Home Otomotif Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik

Pilihan Mobil Bekas Berdimensi Kompak Terbaik

48

Tidak sedikit kalangan masyarakat ingin membeli mobil harus terkendala area parkir rumah yang terbatas. Ukuran mobil besar terkadang harus membuat mobil berada di luar lingkungan rumah yang rentan akan serangan cuaca atau gangguan keamanan. Bahkan resiko kehilangan pun menjadi fokus utama yang harus diperhitungkan.

Di pasaran, terdapat banyak mobil berdimensi kompak yang bisa jadi opsi paling ideal. Sebagai acuan, kali ini kami mengumpulkan beberapa mobil dengan panjang kurang dari 4,5 meter. Sehingga secara dimensi cukup hemat untuk masuk ke ragam bentuk garasi yang terbatas.

Pilihannya pun tidak sebatas pada mobil dari kelas city car, kami juga mencari mobil dari jenis MPV, sedan dan SUV. Berikut pilihan kami yang bisa masuk dalam daftar buru Anda.

Loading...

Toyota Calya G MT

Tahun: 2016
Mesin: 1.197 cc 4 silinder Dual VVT-i, 88 dk
Harga: Rp 120 jutaan
Dimensi (panjang x lebar): 4.070 x 1.655 mm

+: Kapasitas penumpang, fitur, perawatan mudah
-: Desain dasbor sederhana, pengendalian

Di kelas mobil murah, Toyota Calya bisa jadi pilihan menarik sebelum membeli. Dibanding rival sekelas, Calya menggoda berkat fitur yang disediakan. Di antaranya adalah rem ABS dan keyless entry yang sudah menjadi kelengkapan standar.

Selain itu ia sudah ada indikator Eco untuk memandu pengguna mobil agar berkendara hemat. Kemudian agar dingin AC lebih merata, atapnya sudah dilengkapi blower, meski bukan AC double blower murni.

Jika Anda tidak mempersoalkan desain dasbornya yang sederhana, mobil berkapasitas 7 penumpang ini memiliki posisi berkendara baik berkat tuas transmisi ergonomis.

Honda HR-V 1.5 E CVT

Pilihan Mobkas Sanggup Masuk Garasi Terbatas

Tahun: 2015
Mesin: 1.497 cc 4 silinder i-VTEC, 120 dk
Harga: Rp 270 jutaan
Dimensi (panjang x lebar): 4.294 x 1.772 mm

+: Desain, pengendalian, konsumsi BBM
-: Isu kaki-kaki, belum ada mode berkendara

Sejak pertama kali diperkenalkan, Honda HR-V disukai banyak orang berkat desain sporti. Kemudian dibanding rival sekelas, HR-V pun termasuk SUV kompak yang memiliki kabin lega.

Hanya saja, sebelum membeli pastikan sektor kaki-kaki berjalan dengan normal. Di balik karakter suspensinya yang kaku, SUV ini menawarkan pengendalian baik. Dan karena menggunakan transmisi CVT, HR-V memiliki penyaluran tenaga halus serta efisien mengkonsumsi bahan bakar.

Soal kelengkapan, mobil ini sudah dijejali cukup fitur. Sebut saja sperti tuas paddle-shift, AC climate control, dan rem parkir elektris sudah menjadi kelengkapan standar. Pun begitu dengan kemudi setir juga sudah dilengkapi tombol audio.

Toyota Vios G AT

Pilihan Mobkas Sanggup Masuk Garasi Terbatas

Tahun: 2012
Mesin: 1.497 cc 4 silinder VVT-i, 109 dk
Harga: Rp 140 jutaan
Dimensi (panjang x lebar): 4.285 x 1.695 mm

+: Citra Toyota, durabilitas, konsumsi BBM
-: Model sudah ketinggalan zaman, citra taksi

Vios merupakan salah satu produk laris Toyota. Magnet terbesarnya adalah performa mesin tangguh sekaligus irit BBM. Nilai positif itulah yang membuat ia masih tetap diburu oleh pembeli di bursa mobkas. Tapi bagi sebagian orang, model dasbor di tengah bukanlah desain paling menarik. Meski itu positif untuk visibilitas pengemudi.

Walaupun sedan kompak ini identik dengan citra taksi, Toyota Vios adalah sedan yang asyik untuk dikendarai. Di kelasnya, ia termasuk salah satu yang mempunyai kualitas akselerasi baik.

Jaringan Toyota yang tersebar luas memberikan kemudahan soal perawatannya. Mudah untuk mendapatkan suku cadangnya ketika sedang melakukan servis.

Datsun Go Panca

Pilihan Mobkas Sanggup Masuk Garasi Terbatas

Tahun: 2014-2016
Mesin: 1.198 cc 3 silinder, 68 dk
Harga: Rp 70-90 juta
Dimensi (panjang x lebar): 3.785 x 1.635 mm

+: Bantingan suspensi, letak tuas transmisi ergonomis, model
-: Wiper kaca depan hanya satu, tidak ada pilihan transmisi matik

Sebagai merek legendaris, kembalinya Datsun bisa dibilang sebagai obat rindu. Datsun Go tersedia dua pilihan yaitu hatchback dan MPV. GO sendiri merupakan tipe hatchback, dengan dimensi yang lebih kompak dari GO+ Panca, mobil ini lebih lincah ketika diajak bermanuver.

Hanya saja, agar lebih terjangkau yang sejatinya kelas mobil murah, beberapa material yang hadir tidak sebaik mobil pada umumnya. Contoh, meskipun dirasa cukup, penggunaan satu panel wiper kaca depan ketika hujan deras membuat visibilitas terasa kurang maksimal.

Namun, Datsun Go memiliki posisi berkendara baik dengan tuas transmisi ergonomis. Bantingan suspensi juga terbilang baik di antara rival. Sehingga pengemudi dan penumpang bisa merasakan kenyamanan saat berkendara

Mazda2

Pilihan Mobkas Sanggup Masuk Garasi Terbatas

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.497 cc 4 silinder, 103 dk
Harga: Rp 130-150 juta
Dimensi (panjang x lebar): 3.913 x 1.695 mm

+: Pengendalian, fitur, desain
-: Sudah berganti model, bantingan suspensi kaku

Walaupun sudah berganti model dengan desain baru yang semakin sporti dan modern, generasi Mazda2 ini tetap menarik untuk dipinang. Dengan harga yang lebih terjangkau, mobil ini menawarkan banyak fitur.

Hadir dengan layout dasbor menarik, perangkat hiburan Mazda2 termasuk lengkap. Selain mampu terhubung dengan gadget, head unitnya dilengkapi sistem navigasi dan koneksi internet sebagai teman perjalanan.

Soal kenyamanan, Compact Hatchback ini memang bukan yang terbaik di kelasnya. Namun, karena sistem suspensinya yang terbilang rigid justru membuat pengendalian Mazda2 ini menjadi asyik karena lincah.

Suzuki Celerio

Pilihan Mobkas Sanggup Masuk Garasi Terbatas

Tahun: 2015
Mesin: 998 cc 3 silinder, 68 dk
Harga: Rp 110 jutaan
Dimensi (panjang x lebar): 3.600 x 1.600 mm

+: CVT, legroom lega, konsumsi BBM
-: Kabin kurang kedap, respons transmisi

Selain Suzuki Karimun, mobil kompak berikutnya yang ditawarkan PT Suzuki Indomobil Sales adalah Celerio. Menggunakan mesin tiga silinder yang dikawinkan dengan transmisi CVT, Celerio menawarkan konsumsi BBM efisien. Sehingga bisa jadi pilihan pas sebagai transporter pergi pulang kantor.

Urusan performa, akselerasi Celerio memang kurang responsif. Namun, jika kecepatan bukan menjadi faktor utama ketika membeli, transmisi CVT mampu memberikan penyaluran tenaga halus dan minim entakan. Sehingga kualitas berkendaranya lebih nyaman.

Selain itu kabin Celerio juga nyaman ditumpangi. Bangku baris keduanya memiliki legroom dan headroom lega.

Nissan March 1.2 AT

Mobkas Berdimensi Pas Untuk Area

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.198 cc 3 silinder, 76 dk
Harga: Rp 105–120 juta
Dimensi (panjang x lebar): 3.780 x 1.665 mm

+: Konsumsi bahan bakar, kabin lapang, bantingan suspensi
-: Headrest penumpang belakang, akselerasi

Di kelasnya, Nissan March adalah salah satu Compact Hotchback yang memiliki kabin paling lega. Sehingga ketika berada di kondisi jalan macet atau melakukan perjalanan panjang, pengguna mobil ini bisa duduk dengan lebih rileks.

Sebagai catatan, headrest baris kedua mobil ini menyatu dengan sandaran kursi, maka ketinggiannya tidak bisa disesuaikan. Namun, jika tidak menjadi persoalan, Nissan March nyaman dikendarai berkat bantingan suspensinya yang empuk.

Di samping desainnya yang kompak, March juga efisien mengkonsumsi BBM, pas untuk Anda yang sedang mencari transporter pergi-pulang kantor, mengingat jalanan perkotaan yang padat.

 

 

374/86-87(23Agts-5Sep17)

Source link

Loading...