Mengenal Perbedaan Email Bisnis dan Email Pribadi

  • GemaRakyat
  • Dec 27, 2021
Email Bisnis, Email Pribadi

Dalam berbisnis, ada banyak etika yang perlu diperhatikan, khususnya dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak. Salah satu cara berkomunikasi yang tepat adalah dengan menggunakan email bisnis sebagai identitas email resmi dari perusahaan. Meski terdengar sederhana dan super simple, namun siapa sangka, jika ternyata, ada banyak sekali keunggulan dari penggunaan email bisnis ini. 

Sayangnya, masih lumayan banyak yang belum tahu. Khususnya para pebisnis. Tentu, hal ini sangat disayangkan ya. Mengingat akan pentingnya keberadaan email bisnis ini. Apalagi kita tahu, bahwa yang namanya bisnis online, memang harus pandai-pandai dalam memilih strategi pemasaran. 

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan email bisnis itu? Apa saja keunggulannya? Berapa biaya pembuatan? Dan yang lainnya? Simak penjelasan berikut.

Pengertian Email Bisnis

Email bisnis adalah jenis email yang digunakan untuk keperluan bisnis, email tipe ini memiliki alamat yang berbeda dengan email personal yang bisa diatur sesuai dengan nama bisnis yang dimiliki. Misalnya seperti [email protected] dan sebagainya.

Penggunaan email tipe bisnis memiliki berbagai keunggulan dibanding email pada umumnya, salah satunya memiliki alamat domain yang dapat disesuaikan dengan nama bisnis Anda. Tentu, ini akan menambah rasa kepercayaan pelanggan ketika menghubungi bisnis Anda.

Jenis email ini merupakan surat elektronik yang digunakan oleh para pelaku bisnis. Berguna untuk mempermudah jalannya komunikasi dengan pebisnis atau konsumen lainnya. Tentunya harus ada internet dan media teknologi lainnya dalam proses pengirimannya.

Sesuai dengan namanya, email ini ditujukan untuk keperluan kegiatan komersial. Seperti berjualan, menawarkan jasa, bahkan digunakan oleh perusahaan sampai usaha kecil sekali pun. Selain itu, ada hal perlu diperhatikan, misalnya kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya proses pemberitahuan produk atau jasa bisa berjalan lancar. Ditambah lagi, untuk menyimpan data-data penting perusahaan. Mempermudah jika ingin mencarinya tanpa harus memenuhi penyimpanan internal barang-barang elektronik Anda. 

Perbedaan Email Bisnis dan Email Pribadi

Setidaknya, terdapat lima perbedaan antara email pribadi dengan email bisnis. Pertama adalah penggunaan nama domain, kemudian fungsi dan peran, tingkat kepercayaan, kapasitas data, dan pembayaran. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat berikut.

Tentu, perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah dari penggunaan nama domainnya. Apabila email pribadi, maka domain yang digunakan adalah domain-domain di mana Anda menggunakan platform email tersebut. Sementara jika email bisnis, tentu email tersebut berupa nama perusahaan. Adapun contoh dari email pribadi adalah, [email protected] Sementara untuk contoh email bisnis ialah [email protected]

Fungsi dan Peran

Kedua email ini, yakni antara email pribadi dengan email bisnis memiliki fungsi dan juga peranan yang berlawanan, alias berbeda. Email bisnis digunakan bukan hanya sebatas berkomunikasi dengan calon pelanggan saja, tapi juga dijadikan sebagai sarana promosi, dan juga branding perusahaan. Sehingga, ketika menggunakan email tersebut, maka merknya bisa dilihat jelas oleh para penerima pesan tersebut.

Tingkat Kepercayaan

Adapun perbedaan yang selanjutnya adalah dari tingkat kepercayaan. Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mengirimkan konten promosi menggunakan email pribadi. Hanya saja, Anda tidak bisa berharap lebih. Dalam artian, tidak perlu berharap bahwa konten tadi bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari si penerima email. 

Karena ternyata, konten promosi yang dikirimkan lewat email pribadi biasanya akan dianggap atau dikira sebagai spam. Sehingga, hasilnya akan sangat berbeda jauh dengan saat Anda menggunakan email bisnis. Di mana, para penerima email tersebut akan merasa lebih yakin dan mantap dikarenakan email yang digunakan berakhiran nama domain perusahaan. Jadi, bisa kita simpulkan bahwasanya, tingkat kepercayaan juga kerap memunculkan perbedaan antara email pribadi dengan email marketing.

Kapasitas Data

Yang selanjutnya adalah perbedaan dari segi kapasitas data. Email bisnis mempunyai kapasitas penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan email pribadi. Dan yang perlu dicatat adalah, semakin besar dana yang Anda bayar, maka kapasitas yang akan diterima juga akan semakin besar. Termasuk fitur dan mutu pelayanannya, tentu akan jauh lebih lengkap, plus berkualitas. Sementara email pribadi, hanya disediakan kapasitas yang sangat terbatas. Yang membuat penggunaannya juga terbatas.

Berbayar dan Gratisan

Untuk mendapatkan email pribadi, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Yakni, hanya perlu mendaftarkan diri ke Google. Sementara email bisnis berbeda. Yang mana, Anda perlu membayar terlebih dahulu. Untuk harganya cukup bervariasi. Tergantung dengan mutu layanan, fitur, dan juga kapasitas penyimpanan data yang Anda inginkan. Mungkin Anda bertanya-tanya, dimana bisa membuat email bisnis dengan harga murah? Tenang, informasi mengenai hal tersebut akan kami jelaskan di bagian akhir.

Manfaat Email Bisnis

Berikut dibawah ini beberapa manfaat penggunaan email bisnis pada bidang usaha yang Anda miliki, diantaranya yaitu:

1. Pertukaran Informasi yang Efektif dan Efisien

Sebuah pesan tentunya memiliki tujuan sebagai pertukaran informasi, baik secara detail maupun singkat. Dengan demikian, proses pengirimannya pun lebih jelas dan tidak menimbulkan pertanyaan di kepala penerimanya. Apalagi sekarang, semuanya sudah ditunjang keberadaan internet. 

Mempermudah serta mempercepat proses pengiriman tanpa kendala, seperti kemacetan, atau lainnya. Ditambah lagi, bisa mengirimkan satu pesan ke lebih dari satu orang, tentunya dapat menghemat waktu. Apalagi jika tidak jadi mengirimkannya, bisa disimpan di draft dan diperbaiki lagi. 

2. Komunikasi 2 Arah

Manfaat yang kedua adalah menciptakan komunikasi 2 arah. Biasanya, jika menyampaikan informasi secara langsung, Anda tidak bisa meminta bantuan kepada tim di perusahaan. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan akan ada satu atau dua hal yang missing. 

Disinilah manfaat email khusus bisnis, Anda bisa berkonsultasi secara 2 arah dengan tim. Bertujuan untuk membahas permasalahan sedang terjadi pada usaha. Selain itu, platform pesan elektronik ini menyediakan fitur saling bertukar pesan. Jadi tidak perlu bingung jika ingin berdiskusi jarak jauh. 

3. Sarana Pengiriman Dokumen

Seperti yang sudah diketahui, email juga menyediakan pengiriman file dokumen. Anda hanya perlu mengklik salah satu ikan berbentuk klip disana. Setelahnya sistem akan mengantarkan ke tempat penyimpanan berkas di laptop ataupun handphone.

Bahkan kapasitasnya bisa sampai 25 sampai 30 MB. Merupakan jumlah yang cukup besar jika hanya mengirimkan file dokumen saja. Namun perlu jaringan internet cepat agar pengirimannya lancar. Selain itu, Anda dapat menghapus berkas tadi, karena otomatis akan tersimpan ke Gdrive. 

4. Pembuatan Situs Web dan Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri jika semua sosial media maupun situs web pastinya menyuruh Anda memasukkan email. Hal tersebut bertujuan agar pengaksesan penggunanya bisa secara baik dan akun aman dari pembobolan. Memudahkan Anda untuk masuk kembali setelah keluar dari akun. 

Apalagi jika ingin menjalankan sebuah bisnis. Tentunya akan lebih afdol jika menggunakan email bisnis pada akun bisnis juga. Memudahkan dalam mendapatkan notifikasikasi atau pemberitahuan secara cepat. Jadi, tidak ada lagi informasi penting terlewat dari pandangan. 

5. Media Promosi

Ternyata, email untuk bisnis juga memberikan manfaat sebagai media promosi. Pasti sebagian dari Anda bingung bagaimana cara menggunakannya?. Anda tahu jika dalam pesan elektronik pasti ada yang namanya pesan spam atau mass messages seperti itu. 

Anda bisa memasarkan produk juga jasa melalui fitur ini. Memperluas target pasar tentunya merupakan hal penting agar barang atau layanan bisa diketahui oleh masyarakat banyak. Untuk menarik para calon konsumen, tentunya perlu strategis baik, sehingga sesuai dengan ekspektasi. 

Kesimpulan

Untuk mendapatkan email bisnis ini, Anda dapat langsung menghubungi jasa penyedia email hosting. Adapun salah satu jasa yang cukup terkenal dan terpercaya ialah Exabytes Indonesia. Bahkan, tidak ada salahnya juga untuk mulai mempelajari bagaimana caranya membuat email bisnis, dan juga signature email demi memberikan hasil komunikasi yang jauh lebih maksimal. 

Ketika membuat email bisnis di Exabytes Indonesia, ada berbagai keuntungan yang akan Anda peroleh. Karena memang, mereka menyediakan berbagai keunggulan menarik. Seperti harga pembuatan yang cukup terjangkau, penyimpanan cukup besar, konferensi video, tersedia backup, smartermail webmail, ms outlook bisa dikonfigurasi, security dan anti spam features.

Untuk harganya sendiri hanya Rp 84.000 perbulannya. Bukankah ini sangat murah? Ya, harga ini tergolong sangat murah dan ramah kantong dibandingkan harga di tempat lain. Hanya dengan modal Rp. 84.000 saja, Anda sudah bisa menggunakan email bisnis dan meningkatkan performa bisnis Anda. Dan yang paling menarik dari layanan di Exabytes Indonesia ini adalah adanya garansi 100 hari uang kembali. 

Di mana, Anda dapat mengajukan pengembalian dana 100 persen selama 100 hari kedepannya. Dan untuk melakukan hal tersebut, Anda tinggal menghubungi pihak Exabytes Indonesia saja.  Selain itu, emailnya juga bisa diakses di browser dimanapun dan kapanpun. Baik itu ketika menggunakan laptop ataupun ketika menggunakan ponsel. 

Hal ini karena hosting dari Exabytes Indonesia sudah didukung oleh protokol sinkronisasi Microsoft Exchange Activesync, Support CalDAV and CardDAV, Exchange Web Services, Support IMAP, POP3, XMPP. Fitur-fitur yang disajikan oleh Exabytes Indonesia juga sangat menarik. 

Yakni, memungkinkan Anda membagikan dokumen penting kepada rekan kerja. Sehingga membuat alur kerja menjadi lebih efektif dan lebih baik. Bahkan, bisa meningkatkan produktivitas kerja masing-masing. Yang mana, informasi ini bisa disampaikan dengan lancar demi memastikan pelaksanaan proyek berjalan lancar, dan menghasilkan penyelesaian proyek yang jauh lebih cepat. Adapun informasi dan juga dokumen yang bisa dibagikan ialah kontak, tugas, file dan catatan, kalender, dan lain sebagainya. 

Adapun fitur unggulan dari email bisnis di Exabytes Indonesia adalah fitur keamanan dan juga anti spamnya. Sehingga dijamin bisa membuat proses marketing Anda berjalan lancar dan memberikan dampak yang sangat memuaskan. Demikian seputar email bisnis yang meski Anda tahu. Semoga bermanfaat ya.

Related Post :