Home Berita Tiga Tahun di Bawah Jokowi, Demokrasi Dinilai Kian Terancam

Tiga Tahun di Bawah Jokowi, Demokrasi Dinilai Kian Terancam

42

Gema Rakyat – Ketua Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto SIP, menilai bahwa tiga tahun kepemimpinan Jokowi, demokrasi justru semakin terancam. Menurutnya, hal itu terlihat dari munculnya Perppu ormas.

“Tiga tahun pemerintahan Jokowi, demokrasi semakin terancam. Buktinya apa? ada Perppu ormas,” katanya dalam diskusi ‘Evaluasi 3 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK’ di Jakarta pada Jumat (06/10).

Ia juga menegaskan bahwa saat ini Indonesia bukan negara yang sama ketika orde baru. Saya, kata dia, ikut di reformasi 98. Maka, ia tidak ingin otoritarianisme terjadi lagi di Indonesia.

“Dan Pak Jokowi hari ini mempraktekan lagi dalam soal perppu ormas. Di seluruh dunia, tidak ada membubarkan dengan perppu. Harus ada pengadilan,” ujarnya.

Loading...

Soeharto yang begitu otoriter saja, kata dia, tidak membubarkan HMI, Petisi 50. Ia mengatakan, organisasi yang bisa dibubarkan ketika melakukan pemberontakan.

“Organisai atau institusi dibubarkan karena satu saja, yaitu pemberontakan dengan senjata. Kayak HTI, cuma kertas-kertas doang. Apa ancamannya? Ini harus kita luruskan,” tukasnya. [Gema Rakyat / kn]

Loading...