Home Berita Purnawirawan TNI: PKI Itu Organisasi Tanpa Bentuk, di Daerah-Daerah Mereka Sudah Mulai...

Purnawirawan TNI: PKI Itu Organisasi Tanpa Bentuk, di Daerah-Daerah Mereka Sudah Mulai Diam-diam

74
Loading...

Gema Rakyat – Mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Dan Puspom) TNI, Mayjen (Purn) Syamsu Djalal mengatakan isu kebangkitan PKI saat ini fakta dan nyata karena mereka sudah mulai aktif lagi.

“Mereka itu OTB (organisasi tanpa bentuk), di daerah-daerah mereka sudah mulai diam-diam meskipun akhirnya ketahuan juga. Jadi bukan (ilusi), hanya sekarang mereka mau meluruskan sejarah,” kata Syamsu kepada INILAHCOM, Rabu (27/9/2017).

Menurut dia, keberadaan PKI saat ini bukan hanya ilusi tapi memang fakta karena mereka alasannya ingin meluruskan sejarah. Bahkan, usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikritik yang ingin diperbaharui film G30S/PKI.

“Loh itu kan sejarah, ya sudah apa yang mau diperbaharui,” ujarnya.

Ia melihat mereka ini sudah lama bergerak terus apalagi ada yang mengaku bangga menjadi anak PKI, maka hal itu sebuah kenyataan bukan lagi ilusi keberadaan PKI.

“Ya sudahlah, kelihatannya masih ada yang dendam kan,” jelas dia.

Persoalan PKI sejak reformasi memang menimbulkan pro dan kontra. Diskursus tentang PKI tak lagi tunggal seperti era Orde Baru.

Belakangan isu PKI kembali muncul hingga terjadi kericuhan di YLBH Jakarta. Benarkah ideologi komunis bangkit lagi di Indonesia.

Sehingga, ada tidaknya kebangkitan paham komunis tidak mengendurkan kewaspadaan pemerintah dan juga masyarakat untuk menjaga ideologi bangsa.[inc]

Loading...