Tips Membersihkan Bagian Interior Mobil dengan Benar

  • 2 min read
  • Mar 18, 2021
Tips Membersihkan Interior Mobil

Mobil sama seperti rumah juga harus dijaga kebersihannya. Dimana ketika mempunyai mobil yang bersih, hal tersebut akan membuat Anda lebih nyaman ketika berkendara. Pada umumnya bagian yang paling dijaga agar terlihat bersih adalah bagian luar mobil. Untuk membersihkannya juga sangat mudah yaitu tinggal mencuci mobil yang bisa dilakukan sendiri atau bisa di tempat cuci mobil yang bisa ditemukan dengan mudah. Akan tetapi selain membersihkan bagian luar mobil, Anda juga penting untuk selalu menjaga kebersihan interior mobil. Dimana beberapa tips yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam mobil dengan tepat adalah sebagai berikut ini:

  • Membersihkan karpet

Interior pertama yang ada di dalam mobil adalah untuk pelengkap seperti karpet. Untuk membersihkan karpet mobil juga penting untuk menggunakan cara yang tepat sehingga karpet nantinya tidak mudah rusak dan perlu diganti. Dimana pada karpet umumnya akan menjadi tempat banyak kotoran karena berada di bawah dan di injak. Oleh karena itulah tidak heran apabila karpet akan terdapat banyak kotoran seperti tanah, pasir, debu, dan juga kotoran lainnya yang terbawa masuk ke dalam mobil dari sepatu dan sandal. Untuk menghindari banyak kuman karpet yang menjadi tempat kotoran tersebut tentunya harus dibersihkan dengan tepat Caranya juga sangat mudah yaitu menggunakan vacuum cleaner, mencuci karpet, dan juga menjemurnya agar debu di karpet dapat hilang.

  • Dashboard

Bagian selanjutnya yang perlu dibersihkan adalah dashboard yang ada di dalam mobil. Bagian ini perlu dibersihkan secara rutin karena lebih mudah untuk terlihat apabila kusam dan kotor. Oleh karena itulah sebaiknya bersihkan bagian ini secara rutin agar tidak banyak debu yang menempel. Cara membersihkannya juga sangat mudah yaitu dengan menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu di dashboard. Anda juga bisa menggunakan kain atau lap untuk membersihkan debu dengan sempurna hingga ke bagian pojok. Agar mempunyai hasil lebih baik Anda juga bisa menggunakan bagian ini dengan cairan pembersih khusus sehingga hasilnya lebih merata dan menjadikannya mengkilap.

  • Jok

Bagian selanjutnya yang penting Anda bersihkan adalah jok sehingga tetap bersih dan nyaman untuk menjadi tempat duduk ketika berkendara. Untuk membersihkan bagian jok ini bisa menggunakan lap dan cairan khusus sehingga dapat efektif untuk menghilangkan kuman. Selain itu Anda juga bisa menggunakan seat cover yang akan efektif untuk menjaga jok agar tetap bersih. Akan tetapi Anda juga penting untuk membersihkan seat cover tersebut secara berkala agar tidak penuh debu dan kotoran.

  • Bagian plafon

Bagian selanjutnya yang penting untuk Anda bersihkan dengan rutin adalah bagian plafon mobil. Dimana bagian ini penting untuk selalu dijaga kebersihannya karena merupakan tempat bersarang kotoran dan juga debu seperti pada atap pada umumnya. Oleh karena itulah Anda tidak boleh melewatkan bagian ini ketika sedang membersihkan bagian dalam mobil. Cara membersihkannya adalah menggunakan kain lap dan cairan khusus untuk di gosokkan di bagian plafon hingga bersih. Setelah itu baru bisa untuk dikeringkan menggunakan lap kering yang bersih.

  • Gunakan pengharum ruangan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan setelah membersihkan interior mobil adalah dengan menjaganya tetap wangi. Hal ini juga sangat mudah yaitu cukup dengan menggunakan pengharum ruangan untuk dapat membuat kabin mobil tetap wangi dan bisa menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil. Ada banyak pilihan aroma pengharum mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan aroma yang disukai.