Home Ilmu Pengetahuan Pengertian Variabel dan Jenisnya

Pengertian Variabel dan Jenisnya

43

Pengertian Variabel dan Jenisnya

Pada kesempatan kali ini kami juga akan menjelaskan apa sih pengertian dari variabel serta apa bentuk atau jenis jenisnya.

Image result for variabel

Variabel atau faktor penelitian mempunyai peran sangat penting dalam sebuah riset pendidikan. Variabel yaitu segala suatu hal yang juga akan menjadi objek pengamatan dalam riset. Ada pula yang menganggap variabel sebagai tanda suatu hal yang bervariasi.

Variabel penelitian dibedakan jadi:

Image result for variabel

Variabel bebas atau variabel pemicu (independent variables)

Loading...

Variabel bebas yaitu variabel yang mengakibatkan atau mempengaruhi, yakni beberapa aspek yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk memastikan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.

Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables).

Variabel terikat yaitu beberapa aspek yang diobservasi serta diukur untuk memastikan adanya dampak variabel bebas, yakni aspek yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang dikenalkan oleh peneliti.

Contoh:

Bila seorang peneliti ingin mengkaji hubungan antara dua variabel, contohnya variabel saat untuk belajar (A) dan prestasi belajarnya (B), pertanyaan atau masalah yang diajukan,

“Bagaimanakah prestasi belajar yang dicapai apabila waktu yang digunakan untuk belajar lebih banyak atau lebih sedikit?”

Banyak sedikitnya waktu belajar yang digunakan oleh pebelajar diidentifikasikan sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Variabel ini (waktu belajar) dimanipulasi atau diubah untuk mengakibatkan terjadinya perubahan pada variabel yang lainnya (prestasi belajar).

Variabel Moderator

Image result for variabel

Variabel moderator yaitu beberapa aspek atau beberapa segi yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan apakah variabel itu mengubah hubungan antara variabel bebas serta variabel terikat.

Contoh:

Hipotesis: Ketelitian membaca siswa wanita lebih baik dari pada siswa lelaki setelah mereka mendapatkan evaluasi membaca cepat serta lambat.

Variabel bebas: evaluasi membaca cepat serta lambat
Variabel moderator: siswa wanita dan lelaki
Variabel terikat: kecermatan

Variabel Kontrol

Image result for variabel

Variabel yang dinetralisasi yang diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol yaitu variabel yang diupayakan untuk dinetralisasi oleh peneliti. Dalam riset di samping strategi evaluasi dan tingkat kecerdasan, peneliti juga memperhitungkan tingkat usia, contohnya kelompok usia tertentu, maka usia dalam penelitia ini dianggap sebagai variabel kendali.

Variabel intervening

Merupakan yang tidak pernah diamati dan hanya disimpulkan berdasarkan pada variabel terikat dan bebas.

Contoh:

Hipotesis: Pada siswa yang mempunyai ketertarikan yang meningkat pada tugas yang diberikan, unjuk kerja pada tugas yang diukur meningkat.

Variabel bebas: minat pada tugas
Variabel intervening: belajar
Variabel terikat: unjuk kerja tugas

Loading...