Pelanggan Loyal Kunci Kesuksesan Dalam Bisnis

  • GemaRakyat
  • Dec 22, 2021
Pelanggan Loyal

Di saat inovasi teknis sebuah produk sudah mencapai level maksimal, pelanggan yang loyal merupakan aset bisnis bernilai tinggi yang wajib Anda jaga. Bukan hanya menjamin keberlangsungan bisnis, tapi mereka juga bisa jadi kunci sukses bagi perusahaan untuk memenangkan pasar.

Untuk membangun loyalitas pelanggan sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, termasuk menyiapkan strategi terbaik untuk menjaring mereka, kemudian mengikatnya, dan mengelola pelanggan dengan sistem yang tepat.

Berikut merupakan beberapa trik menjaring pelanggan yang loyal dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, sekaligus menghadirkan customer experience yang positif. Diambil dari website customer experience CXsense, berikut beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

1. Tunjukkan Anda Peduli

Pelanggan harus tahu jika Anda peduli dengan kualitas produk yang mereka dapatkan. Untuk mengungkapkan kepedulian ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan meminta testimoni, feedback, memberikan garansi dan lainnya.

Sebagai komitmen kepedulian Anda, jangan ragu untuk melayani seluruh komplain, bahkan bertekad untuk memenuhi hak garansi yang seharusnya mereka dapatkan. Jika terdapat kerusakan karena kegagalan produksi, jangan ragu untuk menggantinya dengan produk baru.

2. Gunakan sistem poin sederhana

Salah satu cara untuk mengikat, sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menggelar mengadakan loyalty program. Program ini dilakukan dengan cara memberikan poin sederhana untuk setiap transaksi yang mereka lakukan, dan berlaku kelipatan.

Poin nanti bisa ditukarkan dengan produk, voucher diskon, voucher belanja, atau bisa juga diundi untuk mendapatkan hadiah tertentu. Biasanya sistem ini banyak dilakukan oleh pemilik bisnis retail, seperti minimarket, supermarket, department store dan lainnya.

3. Jelaskan Jika Ada Biaya Tambahan

Pernah Anda menemukan pelanggan yang tidak jadi membeli, padahal keranjang mereka sudah dipenuhi dengan belanjaan. Kondisi ini disebut sebagai cart abandonment, atau pelanggan membatalkan transaksi karena beberapa sebab.

Dilansir dalam Hubspot, penelitian menyebut jika cart abandonment yang terjadi di bidang bisnis retail, travel dan lainnya bisa mencapai 75,6%. Umumnya hal ini disebabkan karena adanya biaya tambahan yang harus mereka bayar di luar harga pokok yang ditawarkan.

4. Gunakan Strategic Partnership

Strategic partnership merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain yang saling bersinggungan dengan bisnis kita. Cara ini memungkinkan semua pihak mendapat keuntungan, dan lebih mungkin saling berbagi pelanggan loyal.

Contohnya, sebuah produsen shampoo bekerjasama dengan salon kecantikan tertentu untuk menebar voucher gratis atau diskon creambath, keramas, dan berbagai perawatan rambut lainnya untuk setiap pembelian produk shampoo atau produk perawatan rambut tertentu.

5. Permudah Transaksi dan Pembayaran

Anda bisa dengan mudah mendapatkan kepuasan pelanggan dari produk dan layanan berkualitas tinggi. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, salah satunya dengan mempermudah transaksi, dan metode pembayaran.

Misalnya, sebuah toko online tidak membatasi transaksi lewat kartu kredit, tapi juga bisa menerima pembayaran transfer bank, mata uang digital, bahkan transfer pulsa. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memperbanyak cabang, atau menyediakan layanan delivery order untuk mempermudah transaksi.

Anda bisa melengkapi strategi mengelola pelanggan loyal dengan mengadakan gathering khusus. Biasanya event ini dilakukan bersamaan dengan acara puncak loyalty program. Selain itu, event ini pun kerap dijadikan sebagai ajang untuk menjalankan Strategic partnership.

Related Post :