Home Ilmu Pengetahuan Pengertian Pembangunan Ekonomi: Dampak, Faktor, Tujuan dan Sifat Pembangunan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi: Dampak, Faktor, Tujuan dan Sifat Pembangunan Ekonomi

82

Pengertian Pembangunan Ekonomi yaitu sebuah proses yang mengakibatkan pendapatan perkapita penduduk sebuah masyarakat bertambah dalam periode panjang dengan perubahan ciri penting sebuah masyarakat, yakni perubahan baik dalam soal teknologi, pola pikir masyarakat ataupun kelembagaan.

Related image

Pembangunan ekonomi adalah peroses satu kenaikan pendapatan keseluruhan dan pendapatan perkapita dengan mempertimbangkan adanya pertambahan satu masyarakat dan dengan terdapatnya perubahan fundamental dalam susunan ekonomi dalam satu negara serta naiknya pendapatan untuk masyarakat dalam satu negara.

Menurut Adam Smith pembangunan ekonomi adalah proses kombinasi antara perkembangan masyarakat serta perkembangan teknologi.

Loading...

Menurut Prof. Meier pembangunan ekonomi yaitu sebagai proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam sebuah periode waktu yang panjang.

Pembangunan ekonomi adalah sebuah perubahan yang terjadi secara terus-menerus lewat rangkaian gabungan proses untuk mencapai suatu hal yang lebih baik yakni adanya penambahan pendapatan perkapita yang terus menerus berjalan dalam periode panjang.

Sedangkan menurut Wikipedia, Pengertian pembangunan ekonomi yaitu sebuah proses kenaikan pendapatan keseluruhan serta pendapatan perkapita dengan mempertimbangkan adanya pertambahan masyarakat yang disertai dengan perubahan fundamental dalam susunan ekonomi sebuah negara serta pemerataan pendapatan untuk masyarakat sebuah negara.

Pembangunan Ekonomi tergantung dari perkembangan ekonomi (economic growth) di mana pembangunan ekonomi mendorong dalam tumbuhnya ekonomi dan demikian sebaliknya pula, ekonomi memperlancar dalam proses pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi juga adalah sebuah proses kombinasi antara perkembangan masyarakat serta perkembangan teknologi. Pembangunan ekonomi daerah yaitu sebuah proses yang meliputi pembentukan institusi-institusi baru, pembangunan industri-industri alternatif, perbaikan kemampuan kerja yang ada untuk menghasilkan produk serta jasa yang lebih baik, identifikasi pasar-pasar baru, alih ilmu dan pengetahuan serta pengembangan perusahaan-perusahaan baru, di mana kesemuanya ini adalah maksud paling utama yakni untuk meningkatkan jumlah serta bentuk kesempatan kerja untuk masyarakat di daerah.

Pembangunan ekonomi bisa pula disebut dengan pembangunan negara dilihat dari sudut ruang atau wilayahnya serta dalam konteks ini arti yang paling pas digunakan yaitu pembangunan wilayah. Oleh karenanya pembangunan ekonomi memuat strategi pembangunan daerah yang ditujukan sebagai sebuah langkah untuk melengkapi strategi makro serta sektoral dari pembangunan nasional. Pengertian pembangunan dalam hal semacam ini banyak dipakai beberapa pembuat kebijakan sebagai usahanya membangun kestabilan pereko nomian negara.

Sedangkan arti dari perkembangan ekonomi yaitu proses kenaikan kemampuan produksi sebuah perekonomian yang diwujudkan berbentuk kenaikan pendapatan nasional. Negara bisa disebut dengan mengalami kenaikan perkembangan ekonomi bila terjadi penambahan GNP rill di negara itu. Dengan terdapatnya perkembangan ekonomi merpakan sebuah tanda-tanda pada kesuksesan dari pembangunan ekonomi.

Lantas “Apa ketidaksamaan antara perkembangan ekonomi serta pembangunan ekonomi”, perkembangan ekonomi keberhasilannnya lebih punya sifat kuantitatif, yakni adanya kenaikan dalam standar pendapatan serta tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih punya sifat kualitatif, tidak cuma dari bertambahnya produksi, akan tetapi juga dari perubahan-perubahan dalam susunan produksi serta alokasi input dari beragam bidang perkeonomian contohnya instansi, pengetahuan, sosial, serta teknik.

Unsur-unsur Pembangunan Ekonomi

Related image

  • Pembangunan sebagai sebuah proses. berarti kalau pembangunan adalah sebuah step yang perlu ditempuh oleh tiap masyarakat atau bangsa.
  • Pembangunan sebagai perubahan sosial. Masyarakat sebagai aktor dalam perubahan sosial di mana secara langsung atau tidak langsung perubahan sosial juga akan beresiko pada kelancaran pembangunan atau bahkan juga menghambat pembanguna.
  • Pembangunan sebagai sebuah usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Sebagai sebuah usaha, pembangunan adalah tindakan aktif yang perlu dikerjakan oleh sebuah negara dalam rencana meningkatkan pendapatan perkapita.
  • Penambahan pendapatan perkapita mesti berjalan dalam periode panjang. Sebuah perekonomian bisa dinyatakan dalam kondisi berkembang jika pendapatan perkapita dalam periode panjang relatif meningkat. Hal semacam ini tidak memiliki arti kalau pendapatan perkapita mesti mengalami kenaikan terus menerus.

Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

Related image

  • Lewat pembangunan ekonomi, proses aktivitas perekonomian juga akan berjalan lebih lancar serta dapat mempercepat proses perkembangan ekonomi.
  • Adanya pembangunan ekonomi bisa saja terwujudnya lapangan pekerjaan yang diperlukan oleh masyarakat, hingga juga akan mengurangi pengangguran.
  • Terwujudnya lapangan pekerjaan dari pembangunan ekonomi secara langsung memperbaiki tingkat pendapatan nasional
  • Lewat pembangunan ekonomi bisa saja adanya perubahan susunan perekonomian dari susunan ekonomi agraris jadi susunan ekonomi industri, hingga aktivitas ekonomi yang dikerjakan oleh negara juga akan jadi makin bermacam dan dinamis.
  • Pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan mutu SDM hingga bisa saja pengetahuan pengetahan serta teknologi menjadi makin berkembang cepat. Hingga semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Image result for ekonomi

  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik hingga menyebabkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Industrialisasi menyebabkan menyusutnya lahan pertanian.
  • Tersingkirnya/hilangnya habitat alam baik itu alam hayati atau hewani
  • Terjadinya pencemaran air, udara, serta tanah dari ketidakdisiplinannya manusia.

Faktor Pembangunan Ekonomi

Image result for ekonomi

Beberapa hal yang mempengaruhi pembangunan dan perkembangan ekonomi, namun pada intinya hal itu dapat dikelompokan jadi dua, seperti aspek ekonomi serta non-ekonomi.

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi pembangunan dan perkembangan ekonomi salah satunya adalah SDM, SDA, dan kewirausahaan serta ketrampilan.

Sumber daya alam (SDM), yakni kekayaan alam seperti tanah, kesuburan tanah, hasil hutan, kondisi iklim/cuaca, hasil laut, dan tambang, sangat punya pengaruh pada perkembangan industri sebuah negara, yang terutama dalam soal peyediaan bahan baku produksi.

Kewirausahaan serta ketrampilan diperlukan sebagai pengeolahan bahan mentah dari alam jadi sebuah yang memiliki nilai yang tinggi (disebut juga dengan proses produksi).

Sumber daya manusia (SDA) juga memastikan keberhasilan pembangunan nasional lewat jumlah serta kulitas peroduk. Jumlah masyarakat yang sangat besar adalah pasar yang sangat potnsial sebagai pemasaran hasil produksi, sementara itu mutu masyarakat memastikan seberapa besar peroduktivitas yang ada.

Aspek non ekonomi mencakup keadaan sosial kltur yang berada di dalam masyaakat, kelembagaan, keadaa politik, dan sistem yang berkembang serta berlaku di masyarakat.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Related image

  • Meningkatkan mutu hidup masyarakat dalam memenuhi keperluan pokoknya yang mencakup pangan, sandang, papan, kesehatan, serta perlindungan keamanan dari pemerintah;
  • Memperluas distribusi beragam barang keperluan pokok
  • Memperluas peluang kerja;
  • Melakukan perbaikan mutu pendidikan;
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat;
  • Meningkatkan pemahaman serta perilaku masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai mulia (agama, sosial, serta kultural); dan
  • Memperluas pilihan-pilihan ekonomi serta sosial untuk tiap individu dan bangsa secara keseluruhnya. Contohnya: kebebasan dari sikap ketergantungan, tidak cuma pada orang atau negara lain namun pada tiap kemampuan yang punya potensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

Sifat Pembangunan Ekonomi

Ada empat sifat penting dalam pembangunan ekonomi, yakni:

Image result for ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah sebuah proses

Tujuannya pembangunan ekonomi itu berjalan secara terus menerus bukan hanya merupakan aktivitas yang sifatnya mendadak atau sementara.

Pembangunan ekonomi dikerjakan lewat rencana serta beberapa bagian yang matang serta terinci, tiap bagian juga akan menargetkan tujuan pembangunan yang sudah ditetapkan. Contoh pada masa-masa orde baru ada namanya REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun).

Upaya dalam meningkatkan pendapatan per kapita.

Meningkatnya income per kapita berarti secara umum bertambah juga kesejahteraan masyarakat. Sementara itu pembangunan ekonomi juga akan terjadi jika ada kenaikan pendapatan perkapita masyarakat. Pendapatan per kapita dipakai untuk mengukur tingkat kesejahteraan sebuah negara.

Peningkatan pendapatan per kapita berjalan dalam periode waktu yang lama.

Kenaikan income diharapkan bisa terjadi dalam periode waktu yang lama, hingga kesejahteraan masyarakat selalu bertambah serta sudah sangat siap saat terjadi penurunan pendapatan.

Sebab oleh beberapa aspek, seperti perubahan nilai tukar mata uang (Kurs) pendapatan perkapita dapat mengalami penurunan. Apabila terjadi penurunan tingkat pendapatan per kapita penurunannya ini tidak terlalu besar.

Kenaikan pendapatan per kapita dibarengi dengan terjadinya perubahan teknologi serta atau kelembagaan.

Hal semacam ini memiliki arti pembangunan ekonomi ekonomi tidak cukup diukur dari pendapatan per kapita saja, namun kenaikan itu sebaiknya disertai dengan terjadinya perubahan teknologi. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan produksi.

Loading...