Home Berita Soal Pembekuan KPK, PDIP Minta Henry Yosodiningrat Enggak Asal Ngomong

Soal Pembekuan KPK, PDIP Minta Henry Yosodiningrat Enggak Asal Ngomong

45

Gema Rakyat – Kelakuan Anggota Pansus Hak Angket, Henry Yosodiningrat yang meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibekukan sementara membuat Partai PDI Perjuangan kecewa.

Pasca kejadian itu, Henry pun langsung ditegur PDIP agar menjaga lisan dan tak sembarangan dalam berbicara.

“Kami sudah memberikan teguran. PDIP tidak pernah meminta untuk KPK dibekukan,” kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini, Senin (11/9/2017).

Sebagai anggota fraksi, Hasto berharap agar Hendri bisa disiplin dalam bertindak, berpikir maupun berbicara. Apalagi perkataannya soal wacana pembekuan KPK dianggap publik sebagai sikap dari PDIP.

Loading...

“Bagaimanapun sikap fraksi yang merupakan bagian dari dewan itu ditentukan dari partai. Kalau soal pembekuan KPK, yang bersangkutan itu mengatakan berdasarkan atas indvidual, bukan atas nama partai,” tegas Hasto.

Menurutnya, partai berlambang moncong putih itu tak mungkin ingin membekukan KPK. Mengingat, lembaga anti rasuah itu sudah lahir sejak zaman Megawati Soekarnoputri untuk memberantas korupsi.

“Makanya angket KPK yang didukung PDIP sejak awal mendorong agar KPK bekerja sama dengan lembaga penegak hukum dalam memberantas korupsi,” tegasnya.

Kendati begitu, KPK harus tetap mendapat evaluasi agar kewenangannya yang begitu besar dapat dipertanggung jawabkan dan dijalankan. Sehingga pengalaman di massa lalu, seperti adanya penyidik yang terlibat korupsi tak terjadi lagi di kemudian hari.[kri]

Loading...