Mengulas 3 Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

  • 2 min read
  • Jul 22, 2021
Mengulas 3 Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Anda sudah pernah mendengar yang namanya daun katuk? Daun katuk sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Khasiat dan manfaat daun katuk adalah biasanya digunakan sebagai pelancar ASI. Untuk itu, tidak heran jika banyak ibu yang baru melahirkan banyak yang mengkonsumsi daun katuk untuk memperlancar ASI mereka. Padahal selain bisa digunakan untuk memperlancar ASI, khasiat dan manfaat daun katuk masih banyak sekali khususnya bagi kesehatan.

Bagi ibu yang menyusui ASI adalah salah satu hal yang wajib ada karena memang sangat penting bagi bayi. Daun katuk sendiri memiliki bentuk daun yang kecil dan memiliki warna hijau yang cukup gelap dan juga disertai dengan corak keperakan yang terletak pada bagian tengah daun. Biasanya bagi beberapa masyarakat Indonesia yang ada di beberapa daerah biasanya digunakan sebagai bahan masakan untuk sayur dan terkadang ada juga yang digunakan sebagai bahan lalapan. Dan untuk yang terbaru kabarnya saat ini daun katuk sudah bisa digunakan untuk teh herbal dan suplemen untuk tubuh.

Daun katuk memang manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi sangat bagus untuk kesehatan dan sangat bagus juga untuk ibu yang sedang menyusui. Karena menurut kepercayaan masyarakat Indonesia zaman dahulu sampai sekarang memang kandungan yang ada di dalam daun ini bisa digunakan untuk memperlancar ASI. Sedangkan faktanya bahwa daun katuk juga masih memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Obat flu

Siapa yang menyangka bahwa daun katuk memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan yakni bisa digunakan untuk obat flu. Menurut beberapa penelitian kesehatan sudah banyak yang menyebutkan bahwa daun katuk mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk meredakan flu. Disamping itu, daun katuk juga memiliki kandungan vitamin c yang bisa dipercaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu saja, daun katuk juga bisa digunakan untuk membentuk kolagen dan juga bisa mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mencegah osteoporosis

Tulang akan mudah sekali keropos jika sudah terserang osteoporosis dan bisa menyebabkan tulang patah dan keropos. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi daun katuk secara rutin. Daun katuk memiliki banyak sekali kandungan kalsium dan juga zat besi dan dipercaya sangat efektif untuk mencegah osteoporosis. Dan daun katuk juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  • Memperlancar ASI

Sudah jelas dan juga sudah menjadi rahasia umum bahwa daun katuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa yakni digunakan untuk memperlancar ASI. Daun katuk memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang dipercaya bisa digunakan untuk memberikan efek hormonal yang bisa digunakan untuk memicu keluarnya produksi ASI ibu yang baru melahirkan. Untuk itu, jika Anda ada masalah dengan ASI yang tidak lancar Anda bisa mengkonsumsi daun katuk secara rutin.

Khasiat dan manfaat daun katuk seperti yang sudah dijelaskan di atas memang sudah benar-benar nyata dan sudah dilakukan berdasarkan penelitian kesehatan yang dilakukan oleh pakar kesehatan. Untuk itu, Anda tidak lagi perlu ragu dengan khasiat daun katuk dan takut bahwa nanti tubuh bisa keracunan jika mengkonsumsi daun katuk. Maka dari itu, supaya lebih amannya Anda bisa mengkonsumsi obat herbal ramuan sari daun katuk dari Herbana. Terbukti aman dan sudah BPOM.