Selama ini mungkin sudah tidak begitu asing lagi di telinga Anda terkait dengan dokter spesialis radiologi. Bahkan banyak diantara pasien yang mencari dokter spesialis radiologi di Jakarta Utara terbaik untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka, tentunya juga harus dibantu dengan alat-alat medis yang berkualitas, sehingga hasil pemeriksaan yang didapatkan nantinya juga akan jauh lebih akurat. Mengingat meskipun di Indonesia sendiri pada dasarnya cukup banyak diantara rumah sakit yang memiliki bidang spesialis ini, namun tidak banyak diantaranya yang sudah dilengkapi dengan alat-alat canggih untuk kebutuhan pemeriksaan.

Patut untuk diketahui bahwa pemeriksaan radiologi ini sendiri adalah sebuah pemeriksaan yang mengandalkan teknologi pencitraan untuk mengetahui atau mendiagnosis dan mengobati sebuah penyakit yang ada di dalam tubuh. Karena dengan adanya hasil pemeriksaan ini maka nantinya dokter juga akan lebih mudah di dalam melihat kondisi yang ada di bagian dalam tubuh pasien, seperti kemungkinan ada pertumbuhan sel-sel yang sifatnya tidak normal dan menyerang tubuh.

Tentunya ada beberapa alat medis yang digunakan dalam membantu pemeriksaan radiologi ini, seperti diantaranya adalah USG, Foto rontgen, fluoroskopi, CT Scan, MRI Scan dan yang lainnya. tidak semua rumah sakit memang menyediakan alat-alat tersebut secara lengkap, sehingga tak jarang pasien akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih terpercaya dengan fasilitas lengkap. Ada beberapa masalah kesehatan yang memang dapat diketahui dengan adanya pemeriksaan radiologi ini, diantaranya adalah:

  1. Kanker, pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan penyakit berbahaya yang satu ini bukan, karena nyatanya ia sudah merenggut ribuan nyawa, jenis kanker yang menyerang tubuh juga sangat banyak, tergantung dimana jaringan abnormal tersebut tumbuh. Dapat diketahui dengan adanya pemeriksaan radiologi.
  2. Penyakit jantung, masalah jantung seperti terjadinya sumbatan, pembengkakan dan sebagainya juga dapat dilihat dengan adanya pemeriksaan radiologi untuk tindak penanganan yang lebih serius.
  3. Penyakit paru-paru, saat pasien mengeluhkan kondisi kesehatan yang berhubungan dengan paru-parunya, maka dokter akan menganjurkan dilakukan rontgen untuk mengetahui kondisinya.
  4. Stroke, gangguan pada syaraf otak ini juga dapat dilihat dengan adanya pemeriksaan radiologi.
  5. Gangguan yang terjadi pada sendiri dan tulang, termasuk diantaranya adalah retak hingga patah tulang, dapat dideteksi dengan radiologi, sehingga nantinya tindak pengobatan yang dilakukan hasilnya juga akan lebih optimal.
  6. Gangguan pada saluran pencernaan, masalah yang terjadi pada saluran pencernaan manusia meliputi lambung hingga usus bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan radiologi, untuk mengetahui apa faktor penyebabnya.
  7. Penyakit ginjal dan saluran kemih, jika gejala yang dialami cukup serius maka nantinya dokter spesialis urologi akan menganjurkan Anda untuk dapatkan pemeriksaan radiologi terlebih dahulu sebelum melakukan langkah penanganan.

Begitu juga dengan beberapa kondisi kesehatan lain seperti diantaranya adalah infeksi, gangguan yang terjadi pada pembuluh darah, gangguan pada kelenjar tiroid hingga masalah getah bening semuanya dapat diketahui jika Anda melakukan tahapan pemeriksaan radiologi terlebih dahulu. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa dalam pemeriksaan radiologi ini sering kali terjadi beberapa efek samping kurang menyenangkan seperti diantaranya adalah mual, muntah, gatal, pusing, syok dan sebagainya.

Carilah dokter spesialis radiologi di Jakarta Utara terbaik untuk melakukan pemeriksaan ini, pastikan juga alat yang digunakan juga berkualitas, sehingga hasil yang diberikan nantinya akan jauh lebih akurat, apalagi ini berhubungan dengan tindak pengobatan lanjutan.