Pasti Bersih, Ini Langkah-langkah Cepat Bersihkan Sofa yang Kotor

  • 2 min read
  • Aug 01, 2021
Sofa

Sebagian orang mungkin agak meremehkan sofa yang terkadang hingga berbulan bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak dibersihkan. Hal ini tentu akan kurang baik untuk kesehatan anggota keluarga. Memang terkadang hal ini sering terjadi karena pemilik rumah merasa tidak perlu membersihkan sofa karena tidak ada kotoran yang bisa mengandung bau entah itu dari cicak atau hewan lainnya.

Hal yang perlu kamu ketahui untuk sofa ini memang harus ada proses pembersihan entah itu sebulan sekali atau 3 bulan sekali. Hal ini dikarenakan banyaknya debu atau bakteri yang menempel pada sofa yang terkadang akan cukup berbahaya bagi pernapasan ketika tiduran di sofa tersebut. Untuk membersihkan sofa memang tidak boleh sembarang, kamu harus melalui beberapa tahapan ini agar hasilnya bisa maksimal.

Bersihkan Debu

Untuk tahapan awal membersihkan sofa ini yang perlu dilakukan adalah menghilangkan debu yang menempel pada sofa tersebut. Untuk tahapan ini kamu sangat disarankan menggunakan vacuum cleaner. Tujuannya tentu agar proses pembersihan debu bisa benar-benar maksimal dan bisa masuk ke sela-sela sofa yang sulit dijangkau oleh pembersih lainnya.

Untuk tipe vacuum cleaner sendiri kamu bisa menggunakan dari jenis apapun selama iitu hanya untuk sofa. Sebab, penggunaan alat ini memang sangat penting karena yang akan dibersihkan bukan dari yang yang diduduki saja. Kamu harus membersihkan atau menyedot di semua sudut sofa agar tebu tidak lagi ada yang menempel.

Proses Pembersihan

Pada tahapan pembersihan ini tentu tidak mudah ada kriteria tersendiri dalam membersihkan noda. Untuk noda dengan sekelas bahan berlemak yang menempel terkadang akan menimbulkan bercak pada sofa tersebut. Jika melihat kondisi seperti ini kamu bisa menggunakan campuran air dan detergen.

Ketika semua sudah tercampur kamu bisa menggunakan lap atau spon untuk proses pembersihan. Namun, untuk menghilangkan bahan lemak ini spon tersebut cukup ditekankan saja pada bagian yang terkena noda.

Sedangkan untuk noda seperti bekas tinta, cat dan darah ini tingkat kesulitannya lebih tinggi daripada membersihkan bekas lemak. Untuk bekas cat pada sofa umumnya menempel ketika ada proses pengecatan di dalam rumah. Untuk membersihkan pada bagian ini selain campuran di atas, kamu bisa mencampurkannya dengan alkohol.

Untuk proses pembersihannya sama dengan yang di atas yaitu dengan menempelkan atau mengusap secara ringan saja. Lalu, kamu bisa menggunakan lap kering untuk proses pengeringannya. Hal yang perlu kamu pahami dalam hal ini adalah jangan sampai menyikat bagian sofa. Hal ini dihindari karena berpotensi besar untuk merusak bahan sofa tersebut sehingga akan mudah rusak.

Jika pada tahapan tersebut bahan ini tidak kunjung hilang maka yang kamu lakukan adalah mengganti campuran tersebut. Untuk kelas berat seperti di atas campurannya menggunakan air dan alkohol. Tetapi jika tahapan ini masih belum bisa, kamu harus melakukan pencampuran air dengan cuka.

Cara ini dilakukan karena cuka mengandung bahan zat colorin, dimana zat ini bisa menghilangkan zat membandel pada benda. Ketika kamu sudah mulai mencampurkan maka kamu bisa mulai melakukan langkah di atas.

Itulah beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan sofa agar bisa bersih maksimal. Tetapi jika kamu merasa kegiatan di atas terlalu menyita waktu, gunakan saja jasa pembersihan. Untuk proses pembersihan ini kamu harus menggunakan jasa pembersih sofa yang terpercaya. Untuk itu kamu harus percayakan ini semua pada Lukman Clean dengan mengakses lewat blognya di jasa cuci sofa.