Home Otomotif Perbandingan Kenyamanan Honda Mobilio RS vs Suzuki Ertiga Dreza GS

Perbandingan Kenyamanan Honda Mobilio RS vs Suzuki Ertiga Dreza GS

159

Parameter ini menjadi salah satu tolok ukur kelaikan sebuah MPV untuk dipinang. Sebagai fungsinya untuk mengangkut begitu banyak penumpang, jika kenyamanan buruk maka dapat dipastikan perjalanan Anda bersama keluarga maupun kerabat menjadi tidak menyenangkan.

Posisi duduk menjadi salah satu hal yang menunjang kenyamanan saat berkendara. Kedua mobil ini sejatinya menawarkan luas ruang yang tak jauh berbeda. Namun, Mobilio memiliki posisi mengemudi yang lebih ergonomis meski tak dapat diatur ketinggiannya.

Posisi duduknya juga semakin fleksibel berkat headrest yang sudah terpisah, berbeda dengan mobilio generasi sebelumnya sehingga dapat menyangga kepala lebih baik. Sedangkan Ertiga harus puas dengan posisi mengemudi yang sigap dan lebih tinggi meski berada di setelan paling rendah.

Loading...

Beralih ke baris kedua dan sama halnya dengan Mobilio, Ertiga dapat disetel tingkat kerebahan sandarannya dan luas ruang kaki yang diinginkan berkat hadirnya fitur reclining juga sliding. Akses masuk ke baris ketiga juga mudah dengan sistem one touch tumble di kedua mobil ini. Menariknya ruang kepala dan kaki yang tersedia dari kedua mobil ini hampir sama di baris ketiga.

Busa jok milik Suzuki Ertiga lebih tebal dari Mobilio. Sehingga guncangan jalan selain diredam oleh suspensi juga ikut diredam oleh tebalnya busa jok. Untuk karakter suspensinya, Suzuki Ertiga Dreza masih menggunakan set yang sama dengan generasi sebelumnya. Artinya, bantingan suspensi lembut masih menjadi karakter Ertiga.

Pun begitu dengan Mobilio, bantingan suspensi kaku miliknya masih dapat ditoleransi. Meski baik dalam hal fun to drive, tapi ternyata tidak mengorbankan urusan kenyamanan. Kenyamanannya juga semakin baik karena kini pendingin udara digitalnya sudah dilengkapi climate control dengan fungsi Auto.

 

Honda Mobilio RS CVT: 4 bintang
Suzuki Ertiga Dreza GS AT: 4 bintang

 

 

369/52-59(14-27Jun2017)

Loading...