Home Berita Reshuffle, Jokowi Copot Sri, Darmin Dan Rini Besok?

Reshuffle, Jokowi Copot Sri, Darmin Dan Rini Besok?

481

Gema Rakyat – Wacana acak ulang alias reshuffle kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla semakin menguat. Bahkan, informasi yang didapatkan redaksi reshuffle kabinet kerja jilid II akan dilakukan, besok (Rabu, 12/7).

Pembahasan mengenai reshuffle kabinet memang menguat belakangan. Sebagian kalangan menilai perombakan mesti dilakukan oleh Presiden Jokowi kepada menteri yang membidangi sektor perekonomian.

Salah satu pos yang paling disoroti adalah Kementerian Keuangan, yang dimotori oleh Sri Mulyani indrawati. Kursi yang tak kalah diperbincangkan adalah Kementerian Koordinator bidang Perekonomian yang dipegang Darmin Nasution.

Juga Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Rini Soemarno. Ketiga pos kementerian tersebut menjadi sorotan karena dinilai tak mampu mewujudkan program Nawacita yang digaungkan oleh Presiden Jokowi dan wakilnya JK.

Reshuffle kabinet jilid tiga pertama kali disinggung Presiden Jokowi dalam Kongres Ekonomi Umat yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 22 April lalu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah memasang target lima juta sertifikat tanah harus dibagikan kepada masyarakat pada 2017. Target meningkat pada tahun-tahun berikutnya, di mana pada 2018 ditargetkan sebanyak tujuh juta sertifikat harus keluar. Kemudian, tahun depannya lagi sembilan juta sertifikat harus dikeluarkan untuk rakyat, petambak kecil, petani, nelayan, hingga tukang becak.

“Itu urusannya menteri. Setahu saya target itu harus dapat diselesaikan. Kalau memang tidak selesai, pasti urusannya akan lain. Bisa diganti, bisa digeser, bisa dicopot dan yang lain-lainnya. Ya saya blak-blakan saja. Dengan menteri juga seperti itu,” jelas Jokowi.[GR / rmol]

Loading...
Loading...