Home Berita Sudah Susah Payah, Wanita Ini Ketahuan Sembunyikan Hp di Baju Saat Tes...

Sudah Susah Payah, Wanita Ini Ketahuan Sembunyikan Hp di Baju Saat Tes CPNS

38

Gema Rakyat – Informasi tentang foto seorang wanita di salah satu grup WhatsApp, yang belum diketahui identitasnya ini, diduga akan berbuat curang saat pelaksanaan tes CPNS.

Berdasarkan pengakuan salah satu petugas, ada peserta yang mencoba berbuat curang setelah ketahuan menyembunyikan handphone di balik bajunya, saat ikut tes di MG Setos Hotel, Semarang, Kamis (14/9/2017).

Ia kedapatan panitia pengawas tes CPNS, saat mengikuti ujian. Dia menaruh ponsel berwarna putih di balik bajunya. Terlihat earphone yang disambungungkan di telinga kanannya. Akhirnya peserta tersebut tidak boleh mengikuti SKD.

Dilansir Rakyatkucom, ponsel itu digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang di luar lokasi tes.

Loading...

Padahal, dalam aturan ujian, peserta ujian dilarang membawa ponsel ke dalam ruangan. Panitia seleksi CPNS, sudah mengingatkan para peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), untuk tidak membawa barang apapun, selain KTP dan kartu ujian. Arloji, USB, handphone, kunci kendaraan, gelang bahkan cincin harus dilepas dan dimasukkan ke dalam tas.

Sehingga saat pemeriksaan pertama, jika ada yang membawa barang-barang selain KTP dan kartu ujian, disuruh melepas dan memasukkannya ke dalam tas.

Di dekat ruangan tes, peserta wajib menitipkan tas masing-masing kemudian berkumpul kembali. Sebelum memasuki ruangan tes, peserta diperiksa lagi. Jika ada yang membawa barang lain selain KTP dan kartu ujian akan dianggap gagal dan tidak boleh mengikuti CAT.

Seleksi CPNS semestinya dibarengi dengan kesiapan peserta seleksi dalam mengikuti tes. Bukan dengan berbuat curang, yang dipastikan bakal ketahuan.

“Tidak ada tempat untuk berbuat curang dalam seleksi CPNS ini,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur.[hc]

Loading...