Pinjaman Modal Usaha Kecil Bisa Pakai KTA, Kenali Plus Minusnya Berikut Ini!

  • 2 min read
  • Oct 12, 2020
Pinjaman Modal Usaha Kecil

Produk-produk perbankan yang ada di Indonesia memang sangatlah banyak dengan fungsinya masing-masing. Bahkan meskipun sudah ada banyak sekali bank yang ada di Indonesia, nyatanya masih ada lembaga pembiayaan non bank yang juga hadir di dalam menunjang kebutuhan masyarakat akan solusi masalah keuangan yang dihadapinya. Entah itu mereka yang tengah kebingungan mencari uang untuk kebutuhan darurat sampai dengan kebutuhan modal usaha sekalipun juga ada, yaitu dengan mengandalkan pinjaman modal usaha kecil.

Faktanya sendiri ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, maka mau tak mau juga harus siap modal. Besar kecilnya menyesuaikan dengan jenis bisnis yang ingin digeluti tersebut. Produk-produk perbankan dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhannya, baik itu kredit multiguna maupun juga jenis Kredit Tanpa Agunan atau yang dikenal juga sebagai KTA. Khusus untuk bisnis skala UMKM, maka banyak diantaranya yang lebih memilah mengajukan KTA dibandingkan dengan KMG.

Karena memang tanpa harus menyertakan jaminan atau agunan dalam bentuk apapun. Hanya saja sebelum memutuskan memilih produk pinjaman yang satu ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk mempertimbangkan plus minusnya terlebih dahulu, sehingga nantinya tidak akan menyesal, yaitu:

Kelebihan:

  1. Praktis karena tidak memerlukan jaminan, salah satu daya tarik dari KTA yang membuat banyak masyarakat menggunakannya tak lain karena tidak membutuhkan adanya jaminan, maka Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman uang tersebut. Jadi terasa jauh lebih aman bagi debitur juga, hanya saja patut diingat meskipun tanpa jaminan, namun tetap harus disiplin dalam membayar cicilan hutang sampai lunas.
  2. Fleksibel pemakaiannya, artinya uang pinjaman dari KTA ini nantinya bisa Anda gunakan untuk keperluan apapun, mulai dari dipakai memenuhi kebutuhan sehari-hari, modal bisnis, biaya pendidikan yang kian mahal dan sebagainya, tak ada batasan pemanfaatannya.
  3. Proses pencairan dananya cepat, jika dibandingkan dengan kredit multiguna atau KMG, maka prosedur pengajuan dari KTA ini terbilang sangat cepat, karena tidak ada barang jaminan yang harus dilihat dan diperkirakan harganya terlebih dahulu. Melainkan cukup menyertakan semua syarat yang diberikan oleh bank tersebut, biasanya dalam kurun waktu beberapa hari saja uang akan langsung dicairkan.

Kekurangan:

  1. Suku bunga relatif tinggi, dibandingkan dengan kredit multiguna, ketika Anda memilih produk pinjaman tanpa agunan ini, maka bunga yang harus dibayarkan relatif lebih tinggi, yaitu kisaran 2,5 persen ke atas, akan lebih tinggi lagi jika seandainya Anda memilih produk KTA yang dikeluarkan oleh lembaga non bank, seperti diantaranya adalah fintech, sehingga bagi beberapa kalangan mungkin terasa memberatkan.
  2. Tidak semua kalangan dapat menikmati pinjaman ini, catatan penting juga yang patut diperhatikan, bahwa tidak semua orang nantinya bisa menggunakan produk KTA ini, karena meskipun ditawarkan tanpa agunan. Namun ada beberapa syarat tambahan yang mungkin terasa berat bagi sebagian orang, misalnya adalah profesi dan juga penghasilannya juga harus tetap dengan minimal tertentu, jika tidak masuk kriteria ini sudah pasti pengajuan Anda juga akan ditolak.

Jadi bisa dipertimbangkan lagi jika seandainya ingin mengajukan KTA untuk pinjaman modal usaha kecil di rumah. Selain produk KTA yang berasal dari bank pada dasarnya ada banyak lagi diantara pinjaman berbasis tanpa agunan lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan non bank, misalnya adalah yang cukup populer belakangan ini adalah pinjaman online.