Harga tanah yang semakin melonjak naik, menyebabkan beberapa orang memilih menyewa rumah atau bangunan untuk di jadikan tempat tinggal. Seperti sewa kost, sewa kontrakan, ataupun sewa apartemen. Hal ini dikarenakan harga sewa lebih terjangkau dan lebih terasaringan dibandingkan dengan harus membeli rumah atau lahan untuk membangun rumah sendiri. Sistem sewa yang mencicil biaya setiap periode tertentu lebih banyak dipilih karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan dari awal hingga akhir pembayaran walaupun dengan cicil.

Namun, saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa apartemen sebagai tempat tinggalnya. Walaupun perbandingan harga yang cukup berbeda dengan sewa kost atau kontrakan, tetapi ada beberapa hal yang menjadikan apartemen sebagai pilihan utama, seperti lokasi strategis dan fasilitas yang disediakan juga banyak. berikut pembahasan detail keunggulan tinggal di apartemen.

YukStay

  • Lokasi Apartemen Strategis

Pada umumnya apartemen selalu berada di lokasi yang strategis. Letaknya dekat dengan pusat kota,  seperti gedung-gedung perkantoran, kampus-kampus besar, pusat perbelanjaan, hingga akses transportasi umum. Jadi,  tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk kemacetan karena mudah pergi ke mana saja. Misalnya kamu bekerja di kantor atau kuliah di kampus yang lokasinya di pusat kota dan kamu tinggal di apartemen terdekatnya, hanya tinggal jalan kaki atau menggunakan transportasi umum sekali saja. Tidak perlu lagi khawatir akan terlambat akibat kemacetan.

  • Banyak Fasilitas yang Ditawarkan

Tidak hanya lokasinya yang strategis, apartemen juga menawarkan banyak fasilitas yang mumpuni. Fasilitas yang biasa didapat ketika kamu menyewa apartemen adalah seperti fasilitas full furnished (perlengkapan kebutuhan atau perabotan sudah tersedia), AC, WiFi, tempat gym, parkir dan kolam renang. Kamu juga mendapat fasilitas tambahan seperti maintenance, house cleaning, security 24 jam, laundry, serta groceries.

Berbeda jika kamu sewa kost atau kontrakan yang mungkin fasilitas-fasilitas tersebut tidak didapatkan. Hal ini dikarenakan biasanya kost atau kontrakan disewakan kosongan atau tidak full furnished.

  • Apartemen Harga Ekonomis

Jika kamu mahasiswa atau professional muda khususnya yang merantau, tentu membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Tetapi dengan status mahasiswa atau professional muda, biasanya mencari tempat tinggal dengan harga murah saja sudah cukup. Ada beberapa dari kamu yang mungkin mengajak teman-teman untuk menyewa tempat tinggal bersama, agar biaya sewa tidak berat. Tinggal bersama di apartemen juga bisa dilakukan, hanya perlu mencari apartemen yang cocok untuk ditinggali bersama, tentu dengan harga yang tetap bersahabat.

Seperti beberapa apartemen berikut ini, bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bersama dengan teman-teman.

  • Apartemen Whole Unit

Apartemen whole unit merupakan apartemen yang sistem sewanya satu unit. Kamu bisa sharing unit tersebut dengan teman yang ingin diajak tinggal bersama. Soal biaya sewa juga bisa dibagi, sehingga tidak berat. Apartemen ini biasa disewakan dengan harga Rp 1.5 juta hingga Rp 3.5 juta perbulannya. Cukup ekonomis bagi sebuah apartemen satu unit. Apalagi jika sharing dengan teman, akan lebih bersahabat harganya untuk masing-masing orang.

  • Apartemen Co-Living

Apartemen co-living merupakan apartemen satu unit, namun sistem sewanya perkamar sehingga bisa digunakan oleh beberapa orang. Biasanya apartemen ini terdiri dari dua hingga tiga kamar dan beberapa ruangan lainnya yang bisa digunakan untuk bersama-sama dengan teman satu unit apartemen tersebut.

Apartemen co-living ini cukup besar untuk satu unitnya dan biaya sewa bisa ditanggung bersama atau masing-masing kamar. Harganya sewa tetap ekonomis bagi sebuah apartemen karena berkisar Rp 1.9 juta hingga Rp 3 juta perbulannya.

Jadi tinggal bersama dengan teman tetap bisa dilakukan di apartemen yang strategis dan ekonomis, sehingga kamu tetap bisa nyaman layaknya rumah sendiri.