Tips Memilih Universitas untuk Perkuliahan

  • 3 min read
  • Mar 16, 2021
Tips Memilih Universitas untuk Perkuliahan

Setelah lulus sekolah kita sering diperhadapkan pada pilihan selanjutnya. Berbeda dengan ketika masa sekolah, dengan mudahnya kita bisa bersekolah dimanapun. Orang tua yang akan mengatur semua untuk kita.

Hal berbeda akan terjadi saat masa kuliah. Kita harus memilih Universitas serta jurusan sesuai keinginan kita. Pendapat orang tua tentang jurusan yang akan menghasilkan banyak uang serta rekomendasi Universitas tertentu sudah tidak berlaku lagi.

Apalagi bila ada rekomendasi terhadap salah satu Universitas hanya karena pendahulunya menjadi orang ternama saat ini. Banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih Universitas untuk perkuliahan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih universitas setelah lulus sekolah.

Cari Universitas Dengan Jurusan Inovatif

Tips pertama untuk memilih Universitas adalah dengan melihat jurusan yang tersedia. Sebaiknya pilih universitas yang menyediakan banyak pilihan jurusan yang inovatif. Selain itu lihat juga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Universitas tersebut.

Misalnya Anda berminat dengan jurusan psikologi, maka luangkan waktu untuk melakukan riset tentang jurusan dan universitasnya. Terdapat beberapa gelar di jurusan psikologi yang memiliki spesialisasi berbeda. Ketahui dan dalami semua detailnya agar tidak salah pilih.

Sebaiknya pilih investasi pembelajaran aplikatif sehingga dapat langsung dipraktikkan. Universitas dengan jurusan yang inovatif serta pembelajaran aplikatif tentunya merupakan universitas yang memiliki orientasi terhadap masa depan.

Mengapa kita perlu mencari universitas yang memiliki orientasi terhadap masa depan? Jawabannya adalah karena adanya revolusi industri. Seiring berkembangnya waktu kemajuan teknologi juga akan makin berkembang.

Digitalisasi akan terjadi di dalam beragam aspek kehidupan. untuk itu diperlukan universitas yang berorientasi terhadap masa depan sehingga mampu menciptakan mahasiswa yang lebih adaptif. Dengan begitu mahasiswa dari universitas tersebut akan mampu memanfaatkan peluang yang ada dan mengikuti perkembangan.

Universitas yang Mampu Mencetak Profesi Baru

Tips ke-2 untuk memilih Universitas terbaik adalah dengan melihat prospek profesi. Seperti kita ketahui saat ini ada banyak sekali profesi baru yang tercipta setiap tahunnya. Alih-alih memilih Universitas dengan jurusan konvensional lebih baik memilih Universitas yang menciptakan jenis profesi baru.

Pada masa lampau kita pasti tidak mengira akan ada profesi sebagai financial planner, software engineering, food auditor hingga cloud computing engineer. Coba tayangkan mereka yang bekerja dalam bidang tersebut. Apakah beberapa tahun silam pernah terpikirkan akan ada jenis profesi tersebut?

Untuk itu sangat penting bagi kita memilih Universitas yang mampu menciptakan profesi baru yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. Memilih Universitas hanya berdasarkan rekomendasi saudara, pilihan orang tua atau nama universitas yang telah melegenda sudah tidak zamannya lagi.

Sebagai generasi milenial kita harus lebih cerdas memilih Universitas. Memilih Universitas dengan jurusan sesuai bakat dan minat memang cukup baik. Namun kita juga harus bisa melihat peluang yang bisa dihasilkan di kemudian hari.

Dengan kata lain sebagai generasi masa kini kita harus lebih cerdas dalam memilih Universitas. Kita tidak bisa lagi hanya mengacu pada pendapat orang saja.  Karena nantinya kehidupan kita juga tidak berdasarkan pendapat orang.

Mengikuti Open House

Beberapa Universitas akan menggelar open house atau kampus visit. Momen ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk dapat memilih Universitas terbaik. Setelah mendapatkan universitas dengan jurusan yang sesuai dengan goal karir serta minat maka sebaiknya lakukan kampus visit.

Melalui kampus visit kita bisa melihat bentuk dari Universitas pilihan kita. Mulai dari gedung fasilitas hingga lingkungan kampus dapat kita lihat secara langsung. Namun sebenarnya bukan itu tujuan utamanya.

Dengan melakukan kampus visit kita bisa melakukan konsultasi secara langsung dengan para dosen. Kita juga bisa mencoba bertanya-tanya tentang proses belajar pada Universitas tersebut. Pastikan pada kampus visit ini kita mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya.

Jangan ragu untuk bertanya secara langsung apabila ada hal yang kurang jelas. Biasanya petugas yang terjaga pada event kampus visit memiliki pemahaman yang baik tentang Universitas tersebut. Apabila kita menemui mahasiswa dari kampus saat melakukan kunjungan tidak ada salahnya untuk menanyakan pendapat mereka selama berkuliah di Universitas tersebut.

Lihat Alumni

Tips terakhir saat memilih Universitas untuk perkuliahan adalah dengan melihat alumni dari Universitas tersebut. Kita tidak boleh hanya melihat alumni yang terkenal saja. Kita harus melihat alumni secara umum.

Kita harus melihat apakah Universitas tersebut berhasil mencetak alumni dengan kualitas yang baik. Tak lupa juga bila memiliki kenalan tanyakan bagaimana kesan dan pesan mereka selama perkuliahan.

Hal ini akan sangat membantu. secara sederhananya apabila kita ingin membeli sebuah barang dari online shop kita pasti akan melihat review dari pembeli sebelumnya. Begitu juga saat memilih Universitas. Tentunya pendapat para alumni akan sangat berarti bagi kita.

Kesimpulannya adalah saat memilih Universitas untuk perkuliahan kita harus menentukannya sendiri. Pilih universitas terbaik yang memiliki sistem pembelajaran yang aplikatif. Jangan hanya terpaku pada nama besar sebuah universitas saja.

Bukan berarti kita tidak boleh memilih universitas yang ternama. Apabila sebuah universitas yang telah lama berdiri namun terus berkembang dan inovatif itu tidak ada salahnya kita memilihnya. namun alangkah baiknya jika kita memperhatikan beberapa tips diatas saat ingin memilih Universitas.