Pinjaman tanpa agunan menjadi salah satu metode kredit yang banyak dipilih oleh masyarakat hari ini. Hal ini dikarenakan jenis pinjaman ini tidak mengharuskan kamu untuk menyerahkan sejumlah jaminan pinjaman kepada pihak lembaga perbankan. Sementara pinjaman dengan agunan umumnya memerlukan jaminan seperti BPKB motor, BPKB kendaraan mobil, sertifikat rumah dan sebagainya.

Salah satu lembaga perbankan yang menyediakan program pinjaman tanpa agunan adalah digibank KTA. digibank, menawarkan sejumlah dana kredit tanpa agunan dari mulai Rp 3 juta hingga Rp 80 juta. Tentunya dengan dana sebesar ini sudah lebih dari cukup bagi kamu yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan yang tidak terlalu mewah. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memperoleh tambahan modal nikah dari pinjaman tanpa agunan.

Tips Memperoleh Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik

  1. Lakukan survei terhadap setiap produk KTA

Untuk mendapatkan penawaran paling menarik, kamu sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan lembaga mana yang terbaik. Salah satu parameter terbaik yang bisa dijadikan pilihan adalah suku bunga pinjaman tanpa agunan paling rendah. Carilah bank yang menawarkan suku bunga pinjamannya terendah. Selain itu, kemudahan proses pengajuan juga harus dijadikan pertimbangan.

Salah satu lembaga perbankan yang menawarkan suku bunga pinjaman tanpa agunan rendah adalah digibank KTA. digibank menawarkan suku bunga flat/bulan di kisaran 0,95% sampai 2,99% saja.

  1. Pinjam dengan jumlah dana yang kecil saja

Meski pinjaman dari digibank KTA maksimal mencapai Rp 80 juta, jangan jadikan kemudahan ini sebagai alasan untuk tidak menabung sejak dini. Sebaiknya, kamu tetap mempersiapkan dana tabungan pernikahan sejak beberapa tahun sebelumnya. Gunakan kemudahaan pinjaman tanpa agunan ini sebagai penambah kekurangan modal nikah atau apabila ada kekurangan dana mendadak yang sangat mendesak.

  1. Pilih jangka waktu tenor paling singkat

Sebisa mungkin pilihlah jangka waktu tenor pembayaran pinjaman tanpa agunan tersingkat. Dengan memilih waktu tenor yang singkat, otomatis total biaya yang kamu perlukan untuk membayar dana pokok dan bunganya akan lebih ringan.

Selain itu, dengan memilih waktu tenor pembayaran digibank KTA instan paling singkat, kamu akan terpacu untuk lebih cepat melunasinya. Kamu pun akan mampu mengatur keuangan lebih cermat.

  1. Hindari untuk membayar cicilan dengan kartu kredit

Kartu kredit bukanlah solusi untuk melunasi hutang dari pinjaman tanpa agunan. Patut diingat bahwa kartu kredit sendiri merupakan bentuk hutang modern. Sehingga, kamu pun akan ditagih pembayarannya. Oleh karena itu, agar dapat terlepas dari bunga dan hutangnya, sebaiknya kamu melunasi cicilan digibank KTA via uang pendapatan yang kamu sisihkan tiap bulannya.

  1. Usahakan tepat waktu membayar

Hindari membayar cicilan pinjaman tanpa agunan telat. Lembaga perbankan akan membebankan kamu dengan denda akibat keterlambatan membayar. Setiap kali menerima slip gaji, langsung sisihkan sebagian untuk membayar cicilan. Jangan ditunda-tunda atau digunakan dulu. digibank KTA sendiri menerapkan biaya keterlambatan sebesar Rp 150.000 – Rp 250.000 atau 6% dari pinjaman.

Hal yang terpenting dari penyelenggaraan pernikahan adalah kebahagiaan kedua mempelai dan keluarga. Jangan terlalu membebani diri dengan resepsi yang mewah jika tidak mampu.