Home Otomotif Menguji Clay Bar Terbaik di Indonesia

Menguji Clay Bar Terbaik di Indonesia

58

Pemilik mobil yang terbiasa dengan gaya hidup praktis tentu tidak mau repot untuk membersihkan sendiri mobil kesayangannya. Toh sudah banyak jasa pencucian mobil yang tersedia dan memberikan formula tambahan seperti cuci “salju” dengan busa khas warna-warni yang diklaim lebih bersih.

Pernahkan Anda mengkalkulasi biaya cuci mobil yang Anda keluarkan justru bisa untuk membeli perangkat pembersih bodi mobil yang lebih baik. Bukan semata shampoo mobil atau quick detailer saja, tapi batang ajaib yang disebut clay bar.

Jika biasanya bodi mobil setelah dicuci terasa seret. Dengan menggunakan clay bar akan membuat permukaan bodi lebih licin. Pasalnya, penggunaan clay bar dengan langkah tepat bisa membersihkan permukaan cat dari aspal, getah pohon, kotoran serangga, jamur cat sampai percikan cat membandel.

Loading...

Hal terpenting lain dari penggunaan clay bar adalah ia tetap aman bagi lapisan wax dan pengilap bodi. Di pasaran saat ini sudah banyak model clay bar yang dijual. Baik produk yang orisinil maupun imitasi.

Nah, untuk melakukan pengujian yang akurat kami tentu harus membeli yang asli. Meski rata-rata produk ini dijual dengan harga di atas Rp 160 ribuan. Anda tentu akan mendapatkan kompensasi yang seimbang dengan tampilan mobil yang bersih dan kinclong.

Clay Bar 3M

Clay Bar

Rating : 3,5 bintang
Harga : Rp 275.000
Berat : 240 gram
Dimana Mendapatkannya : PT Global Duta Niaga, Lindeteves Trade Center-Glodok, Lt 1 Blok C31 No.9, Jl Hayam Wuruk No.127, Jakarta Barat

Sebenarnya clay bar 3M tidak ditujukan khusus untuk dijual satuan. Satu pak clay bar 3M berisi 5 buah dengan ukuran yang cukup besar warna biru. Untuk itu sebelum digunakan Anda bisa membagi clay bar ini lebih kurang 5 bagian lagi.

Saat digunakan, ia bisa dengan mudah membersihkan semacam kotoran serangga dengan mudah. Kemampuan menyeka kotoran juga cepat dan membuat lapisan cat cepat mengilap. Sayangnya, faktor kepraktisan dan harga juga yang mahal menjadi pengganjalnya. Pun dengan tidak tersedianya kotak penyimpanan, manakala clay akan digunakan lagi di kemudian hari.

Clay Bar Meguiar’s

Clay Bar

Rating : 5 bintang
Harga : Rp 169.000
Berat : 50 gram
Dimana Mendapatkannya : Ace Hardware, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan

Clay bar Meguiar’s hadir dengan ukuran yang paling kompak. Beratnya hanya 50 gram, tapi justru hal inilah yang menjadi keunggulannya. Anda tidak perlu lagi memotong, atau membagi clay bar dalam beberapa bagian kecil seperti saat menggunakan clay bar 3M (240 gram).

Sejak mulai bekerja ia menyatu dengan detailer sehingga bisa digunakan dengan praktis. Tingkat kebersihannya juga optimal karena cepat menyingkirkan noda aspal dan kotoran lain. Indikasinya clay yang tadinya putih langsung berwarna kecoklatan meski hasil positif permukaan cat mobil terasa halus.

Selepas digunakan, clay bar Meguiar’s juga bisa disimpan lagi di kotaknya. Bahkan, ia satu-satunya yang memiliki kertas petunjuk penggunaan yang tersimpan di dalam kotaknya dan termasuk yang harganya paling terjangkau.

Clay Bar Sonax

Clay Bar

Rating : 3 bintang
Harga : Rp 375.000
Berat : 200 gram
Dimana Mendapatkannya : PT Mega Auto Prima, Komplek Rukan Artha Gading Blok H-2, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Clay bar Sonax hadir dengan bentuk yang serupa clay bar 3M dan Smartwax. Clay bar Sonax yang diproduksi di Jerman ini hadir dengan berat 200 gram atau setengah lebih ringan dari clay bar Smartwax.

Dengan dimensinya tersebut, kami juga masih harus membagi potogan clay bar ini beberapa bagian. Namun, harus diakui produk ini mampu mengilapkan permukaan cat mobil dengan cepat. Begitu juga dengan tingkat kehalusan permukaan cat yang setara dengan produk 3M. Sayangnya, faktor harga jual yang paling mahal menghambat penetrasinya menjadi terbaik di pengetesan tes produk kali ini.

Clay Bar Soft99 N-1

Clay Bar

Rating : 3,5 bintang
Harga : Rp 269.000
Berat : 300 gram
Dimana Mendapatkannya : Ace Hardware, Gandaria City, Jakarta Selatan

Inilah clay bar dengan ukuran dan berat paling besar. Ya, clay bar N-1 produksi Soft 99 dari Jepang ini hadir dengan berat 300 gram warna merah muda.

Dengan dimensinya yang besar tersebut, membuat kami harus membagi clay ini dalam beberapa potongan kecil agar mudah digunakan. Repotnya lagi, sama seperti clay bar 3M, produk ini tidak dilengkapai kemasan penyimpanan sehingga tidak praktis.

Namun, saat digunakan untuk mengilapkan permukaan cat mobil, clay bar N-1 bisa digunakan dengan mudah. Kemampuan mengangkat noda juga setara dengan produk 3M. Meski hasil yang ditinggalkan pada permukaan cat tidak sehalus yang dibuat oleh clay bar 3M.

Smart Clay Smartwax

Clay Bar

Rating : 4 bintang
Harga : Rp 239.000
Berat : 100 gram
Dimana Mendapatkannya : Ace Hardware, Gandaria City, Jakarta Selatan

Dari segi tampilan, clay bar Smartwax mirip dengan clay bar 3M yang berwarna biru. Namun, clay bar Smartwax hadir dengan ukuran dan berat yang lebih ringan yakni 100 gram.

Saat digunakan clay bar Smartwax juga harus dipotong lebih kecil ukurannya. Saat digunakan, ia tergolong mudah dalam mengangkat sisa-sisa kotoran, baik itu aspal sampai kotoran serangga. Hanya saja proses kilapnya tidak seinstan produk 3M. Begitu juga dengan permukaan catnya tidak selicin hasil poles clay bar 3M.

Meski begitu, clay bar Smartwax jauh lebih praktis karena dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang besar. Sehingga bisa digunakan untuk menempatkan beberapa potongan clay bar yang belum digunakan dengan lebih tertata.

How We Tested

Sebelum menggunakan clay bar, mobil harus dicuci terlebih dahulu. Setelahnya Anda bisa semprot permukaan bodi dengan quick detailer. Pastikan clay bar jangan sampai terjatuh karena dikhawatirkan akan menempel pasir dan jika digunakan lagi justru akan menggores permukaan bodi.

Kami membasahi area kap mesin yang akan diuji coba dengan 5 produk clay bar berbeda. Usapkan secara merata di bidang basah seperti saat kita sedang mandi.

Penilaian kami berfokus pada bagaimana clay bar berfungsi optimal untuk membersihkan dan melicinkan permukaan bodi. Kecepatan membersihkan dan kepraktisan saat digunakan. Termasuk juga dari suguhan harga yang dibanderol dari masing-masing clay bar ini.

 

 

374/74-77(23Agts-5Sep17)

Source link

Loading...