Penyebab Gagal Cek Resi

  • 2 min read
  • Sep 09, 2021
Penyebab Gagal Cek Resi

Ketika berbelanja secara online, anda mungkin merasa khawatir saat paket tersebut sudah dikirimkan oleh seller namun anda merasa sudah menunggu lama dan tak kunjung tiba. Mungkin anda sudah mendapatkan nomor resi untuk melacak keberadaan paket dengan mudah, namun ada kalanya cek resi ini bisa mengalami kendala atau gagal.

Supaya anda tidak dibuat khawatir dengan upaya cek nomor resi yang gagal ini, ada baiknya anda mengetahui penyebab kegagalan tersebut. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan cek nomor resi yang sering terjadi :

  • Server jasa pengiriman bermasalah

penyebab cek resi gagal yang sering terjadi adalah keran insfrastruktur pihak ekspedisi yang tengah mengalami trouble. Lamanya ganggguan tersebut juga bervariasi, tergantung dengan kendala serta penanganan dari pihak ekspedisi tersebut.

Hal ini membuat akses menjadi lambat bahkan bisa putus dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Jika ini terjadi, tentu saat anda mencoba untuk cek nomor resi pun akan mengalami kegagalan.

  • Tidak real time

Perlu diketahui bahwa sebagian agen pengiriman masih memakai pencatatan secara manual. Khususnya agen yang terletak di wilayah dengan koneksi internet yang tergolong terbatas. Umumnya, resi yang diberikan masih memakai tulisan tangan.

Apabila anda memperoleh bukti pengiriman seperti ini, maka pastikan anda tetap bersabar hingga nomor resi yang anda dapatkan diinput di komputer oleh cabang ekspedisi yang bersangkutan.

Hal tersebut menjadikan anda baru bisa memeriksa status pengiriman beberapa waktu setelah paket dikirim. Akan lebih baik jika anda memerikan resi setelah satu hari pengiriman paket agar anda tidak merasa khawatir secara berlebihan.

  • Salah memasukkan nomor resi

Kegagalan cek nomor resi juga bisa diakibatkan oleh kesalahan dalam memasukkan nomor resi. Hal ini membuat sistem pengecekan memberikan keterangan bahwa nomor resi yang anda masukkan invalid.

  • Salah memasukkan digit resi

Apabila nomor resi yang dimasukkan kurang atau bahkan lebih maupun salah pengetikan walau satu digit saja, maka tracking akan mengalami kegagalan. maka dari itu, pastikan bahwa nomor resi yang diinput sudah benar serta sesuai dengan apa yang tertera di resi pengiriman.

Untuk menghindari kesalahan semacam ini, jika anda mendapatkan nomor resi dengan format digital, ada baiknya anda langsung copy paste saja agar tidak terjadi kekeliruan penulisan.

  • Nomor resi yang anda terima palsu

Umumnya kasus ini terjadi jika anda menjadi salah satu korban penipuan. Sudah jelas resi yang anda dapatkan palsu dan tidak bisa dilacak keberadaannya. Supaya anda terhindar dari kasus seperti ini, pastikan anda berbelanja di toko online yang benar-benar terpercaya.

  • Kesalahan dari pihak pengirim

Apabila anda mendapatkan paket dari orang lain, pastikan bahwa nomor resi yang anda terima sudah valid. Jika anda mengalami kegagalan cek nomor resi, anda bisa segera bertanya pada pihak pengirim dan memastikan apakah nomor resi yang diberikan sudah benar atau tidak.

Umumnya penjual memperoleh bukti pengiriman secara tertulis di lembaran kertas serta nomor resi ditulis ulang menggunakan WA atau SMS untuk diberikan kepada anda sebagai bukti pengiriman paket.

Apabila pengirim tidak menulis resi dengan teliti, mungkin saja terjadi kesalahan ketik dan membuat anda gagal saat cek resi pengiriman.

Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab kegagalan cek resi yang sebaiknya anda ketahui. Dengan informasi ini diharapkan anda tidak merasa khawatir atau panik lagi saat gagal melakukan cek nomor resi.