Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

  • 2 min read
  • Feb 05, 2020
Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Dalam dunia Blogging, backlink adalah salah satu hal yang berpengaruh dalam berkembangnya sebuah website / blog. Banyak dari para blogger menggunakan berbagai cara untuk bisa mendapatkan backlink.

Konsep dari backlink sendiri sebenarnya sama seperti sebuah hubungan timbal balik antara 1 orang dengan orang lain. Mereka akan saling terhubung, untuk meningkatkan website / blog mereka dalam hasil pencarian google.

Para blogger sendiri biasa mencari backlink dengan berbagi cara. Mulai dari meninggalkan komentar di blog lain, atau bahkan menggunakan guestpost dan masih banyak lagi. Selama tidak masuk kedalam kategori spam, tidak masalah.

Namun, backlink pun terbagi dalam 2 kategori, yakni Dofollow dan Nofollow. Kedua nya memiliki fungsi dan impact yang berbeda juga pastinya. Lantas, apa saja yang membedakan kedua jenis backlink ini?

Pada dasarnya, dofollow backlink adalah sebuah jenis backlink yang memungkinkan Google dan mesin pencari lain untuk mengikuti dan menjangkau website / blog kalian. Backlink jenis ini sangat berperan penting pada SEO dari sebuah website / blog.

Backlink dofollow ini sangat berperean penting untuk meningkatkan peringkat sebuah website agar masuk kedalam halaman pertama.

Backlink jenis ini merupakan kebalikan dari backlink dofollow. Backlink jenis ini tidak berperan penting pada SEO atau SERP, dan backlink jenis ini tidak masuk kedalam hitungan link in pada sebuah website (sumber : Akses digital)

Adapun tag yang digunakan untuk backlink nofollow berupa <a rel=”nofollow” href=”example.com”>anchor text</a>.

Meskipun tidak berperan penting pada sebuah website, backlink nofollow biasa digunakan para developer untuk mencegah masuknya backlink dari situs yang tidak terpercaya atau situs yang memiliki reputasi buruk, agar google tidak mengikuti dan menjangkau website / url kita.

Tidak perlu. Backlink jenis nofollow sebenarnya tidak menjadi hal buruk bagi sebuah website. Backlink jenis nofollow sendiri biasa kita temukan di beberapa website besar yang memiliki nilai PA dan DA yang cukup tinggi.

Seperti Medium, Quora, LinkedIn, dan lain sebagainya, website website seperti itu biasanya mengizinkan kita untuk menambahkan sebuah URL website kita, namun backlink yang di berikan berupa backlink nofollow.

Kesimpulan

Baik backlink dofollow dan nofollow, keduanya masih memiliki peran masing-masing untuk sebuah website / blog. Dofollow mampu meningkatkan sebuah website dari segi SERP, sedangkan nofollow tidak. Namun, nofollow pun bisa dikatakan sebagai backlink yang mendatangkan visitor.