Home Berita Panglima Militer Myanmar Terang- terangan Tak Akui Muslim Rohingya

Panglima Militer Myanmar Terang- terangan Tak Akui Muslim Rohingya

34
Loading...

Gema Rakyat – Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing secara terang-terangan tidak mengakui muslim Rohingya sebagai warga asli Myanmar. Pernyataan itu dia lontarkan saat bertemu dengan dengan Duta Besar Amerika Serikat, di Yangon, Myanmar.

Min Aung Hlaing menampik tuduhan pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) atas etnis Rohingya. Bahkan, dalam akun facebooknya, dia menuding media telah melebih-lebihkan jumlah pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Min Aung Hlaing memberikan laporannya tentang krisis pengungsi Rohingya, kepada delegasi berbagai negara dalam pertemuan dengan Dubes AS Scot Marciel.

Jenderal ini adalah orang paling kuat di Myanmar. Sikapnya yang tak mengenal kompromi mengindikasi dia kurang sensitif terhadap citra militer dalam krisis yang menarik kutukan dunia dan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan mengenai transisi demokrasi di bawah Peraih Hadiah Nobel Aung San Suu Kyi.

Min Aung Hlaing yang menyebut Rohingya dengan “Bengali” mengatakan kolonialis Inggris bertanggung jawab atas masalah itu.

“Orang-orang Bengali tidak dibawa ke negeri ini oleh Myanmar, tetapi oleh kaum kolonialis,” kata dia kepada Marciel.

“Mereka bukan pribumi,” ujarnya.[Gema Rakyat / tsc]

Loading...
Loading...