Tempat Les IELTS Terbaik dan Terpercaya

  • GemaRakyat
  • Apr 22, 2022

Sebagai salah satu syarat bisa belajar atau bekerja di luar negeri adalah memiliki sertifikat IELTS dan TOEFL. Namun masih banyak yang kebingungan untuk membedakan antara IELTS dan TOEFL. IELTS sendiri adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang dilakukan bersama Universitas Cambridge & British Council. Meskipun IELTS menjadi salah satu untuk negara Eropa dan Inggris.

Tetapi dalam tes bahasa Inggris tetap menggunakan bahasa Inggris Internasional. Skor ujian IELTS sendiri berkisar antara 0 – 9 dan untuk bisa mendapatkan nilai baik harus memperoleh skor minimal 5.5 – 7. Yang harus diketahui adalah skor di setiap universitas ini berbeda jadi bisa tergantung kebijakan universitas.

Jenis IELTS yang Perlu Diketahui

IELTS sendiri memiliki dua jenis, yakni IELTS Academic dan IELTS GT. Nah berikut ini penjelasannya untuk kamu.

IELTS Academic

Untuk kamu yang ingin bersekolah atau kuliah di luar negeri, maka bisa mengambil IELTS Academic ini. IELTS Academic mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan IELTS GT.

IELTS GT

Merupakan tes yang diperuntukkan bagi orang yang akan bekerja di luar negeri. Tingkatan IELTS GT (General Training) ini lebih rendah dibandingkan dengan IELTS Academic.

4 Tips Mengerjakan Diri Mengikuti Tes IELTS

Jika kamu ingin mendapatkan skor baik dalam ujian IELTS maka bisa mengikuti beberapa tips mengerjakan ujian IELTS.

Memastikan Pemilihan Jenis Tes IELTS

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah pemilihan jenis tes IELTS. Jika kamu ingin menempuh pendidikan di luar negeri maka memilih tempat belajar IELTS. Namun jika ingin bekerja di luar negeri maka bisa memilih tes IELTS GT. Meskipun kedua tes ini sama-sama tes IELTS namun ada perbedaan dari segi tujuannya.

Latihan Soal IELTS

Selanjutnya kamu bisa berlatih soal dari buku. Kamu bisa membeli buku latihan di toko buku seperti Gramedia dan lainnya. Cara ini bisa dijadikan sebagai bahan persiapan ujian yang cukup efektif. Sebab soal yang ada bisa memberikan gambaran mengenai tes nantinya. Selain itu, cara ini juga bisa membantu mengurangi grogi ketika menghadapi ujian IELTS yang sesungguhnya. Bahkan kadang2 soal yang di buku latihan bisa hampir serupa dengan soal di ujian aslinya.

Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Memperluas Vocabulary

Salah satu bentuk tes IELTS adalah menulis. Meskipun grammar nantinya tidak akan dinilai, namun tetap harus meningkatkan kemampuan dalam menulis. Tidak hanya grammar atau vocabulary, menulis dalam bahasa Inggris pun harus memperhatikan tone dan fluency. Jadi pastikan untuk membuat tulisan yang nyaman untuk dibaca dan tidak terbata-bata.

Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan ujian IELTS supaya semakin mantap adalah dengan ikut kursus. Saat ini sudah banyak tempat les IELTS terbaik yang siap membantu pelajar atau orang yang ingin bekerja di luar negeri untuk ikut ujian. Namun pastikan untuk memilih tempat kursus IELTS yang benar-benar terpercaya dan berpengalaman.