Home Ilmu Pengetahuan Pengertian Paragraf dan Jenis-jenisnya. Terbaru dan Terlengkap!

Pengertian Paragraf dan Jenis-jenisnya. Terbaru dan Terlengkap!

55

Pengertian Paragraf

Paragraf yaitu adalah kumpulan sebuah kesatuan pikiran yang lebih tinggi dan lebih luas daripada kalimat. Atau pengertian paragraf yakni bagian yang datang dari sebuah karangan yang terbagi dalam beberapa kalimat, yang isinya mengungkap satuan informasi/kalimat dengan pikiran paling utama jadi pengendaliannya dan pikiran penjelas jadi pendukungnya.

Paragraf bisa terbagi dalam satu kalimat/kumpulan kalimat, Walau demikian kalimat yang terkait antara yang satu dengan yang lain dalam sebuah rangkaian yang membentuk sebuah kalimat, serta bisa disebut juga dengan penuangan inspirasi dari penulis lewat kalimat/kumpulan kalimat yang satu dengan yang lain, yang terkait dan cuma mempunyai satu topik. Paragraf dapat juga disebut dengan sebagai karangan yang singkat.

Ciri-ciri Paragraf

Image result for foto buku keren

Ciri-ciri paragraf, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Yang pertama kalimat pertamanya bertakuk/letaknya agak dalaman, ke dalam lima ketukan spasi untuk bentuk karangan yang umum.
  • Lantas yang kedua paragraf menggunakan pikiran paling utama yang dinyatakan dalam kalimat tema.
  • Yang ketiga tiap paragraf menggunakan satu kalimat tema dan selebihnya adalah kalimat pengembang yang memiliki peranan menjelaskan, menguraikan maupun memaparkan pikiran paling utama yang ada dalam kalimat tema.
  • Serta yang keempat paragraf menggunakan pikiran penjelas yang dinyatakan dalam kalimat penjelas. Kalimat itu memuat tentang bebrapa rincian kalimat tema. Paragraf bukanlah kumpulan kalimat tema. Paragraf cuma berisikan satu kalimat tema dan beberapa kalimat penjelas. Tiap kalimat penjelas memuat tentang rincian yang sangat spesifik dan tidak mengulang pikiran penjelas yang lain.

Fungsi Paragraf

Loading...

Image result for foto buku keren

Fungsi paragraf, yaitu sebagai berikut ini:

  • Yang pertama mengekspresikan ide yang tertulis dengan memberi bentuk sebuah pikiran dan perasaan ke dalam rangkaian kalimat yang tersusun secara logis dalam sebuah kesatuan.
  • Yang kedua untuk menandai peralihan ide baru untuk karangan yang terdiri beberapa paragraf, ganti paragraf memiliki arti ganti pikiran juga.
  • Yang ketiga untuk mempermudah pengorganisasian ide untuk yang menulis serta mempermudah pemahaman untuk yang mbacanya.
  • Yang keempat mempermudah pengembangan tema karangan ke dalam satuan unit pikiran yang lebih kecil.
  • Yang kelima untuk mempermudah pengendalian variable, terlebih pada karangan yang terbagi dalam beberapa variabel.

Beberapa jenis Paragraf

Image result for foto buku keren

Beberapa jenis paragraf bisa di perhatikan serta dibaca berikut ini:

Paragraf Narasi

Paragraf Narasi yaitu sebuah bentuk paragraf yang menceritakan sebuah peristiwa atau sebuah momen bersumber pada urutan waktu. Paragraf narasi terbagi dalam narasi peristiwa serta narasi runtut cerita. Paragraf narasi peristiwa yakni paragraf yang menceritakan sebuah peristiwa maupun sebuah momen, sedangkan paragraf narasi runtut cerita yakni paragraf yang alur pengembangannya diawali dari posisi tindakan maupun perbuatan yang membuat maupun menghasilkan suatu hal.

Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi yaitu sebuah paragraf yang mempunyai tujuan untuk menuturkan, mengemukakan informasi, mengajarkan, menerangkan dan menjelaskan sebuah tema pada yang membacanya dengan maksud untuk memberi informasi hingga memperluas pengetahuan si pembaca. Untuk mengerti paragrap ini si pembaca mesti melakukan proses berpikir dan melibatkan pengetahuan.

Paragraf Agumentasi

Paragraf Agumentasi yaitu sebuah bentuk paragraf yang mengutarakan inspirasi, ide, maupun pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta (yang benar terjadi). Maksudnya yakni agar si pembaca percaya kalau inspirasi, ide, serta pendapat itu adalah benar adanya serta dapat dibuktikan.

Paragraf persuasi

Paragraf persuasi yaitu sebuah bentuk atau bentuk karangan yang memiliki maksud membujuk pembaca agar mau berbuat suatu hal sesuai sama keinginan penulisnya. Agar maksudnya dapat terwujud, penulis mesti bisa menyampaikan pembuktian dengan menggunakan data dan fakta.

Dan paragraf berdasarkan letak dari pikiran utamanya

Image result for foto buku keren

Paragraf bersumber pada letak pikiran paling utama atau kalimat intinya, yaitu sebagai berikut ini:

  • Paragraf deduktif yaitu paragraf deduktif diikuti dengan terdapatnya kalimat paling utama ada di awal paragraf.
  • Paragraf induktif yaitu diikuti dengan terdapatnya kalimat paling utama ada di akhir paragraf.
  • Paragraf campuran (deduktif-induktif) yaitu diikuti dengan terdapatnya kalimat paling utama ada di awal serta akhir paragraf.
Loading...