Perjalanan Lebih Menyenangkan dengan Menggunakan Kereta Api Lodaya

  • 3 min read
  • Jan 27, 2020
Kereta Api Lodaya

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan dari Bandung menuju Solo ataupun sebaliknya, tentu kamu sudah tidak asing dengan kereta api Lodaya. Hal ini dikarenakan, kereta api Lodaya adalah salah satu jenis kereta api yang melayani rute perjalanan dari stasiun Solo Balapan menuju stasiun Bandung Hall dan sebaliknya. 

Kereta Lodaya hanya menyediakan dua kelas kereta, yaitu kelas bisnis serta kelas eksekutif. Sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas dari pelayanan serta fasilitas yang disediakan. Sebab seperti yang kita ketahui, kelas bisnis dan kelas eksekutif yang disediakan oleh jasa kereta api pastinya memiliki pelayanan serta kualitas terbaik.

Lalu apa kelebihan dari kereta Lodaya? Mengapa perjalanan dengan kereta Lodaya disebut lebih nyaman? Bukankah ada banyak jenis kereta yang menyediakan kelas bisnis maupun eksekutif dengan rute perjalanan Bandung – Solo? Ataukah hal tersebut dikarenakan kabar yang menyatakan kereta Lodaya yang bisa mengantar sampai tujuan? Meskipun tujuan akhir dari perjalanan bukanlah di stasiun Bandung Hall maupun stasiun Solo Balapan.

Penasaran dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut,? Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu, mari simak penjelasannya melalui beberapa uraian tentang alasan memilih kereta Lodaya sebagai kereta api kelas bisnis dan eksekutif yang lebih nyaman untuk perjalanan dari Bandung menuju Solo ataupun sebaliknya, di bawah ini.

Fasilitas yang Disediakan

Alasan utama dari dipilihnya kereta Lodaya sebagai kereta api yang nyaman adalah fasilitas yang disediakan. Mungkin fasilitas ini, sangat umum dan tak jauh beda untuk kelas ekonomi atau bisnis pada kereta lain. Kendati demikian, lengkapnya fasilitas dan pelayanan yang diberikan juga mempengaruhi kenyamanan kamu dalam melakukan perjalanan.

Fasilitas dari kereta Lodaya dibedakan menjadi dua jenis. Keduanya, meliputi fasilitas utama dan fasilitas khusus. Fasilitas utama yang dimaksud adalah fasilitas standar kereta yang ada di gerbong kelas bisnis dan kelas eksekutif. Fasilitas utama ini, terdiri dari AC yang ada di setiap gerbong kereta api, toilet, stop kontak dan TV di masing-masing tempat duduk, serta meja kecil. Sedangkan fasilitas khusus merupakan fasilitas yang hanya disediakan untuk kelas eksekutif saja. Contoh fasilitas khusus yang disediakan oleh kereta Lodaya ini, yaitu sofa yang lebih nyaman dan empuk, sandaran yang dapat diatur sesuai keinginan, bantal dan selimut yang ada di setiap kursi, serta layanan makanan yang dapat diorder via pramugari ataupun pramugara kereta.

Harga yang Terjangkau

Untuk kelas bisnis dan kelas eksekutif, harga yang ditawarkan oleh kereta Lodaya cukup terjangkau. Terlebih untuk perjalanan dari Solo ke Bandung dengan jarak tempuh yang tidak dekat. Untuk kelas bisnis harga yang ditawarkan kereta Lodaya ( via traveloka ) sekitar 140 ribu rupiah sampai 215 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelas eksekutif dimulai dari harga 230 ribu rupiah sampai 320 ribu rupiah.

Jadwal Perjalanan

Dengan menggunakan kereta Lodaya, perjalanan dari Bandung ke Solo membutuhkan waktu 8,5 sampai 9 jam. Oleh karenanya dalam sehari, kereta Lodaya melakukan dua kali perjalanan, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Umumnya kereta berangkat pada pukul 07.20 WIB untuk jadwal pagi. Sedangkan jadwal malam, kereta berangkat dari stasiun pukul 18.55 WIB.

Dengan adanya dua jadwal keberangkatan, tentunya membuat perjalanan lebih fleksibel. Bahkan kamu bisa melakukan perjalanan pulang pergi Bandung – Solo dalam kurun waktu satu hari. Alternatif terbaik, bagi kamu yang ingin melakukan one day trip Bandung – Solo.

Stasiun Pemberhentian

Ada kabar yang mengatakan bahwa, kereta Lodaya yang bisa mengantar sampai tujuan. Kabar ini, tentunya ada bukan tanpa sebab. Alasan utama munculnya kabar ini, dikarenakan banyaknya tempat singgah atau stasiun pemberhentian sementara yang dilalui oleh kereta Lodaya.

Stasiun pemberhentian dari rute perjalanan kereta Lodaya yang dimaksud, meliputi stasiun Kiara Condong, stasiun Cipeundeuy, stasiun Tasikmalaya, stasiun Banjar, stasiun Sidareja, stasiun Kebumen, stasiun Kutoarjo, stasiun Yogyakarta, dan stasiun Wates. Dengan banyaknya tempat perhentian kereta api ini, tentunya membantu kamu ketika ingin naik kereta ataupun turun disalah satu stasiun yang menjadi stasiun pemberhentian. Jadi untuk naik ataupun turun dari kereta kamu tidak perlu berasal dari stasiun Bandung Hall maupun stasiun Solo Balapan.