Home Berita Menlu Bangladesh Tegaskan yang Menimpa Muslim Rohingya Genosida

Menlu Bangladesh Tegaskan yang Menimpa Muslim Rohingya Genosida

32

Gema Rakyat – Menteri Luar Negeri Bangladesh, Abul Hasan Mahmood Ali, menyatakan bahwa pemerintah Myanmar telah membunuh 3000 muslim Rohingya di Rakhine.

“Ini adalah genosida, mereka telah membunuh lebih dari 3.000 orang di sana dan membakar rumah-rumah mereka,” katanya kepada media pada Ahad (10/09) setelah memberikan penjelasan pada perwakilan badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Dhaka mengenai upaya Bangladesh untuk pengungsi Rohingya.

Ali juga memaparkan, 300.000 orang Rohingya telah tiba di Bangladesh dalam dua minggu terakhir sementara 4.000 dari mereka sebelumnya telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari penyiksaan pasukan Myanmar.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Bangladesh telah menampung 400.000 Rohingya selama tiga dekade terakhir dan melonjak mencapai angka 700.000 orang disamping adanya suplai dana dari beberapa negara.

Loading...

“Masyarakat internasional telah menunjukkan ketertarikan untuk bekerja sama dalam masalah politik dan kemanusiaan. Beberapa negara juga telah mengumumkan dana tambahan, dan dana ini akan disesuaikan melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ujarnya.

Perlu diketahui, Bangladesh telah menjadi tuan rumah bagi ribuan etnis Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Rakhine.

Menurut data PBB, ada sekitar 270.000 warga Rohingya yang menyeberang ke Bangladesh dalam dua pekan terakhir.[Gema Rakyat / kn]

Loading...