Siasat Mengelola Dana Liburan Panjang Akhir Tahun

  • 2 min read
  • Jul 02, 2021
mengelola dana liburan

Liburan panjang adalah saat yang paling dinanti-nanti, khususnya saat akhir tahun. Tapi apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengelola dana liburan supaya tabungan kamu tidak terkuras habis nantinya?

Penting untuk mempersiapkan dan bagaimana cara kamu menggunakan uang saat liburan akhir tahun nanti. Tujuannya supaya setelah liburan nanti kamu nggak kehabisan dana, apalagi mengambil uang dari tabungan. Banyak sekali yang masih menyepelekan hal ini dan akhirnya menyesal karena banyak tabungan yang diambil.

Trik Mengelola Dana Liburan agar Tidak Boros

Jangan sampai setelah selesai liburan kamu menyesal karena dana yang diperkirakan habis lebih banyak. Khususnya bagi kamu yang sudah berkeluarga, uang yang dikeluarkan saat liburan biasanya sangat tidak terasa.

Supaya tidak menyesal, ada kok cara mengelola dana liburan yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

  • Membuat Catatan Pengeluaran saat Liburan

Pencatatan pengeluaran bukan hanya dilakukan sehari-hari ketika kamu berbelanja, tetapi juga termasuk saat liburan. Apalagi jika kamu melakukan liburan panjang seperti di akhir tahun. Kamu bisa mencatat pengeluaran secara manual supaya mudah diingat.

Tujuannya supaya kamu tahu berapa uang yang sudah dikeluarkan setiap hari pada saat liburan. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan dengan dana yang masih dimiliki sehingga tak lagi mengambil dana tabungan.

  • Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah fasilitas yang memudahkan kamu mendapatkan promo dari tempat menginap, restoran atau tempat hiburan. Tapi kamu juga harus tahu batasan-batasan penggunaanya. Jika tidak kamu pasti akan mengeluarkan dana yang lebih.

Penggunaan kartu kredit sangat tidak terasa karena kamu tidak mengeluarkan uang tunai secara langsung. Jika tidak membalasnya kamu akan kaget melihat tagihannya di bulan depan.

  • Membuat Detail Biaya Liburan

Sudahkah kamu merencanakan detail liburan? Di mana tempat menginap, bagaimana transportasinya hingga berapa biaya makan yang akan dikeluarkan? Susun sebaik mungkin itinerary dengan detail sehingga kamu tahu betul berapa biaya yang dikeluarkan.

Jangan lupakan juga dana darurat liburan dan biaya untuk membeli oleh-oleh. Selengkap mungkin kamu menyusunnya maka kamu akan jauh dari dana yang membengkak.

  • Hindari Berangkat Lebih Awal

Banyak yang memberikan tips liburan dengan berangkat lebih awal supaya mendapatkan tiket murah. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan bahwa selama di tempat liburan kamu akan menambah biaya tempat menginap dan makan.

Walaupun terpaut sehari atau dua hari akan tetap lebih mahal dibandingkan harus membayar tiket yang harganya naik. Apalagi pada saat peak season biasanya biaya penginapan akan lebih mahal lagi.

  • Mempersiapkan Dana Liburan di Awal

Perlu juga untuk menyiapkan dana sejak awal, bisa dengan menabung. Alternatif dana liburan ini akan sangat membantu supaya kamu tidak mengambil uang tabungan dan bisa lebih berhemat lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi pinjaman online terpercaya Tunaiku untuk mendapatkan dana. Keuntungannya adalah kamu bisa meminjam sesuai dengan kemampuan dan dana akan langsung ditransfer ke rekening.

Syaratnya pun sangat mudah, cukup dengan e-KTP dan mengisi formulir. Kamu bisa mengajukan pinjaman online kapan saja setelah mengunduh aplikasi. Selain itu prosesnya tergolong cepat. Kamu tak perlu menunggu lama untuk mengakses aplikasinya.

Area layanan Tunaiku cukup luas di pulau Jawa, Sumatera hingga Makassar dan Bali. Selain itu soal tenor minimal adalah 6 bulan dan maksimum 20 bulan. Besaran dana yang bisa dipinjam mulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah dengan bunga APR 24% sampai 60% saja.