Mengenal Beberapa Macam Alat Bantu Pernafasan Manusia

  • 2 min read
  • Dec 23, 2020
Alat Bantu Pernafasan Manusia

Alat bantu pernafasan merupakan salah satu dari sekian banyak jenis alat kesehatan yang ada. Sebagai alat bantu, tentunya fungsi utamanya adalah untuk membantu atau menunjang sistem pernafasan ataupun melancarkan pernafasan pada manusia. Apa saja alat yang dimaksud, kita akan ulas ringkas pada kesempatan kali ini.

1# – Tabung Oksigen

Tabung oksigen sering kita lihat di sudut – sudut ruang rumah sakit zaman dulu. Sekarang tabung oksigen sudah digantikan dengan sirkuit sistem gas yang menempel di dinding. Namun demikian, tetap saja tabung oksigen merupakan alat bantu pernafasan yang digunakan untuk menyimpan gas oksigen untuk kebutuhan oksigenasi di rumah sakit.

2# – Selang Oksigen

Selang oksigen merupakan penghubung antara tabung oksigen yang telah dilengkapi dengan regulator ke hidung atau mulut pasien. Melalui masker atau canula. Selang oksigen terbuat dari bahan PVC khusus yang ukurannya disesuaikan antara pasien bayi, anak dan dewasa.

3# – Oxigen Concentrator

Apa itu oxygen concentrator ? Sebagian dari anda mungkin baru pernah mendengar istilah ini sekarang. Ya, oksigen concentrator merupakan mesin penghasil oksigen dengan sistem mengkonsentrasikan udara di sekitar kemudian menyaringnya hingga menghasilkan oksigen murni yang siap untuk digunakan. Fungsinya hampir sama seperti tabung oksigen, hanya saja alat ini dapat menghasilkan oksigen sendiri, sedangkan tabung harus isi ulang.

4# – Ventilator

Dari alat – alat yang ringan kita masuk pada alat yang cukup berat. Ventilator yang sekarang marak sekali digunakan merupakan alat yang berfungsi untuk membantu seluruh atau sebagian fungsi paru. Tentu saja alat ini termasuk alat yang vital. Umumnya, pasien dengan gangguan pernafasan berat yang dibantu dengan menggunakan alat ventilator. Sekarang ini alat ventilator sedang menjadi actor utama di tengah wabah covid 19 yang melanda seluruh dunia. Alat ini umumnya disebut dengan ventilator icu karena penggunaanya paling banyak di ruang ICU.

5# – Nebulizer

Secara tidak langsung, alat yang satu ini tidak bisa kita sebut sebagai alat bantu pernafasan. Namun demikian, dengan alat ini gangguan pernafasan tertentu dapat diatasi dengan mudah. Nebulizer merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi aerosol (uap). Alat ini umumnya digunakan untuk pasien asma pada anak – anak yang kelihatan cukup menderita mendahan sesak.

6# – Ambubag (Resuscitator)

Alat bantu pernafasan yang satu ini merupakan alat emergency medis yang digunakan untuk bantuan pernafasan buatan. Umumnya alat ini digunakan pada kondisi – kondisi darurat seperti pasien kecelakaan, tenggelam, atau serangan jantung yang tidak sadarkan diri. Pemberian nafas dengan ambubag ini dilakukan bersamaan dengan kompresi di dada dengan irama tertentu. Tindakan ini sering disebut dengan RJP atau Resusitasi Jantung Paru atau dalam bahasa asing CPR (Cardiopulmonary Resuscitator)

7# – Oxycan

Oxycan merupakan produk oksigen mini yang dengan ukuran sangat kecil yang umumnya digunakan oleh para penderita penyakit asma. Alat ini digunakan untuk membantu suplay oksigen dalam waktu sementara ketika gangguan pernafasan terjadi pada seseorang di tempat tertentu. Alat ini memang cukup kecil dan mudah untuk dibawa kemana – mana.

Tentunya masih banyak alat kesehatan lain yang merupakan alat bantu pernafasan. Mudah – mudahan artikel singkat ini dapat memberikan sedikit pengetahuan dan menambah wawasan kita semua. Sekian, selamat beraktifitas dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.