Home Berita Penjelasan Polri Terkait Video Latihan Pakai RPG Dinilai Bikin Bingung

Penjelasan Polri Terkait Video Latihan Pakai RPG Dinilai Bikin Bingung

77

Gema Rakyat – Beredar Video Latihan Pakai Senjata RPG, Polri: Itu Sebelum Reformasi
https://news.detik.com/berita/d-3661949/beredar-video-latihan-pakai-senjata-rpg-polri-itu-sebelum-reformasi

Polisi Latihan Pakai RPG, Polri: Itu Alat Lama, untuk Pengenalan
https://news.detik.com/berita/d-3662681/polisi-latihan-pakai-rpg-polri-itu-alat-lama-untuk-pengenalan

Pernyataan Polri ini terkait beredarnya Video yang menghebohkan publik yang beredar di sosial media dimana didalam video tampak sejumlah anggota Polri yang sedang berlatih menggunakan senjata sejenis Rocket Propelled Grenade (RPG).

Loading...

Video itu juga diunggah oleh akun Instagram @tni_indonesia_update beberapa hari lalu. Admin akun tersebut mencoba meminta penjelasan kepada netizen terkait video latihan senjata RPG.

“Ada yang bisa jelaskan video ini? Apa kontijensinya mereka harus memiliki senjata sejenis RPG, apakah mereka ingin melawan militer?” demikian penggalan status yang dituliskan menyertai video latihan RPG itu.

Video itu pun dikaitkan dengan pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal pengadaan senjata di hadapan para purnawirawan yang membuat heboh publik.

Ketua Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Novis Sugiawan mengomentari penjelasan Polri yang dinilainya malah bikin publik kehilangan kepercayaan:

“Publik kehilangan kepercayaan kepada institusi anda pak… pernyataan plin-plan, ga bisa dipertanggung jawabkan. Saya masih percaya ditubuh POLRI banyak polisi jujur dan idealis, saatnya POLRI berbenah, agar mendapatkan kepercayaan publik kembali. Seharusnya POLRI lebih dekat dan dicintai rakyat ketimbang TNI, karena TUPOKSI POLRI lebih bersentuhan dengan masyarakat sehari-hari. Tapi kenapa saat ini rakyat dan Polisi agak jauh dan cenderung bersebrangan? Dan rakyat lebih nyaman dengan TNI walaupun terlihat sangar didepan, tapi ternyata mempunyai hati lembut pada rakyat. AYO dukung POLRI untuk berbenah, support para jendral petinggi POLRI yang baik untuk membenahi Institusi ini. Secanggih-canggihnya senjata bukanlah RPG, atau SPR 2 dan berbagai macamnya, tapi hati yang suci dan tulus serta do’a yang secanggih-canggihnya senjata. Biarlah senjata serbu yang canggih-canggih itu dipegang ahlinya yaitu TNI, bapak-bapak polisi cukup berikan keamanan dan kenyamanan bagi kami. Tekhnologi keamanan masyarakat lebih penting dibandingkan senjata serbu….Salam perubahan.”

Demikian disampaikan Novis Sugiawan di akun facebooknya, Jum’at (29/92017).[pi]

Loading...