Pengertian Investasi dan Tips Aman untuk Berinvestasi

  • GemaRakyat
  • Dec 04, 2021

Tujuan investasi penting untuk diketahui. Investasi ialah bentuk penanaman modal atau uang, dapat dikatakan cara mengembangkan modal atau uang lebih cepat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) telah dijelaskan secara jelas bahwa tujuan investasi yakni memperoleh keuntungan. ‘Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.’

Tak hanya mampu memperoleh hasil yang menguntungkan, tetapi tujuan investasi juga berperan mengontrol sebuah perusahaan serta menjaga hubungan antar perusahaan. investasi ialah kegiatan menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak, dengan harapan pada nantinya pemilik modal memperoleh sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Secara sederhana, investasi ialah cara mengembangkan jumlah uang atau modal yang Anda miliki saat ini.

Sementara menurut KBBI, investasi ialah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Misalkan, salah satu tujuan Anda berinvestasi yaitu ingin membangun rumah, membuka usaha atau menyekolahkan anak. Secara umum, investasi yaitu meluangkan atau memanfaatkan waktu, tenaga, uang demi keuntungan atau manfaat pada masa mendatang. Jadi investasi ialah kegiatan membeli sesuatu yang diharapkan di masa mendatang bisa dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula. Banyak sekali berita- berita yang menarik lainnya hanya di hanya di http://www.gemarinvestasi.com/.

Mempersiapkan Dana Pensiun

Kita tidak akan bisa bekerja seumur hidup. Tentu ada kalanya kita harus pensiun khususnya di usia yang dianggap sudah kurang produktif. Orang-orang banyak yang belum merencanakan pensiunnya hendak melakukan apa.

Tapi yang jelas, bila Anda sudah mempersiapkan dana pensiun dari awal, itu artinya Anda bisa menikmati hari tua tanpa adanya gangguan finansial, bukan? Oleh karena itu, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mulai mendanai dan memanfaatkan efek compounding dalam perjuangan Anda mempersiapkan dana pensiun.

Kenali Profil Investasi Diri

Setiap orang mempunyai profil investasi yang unik. Hal ini lantaran setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda, penerimaan terhadap risiko yang berbeda, jangka waktu investasi yang tidak seragam, serta mengharapkan tingkat return yang berbeda pula.

Pilih Jenis dan Produk Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan pada pengenalan pada profil investasi, maka seseorang bisa memilih jenis serta produk investasi yang cocok dengan dirinya.

Perhatikan Aspek Legalitasnya (Pastikan Sesuai dengan Bidang Usahanya)

Setelah memahami jenis dan produk investasi yang dibutuhkan, maka saat akan membeli produk investasi harus dipastikan apakah lembaga yang menjual atau menawarkan produk itu telah memperoleh izi usaha yang sesuai dengan bidang usahanya.

Pahamilah Siapa Regulatornya

Pastikan Anda memahami siapa regulator yang mengawasi perusahaan yang menjual serta menawarkan produk investasi dimaksud. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga apabila sesuatu terjadi di masa mendatang.

Bacalah Ketentuan yang Berkaitan dengan Produk dengan Seksama

Membaca ketentuan yang berkaitan dengan produk dengan seksama perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa konsumen memahami secara lengkap hak dan kewajibannya, manfaat, biaya, serta risiko yang berkaitan dengan produk.