Home Ilmu Pengetahuan Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsi dan Macamnya

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsi dan Macamnya

53

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling menukar data. Maksud dari jaringan komputer adalah supaya dapat menjangkau tujuannya, di bagian dari tiap jaringan komupter dapat memberi dan meminta layanan (service). Pihak yang menerima/meninta layanan disebut juga klien (client) dan yang melakukan pengiriman/yang memerikan layanan disebut juga peladen (server). Design itu bernama sistem client-server, dan digunakan pada nyaris seluruh aplikasi jejaring komputer.

Image result for pengertian jaringan komputer

Dua buah komputer, masing-masing memiliki kartu jaringan, lantas dikaitkan dengan kabel maupun nirkabel untuk medium transmisi data, dan ada piranti lunak sistem operasi jaringan juga akan membuat satu jaringan komupter yang sederhana. Bila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas jangkauanya, dibutuhkan satu peralatan pelengkap seperti, Gateway, Hub, Switch, Bridge, Router untuk peralatan interkoneksinya.

Beberapa Macam Jaringan Komputer

Image result for pengertian jaringan komputer

Loading...

Dilihat berdasarkan geografinya, jaringan komputer dibagi jadi:

  • Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN)
  • Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN)
  • Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN)
  • Jaringan wilayah lokal yaitu jaringan punya pribadi di dalam satu gedung atau tempat yang memiliki ukuran hingga beberapa 1-10 km.

LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan antar komputer pribadi serta stasiun keja (workstation) di dalam kantor satu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk menggunakan dengan sumber daya (contoh pencetak (printer) dan untuk saling bertukar informasi. Sedangkan jaringan lokasi metropolitan yaitu pelebaran jaringan LAN hingga meliputi satu kota yang luas, dan terdiri atas pulhan gedung yang bejarak 10-50 km.

Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (fiber optik). Jaringan lokasi luas yaitu jaringan antar kota, antar provinsi, antar negara, bahkan juga hingga antar benua. Jaraknya dapat meliputi seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan seluruh bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan seluruh kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi paling utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi dan potik antar negara.

Dilihat berdasarkan peranannya, terdiri jadi:

Related image

  • Jaringan Klien-server (Client-server)
  • Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)

Jaringan klien-server pada intinya mempunyai satu komputer yang disisipkan manjadi peladen (server) dari komputer yang lain yang sebagai klien (client). Semua permintaan pelayanan sumberdaya dari komputer client mesti memalui komputer peladen, komputer peladen itu yang juga akan mengatur pelayanan.

Bila komunikasi keinginan layanan sibuk bahkan juga bisa disisipkan melebihi dari satu komputer untuk jadi peladen, hingga ada pembagian pekerjaan, misalnya file-server, print-server, database server DLL. Jelas saja konfigurasi komputer peladen umumnya melebihi dari konfigurasi komputer client naik dari sisi kemampuan memori, kecepatan processor, ataupun kemampuan cakram kerasnya (harddisk)

Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukan dengan beberapa komputer saling mensupport, hingga tiap komuter dapat memohon penggunaan dengan sumberdaya dari komputer yang lain. Demikian halnya mesti siap melayani permintaan dari komputer yang lain. Jenis jaringan ini umumnya cuma bisa diaplikasikan pada jumlah komputer yang tidak terlampau banyak, maksimum 25, sebab komunikasi juga akan jadi macet dan rumit bila komputer terlalu banyak.

Bersumber pada topologi jaringan, jaringan komputer bisa dibedakan atas:

  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier

Bersumber pada distribusi sumber informasi/data:

Related image

Jaringan terpusat

Jaringan terbagi dalam komputer peladen serta client yang mana komputer client mempunyai peranan untuk penghubung mengakses sumber informasi maupun data yang datang dari komputer peladen.

Adalah perpaduan dengan beberapa jaringan yang terpusat hingga ada beberapa komputer peladen yang saling terkait dengan client membentuk sistem jaringan tertentu.

Bersumber pada media transmisi data:

Jaringan berkabel (Wired Network)

Di jaringan ini, agar tersambung satu komputer dengan yang lain diperlukan penghubung berbentuk kabel jaringan. Kabel jaringan mempunyai peranan dalam mengirim informasi berbentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan nirkabel (Wi-Fi)

Ini yaitu jaringan dengan medium berbentuk gelombang elektromagnetik. Pada jaringan itu tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer sebab menggunakan gelombang elektromagnetik yang juga akan mengirim sinyal informasi antar komupter jaringan.

Loading...