Home Berita Tegas! Panglima TNI: Kesatuan TNI AD, AU, dan AL Wajib Nonton G30S/PKI

Tegas! Panglima TNI: Kesatuan TNI AD, AU, dan AL Wajib Nonton G30S/PKI

60
Loading...

Gema Rakyat – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menginstruksikan kepada jajarannya agar menonton film G30S/PKI. Instruksi ini ditujukan untuk seluruh satuan di TNI baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara.

Gatot menepis kabar yang beredar, bahwa satuan yang menonton film ini hanyalah Angkatan Darat. Mengingat aksi pembantaian yang dilakukan PKI memang menyasar AD.

“Tidak. Seluruh kesatuan baik dari AL, AU dan AD diinstruksikan untuk nonton G30S/PKI,” kata Gatot di sela-sela acara bakti sosial dalam rangka memperingati HUT TNI AU di Dermaga Indah Kiat Merak, Banten, Kamis (28/9).

Menurut Gatot, pemutaran ulang film G30S/PKI ini penting karena banyak kaum milenial yang tak tahu PKI. Tujuannya adalah agar kasus ini tak berulang. “Saya mengajak mengingatkan agar jangan sampai peristiwa ini berulang kembali,” imbuh dia.

Sementara itu terkait rencana demo aksi 299 yang menolak PKI, Gatot enggan memberikan komentar. Menurutnya aksi itu tak ada hubungannya dengan TNI. “Tidak ada hubungan dengan kami, silakan tanya kepolisian,” katanya.

Gatot juga mengajak masyarakat untuk menonton film ini, dan disambut luas oleh publik. Sejumlah SMA sudah menggelar aksi nonton bareng film G30S/PKI. Namun Mendikbud Muhadjir Effendy melarang siswa SD dan SMP menonton film ini. Menurut Muhadjir, film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI seharusnya tidak ditayangkan untuk penonton semua umur. [Gema Rakyat / kmp]

Loading...