub, sebuah platform online penyedia buah dan sayuran No. 1 di Indonesia. N Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengetahui Jeruk yang Manis dan Matang

Jeruk memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin, apalagi jeruk juga memiliki rasa yang segar. Biasanya, jeruk akan dikonsumsi secara langsung. Namun, jeruk pun bisa dijadikan olahan seperti jus buah maupun campuran pada kue dan puding. Selain itu, ada juga tambahan jeruk pada beberapa resep makanan sehingga dapat menambah cita rasa makanan tersebut.

Jeruk sendiri merupakan buah yang bukan hanya kaya akan kandungan vitamin, melainkan juga mineral. Selain itu, konsumsi jeruk sebanyak satu buah yang berukuran besar bisa memenuhi 18% dari kecukupan serat kita. Apalagi, serat yang terdapat dalam jeruk juga beragam, mulai dari lignin, hemiselulosa, pektin, serta selulosa. Nah, kebutuhan serat yang cukup ini akan memberikan manfaat bagi tubuh karena serat bisa dicerna oleh tubuh dan baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, serat berperan penting dalam mengontrol berat badan.

Untuk mendapatkan jeruk yang rasanya manis dan segar, maka kita perlu selektif saat memilih jeruk. Karena jika tidak, bukan rasa manis yang bisa kita dapatkan, melainkan rasa yang masam. Pada dasarnya, memang tidak mudah untuk memilih jeruk karena jerung memiliki kulit yang cukup tebal sehingga kita bingung untuk menentukan mana jeruk yang manis atau tidak.

1. Melihat tekstur kulit jeruk

Ketika jeruk sudah matang, maka ada beberapa ciri yang bisa kita lihat pada kulitnya. Maka dari itu, kita pun disarankan untuk menghindari jeruk yang teksturnya tebal dan kasar. Soalnya, hal ini menandakan bahwa jeruk tersebut memiliki kandungan air yang sedikit serta rasa yang kurang segar. Sementara itu, ketika kita memilih jeruk yang kulitnya halus dan mulus, maka hal tersebut adalah pilihan yang benar karena jeruk akan memiliki rasa yang manis serta sudah matang.

2. Memilih jeruk yang sedang mengkilap

Ada baiknya kita melihat buah di bawah sinar lampu. Dan ketika kulit jeruk terlihat mengkilap di bawah pantulan sinar lampu, maka hal ini dapat menandakan bahwa jeruk tersebut masih memiliki kondisi yang segar. Bukan hanya itu saja, warna kulit jeruk yang mengkilap pun menandakan bahwa jeruk memiliki tingkat kematangan yang sempurna dan tentunya terasa manis ketika disantap.

3. Menekan kulit jeruk

Ternyata, kulit jeruk juga bisa menandakan rasa yang dimiliki oleh buah yang terkenal sebagai sumber vitamin V ini. Soalnya, jeruk yang memiliki kulit tebal cenderung mengandung lebih sedikit air. Sementara itu, ketika kulit jeruk lebih tipis maka artinya kandungan airnya lebih banyak.

4. Melihat warna jeruk

Warna jeruk bisa dijadikan patokan untuk melihat tingkat kematangan sebuah jeruk. Apabila misalnya kita sedangĀ  membeli jeruk mandarin, maka kita disarankan untuk memilih jeruk yang warnanya orange mencolok atau orange gelap. Akan tetapi untuk jeruk lokal, maka kita disarankan untuk memilih jeruk yang warna kulitnya orange kehijauan.

5. Melihat bagian bawah pada jeruk

Pastikan juga untuk melihat bagian bawah pada kulit jeruk ketika kita hendak membelinya. Apabila jeruk tersebut memiliki lumpang maupun cekung, maka hal ini dapat menandakan bahwa jeruk terasa manis dan segar. Soalnya, ada kandungan air yang melimpah.

Nah, itulah tadi 5 hal yang perlu kita pertimbangkan ketika kita sedang memilih jeruk. Untuk mendapatkan jeruk manis berkualitas secara praktis dan simpel, kita bisa langsun berbelanja di platform online yang menyediakan aneka buah dan sayur, apalagi kalau bukanTaniHub.

ah, untuk lebih jelasnya, yuk, sama-sama lihat apa saja 5 jenis jeruk tersebut!

5 jenis jeruk

1. Jeruk Nipis

Jeruk yang satu ini dapat berbentuk lonjong maupun bulat. Selain itu, bagian pucuk buahnya juga memiliki bentuk yang agak runcing. Jeruk nipis memiliki warna hijau kekuningan serta kulit yang cenderung tebal. Maka dari itu, kita pun akan kesulitan apabila harus membuka jeruk nipis dengan tangan. Justru, kita sebaiknya menggunakan pisau saat membukanya. Nah, untuk rasa, jeruk nipis sama sekali tidak terasa manis karena jeruk yang bijinya berbentuk oval ini akan terasa masam ketika kita mencobanya.

2. Jeruk Bali

Dahulu, jeruk yang satu ini kulitnya kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat mainan anak. Soalnya, jeruk ini memiliki ukuran yang besar serta terlihat bulat. Apalagi, kulit jeruk bali juga tebal serta memiliki daging buah yang warnanya putih sampai kemerahan. Banyak yang menyukai jeruk bali dikarenakan jeruk ini memiliki sedikit biji. Namun, perlu diingat bahwa jeruk yang bijinya sedikit ini terasa sedikit kecut apabila disantap. Selain itu, jeruk bali juga bisa terasa agak pahit.

3. Jeruk Purut

Nah, jeruk yang satu ini memiliki warna yang hijau. Kulit buah jeruk purut pun memiliki tekstur yang keriput dan tidak beraturan. Ukuran jeruk purut cenderung kecil serta tidak memiliki rasa manis. Malah, rasanya sangat asam serta daging buahnya juga sangat tipis. Bukan hanya itu saja, jeruk purut juga memiliki banyak biji buah. Makanya, jeruk purut jarang disentuh secara langsung, melainkan sebagai bumbu masakan atau digunakan daunnya sebagai salah satu pelengkap masakan dan kue.

4. Jeruk Lemon

Untuk jeruk yang satu ini, kita pun pasti sudah banyak yang familiar karena adanya tren mengonsumsi air lemon. Buah jeruk lemon sendiri terlihat kuning pada bagian kulitnya. Selain itu, lemon pun memiliki kandungan air yang tinggi. Rasa lemon tidaklah manis, melainkan asam dan disertai dengan adanya aroma buah yang khas. Sementara itu, bentuknya ialah oval dan terdapat daging buah yang sedikit. Kulitnya pun dapat digunakan dalam pembuatan selai.

5. Jeruk Mandarin

Jenis buah yang satu ini berwarna orange cerah serta memiliki ukuran yang lebih kecil apabila kita bandingkan dengan jeruk yang manis jenis lain. Kulit jeruk mandarin memang cenderung tebal, meskipun demikian jeruk yang satu ini tetap mudah untuk kita kupas. Apalagi, jeruk mandarin pun sangat mudah untuk disantap langsung karena rasanya manis dan tidak ada biji.