Home Ilmu Pengetahuan Pengertian Penelitian dan Tujuan Penelitian

Pengertian Penelitian dan Tujuan Penelitian

57
Loading...

Pengertian Pakar

Pengertian Penelitian yaitu sebuah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan serta kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yakni rasional, empiris serta sistematis.

Image result for penelitian

Rasional berarti kegiatan riset itu dikerjakan dengan beberapa cara yang masuk akal, hingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti beberapa cara dikerjakan itu bisa diamati oleh indera manusia, hingga orang yang lain bisa mencermati serta mengetahui beberapa cara yang dipakai. (Bedakan cara yang tidak ilmiah, contohnya mencari data jatuhnya pesawat terbang lewat paranormal). Sistematis berarti proses yang dipakai dalam riset itu memakai beberapa langkah tertentu yang punya sifat logis.

Data yang diperoleh lewat riset itu memiliki persyaratan spesifik yakni valid. Valid memperlihatkan ketepatan antara data yang sebenarnya terjadi pada obyek dengan data yang bisa dikumpulkan oleh peneliti. Untuk mendapatkan data yang valid dalam riset seringkali sulit dikerjakan. Oleh karenanya, validitas hasil riset bisa diuji lewat rehabilitas serta obyektivitas data yang terkumpul.

Biasanya bila data itu reliabel serta obyektif, hasil penelitiannya juga akan valid. Data yang valid tentu reliabel serta obyektif. Realibilitas memperlihatkan derajad konsisten atau keajean data dalam interval waktu spesifik. Obyektifitas terkait dengan perjanjian antara banyak orang. Bila ada beberapa kelompok peneliti memberi data yang berbeda-beda data riset itu tidak obyektif, hingga tidak valid.

Lewat riset, manusia bisa menggunakan hasilnya. Secara umum data yang sudah diperoleh dari riset bisa dipakai untuk memahami, memecahkan serta menghadapi masalah. Mengerti berarti memperjelas sebuah masalah atau informasi yang tidak di ketahui dan selanjutnya jadi tahu, memecahkan berarti meminimalisir atau mengikis masalah, serta menghadapi berarti mengupayakan supaya masalah tidak terjadi.

Tujuan Penelitian

Secara umum tujuan riset ada tiga jenis yakni punya sifat penemuan, pembuktian serta pengembangan.

Image result for penelitian

Penemuan

Tujuan riset yang pertama yakni punya sifat penemuan. Penemuan berarti kalau data yang diperoleh dari riset itu adalah data yang benar-benar baru, yang sebelumnya belum pernah di ketahui.

Pembuktian

Tujuan riset yang kedua adalah pembuktian. Pembuktian berarti kalau data yang diperoleh itu dipakai untuk membuktikan adanya kesangsian pada informasi atau pengetahuan tertentu.

Pengembangan

Tujuan riset yang paling akhir yaitu pengembangan. Pengembangan berarti kalau untuk memperdalam dan meningkatkan pengetahuan yang sudah ada.

Loading...