Tips Menanam Padi dengan Benar Supaya Hasil Maksimal

  • 3 min read
  • Oct 01, 2021
pertanianpedia

Seperti yang ditunjukkan oleh pertanianpedia, beras adalah merupakan hasil dari tanaman padi. Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan karbohidrat. Ketika daerah itu tergantung pada kebutuhan beras atau beras, maka beras atau beras menjadi kebutuhan utama dan harus dipenuhi. Kecukupan dan pencapaian pembangunan beras menjadi penentu untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanpa tanaman padi, individu tidak bisa memakan nasi lagi. Oleh karena itu, pembangunan padi perlu terus diciptakan melalui para peternak padi Indonesia. Ini adalah pendekatan yang memikat dan bermanfaat untuk menumbuhkan padi. Selain biaya kebutuhannya, tanaman padi juga memiliki nilai uang yang tidak perlu. Seperti yang dihormati oleh orang-orang pada umumnya, kenaikan harga beras sangat tidak perlu dan praktis sekarang tidak berkembang pesat. Dengan cara ini, diyakini bahwa peternak yang lebih terkemuka dan lebih terkemuka akan memperkuat pembangunan padi.

Petunjuk Menanam Padi

Untuk mendapatkan tanaman padi yang bagus tentunya diperlukan cara tanam padi yang benar dan teknik tanam yang benar, pengaturan apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan tanaman padi. Berikut adalah beberapa tahapan dalam menanam padi yang harus diperhatikan tata cara menanam padi hingga panen berikutnya:

Penataan Media Tanam

Sarana pendirian untuk menanam padi harus dikoordinasikan di suatu tempat sekitar empat belas hari lebih awal dari penanaman. Kesiapan dilengkapi dengan panduan mengembangkan kotoran sebagai media pembentukan. Kotoran harus dijamin terbebas dari ilalang dan ilalang. Jangan biarkan ledakan tanaman padi menjadi kacau karena kenyataannya mereka perlu memberikan nutrisi dan air ke gulma. Setelah terbebas dari gulma, basahi tanah dengan air dan kemudian lakukan pengkerutan. Pembuatan alur dilakukan untuk mengumpulkan tanah menjadi halus dan bebas serta layak untuk ditanam.

Dalam perampokan inovasi mutakhir ini hingga kini belum selesai dengan cara menggali pula menggunakan sapi atau pengangkut peternakan. Setelah melalui perampokan, banjiri kembali media tanam dengan air. Air diberikan di bagian goliat untuk menutupi seluruh tanah dengan ketinggian hingga 10 cm. Berikan akses air media pembuatan terus memburuk. Air yang basi dalam waktu lama akan menyebabkan media tanam menjadi semrawut dan racun bisa hilang karena ternyata mereka terbunuh.

Seleksi Benih

Bibit di verdure padi harus diperiksa terlebih dahulu untuk memilih kualitasnya. Pandangan itu dulu disampaikan melalui percikan sekitar 100 butir benih padi ke dalam air. Setelah dua jam menguji benih. Cara terbaik untuk menanam benih padi adalah dengan melihat benih dengan memanfaatkan perubahan pada benih. Dalam hal terdapat lebih dari sembilan puluh benih atau lebih dari 90% benih berkecambah, maka benih tersebut tergolong benih unggul dan bermutu rendah.

Jelas, benih-benih yang umumnya mahir dan menakjubkan ini sangat berharga untuk dikembangkan. Sementara itu, jika benih yang dilakukan saat ini tidak menunjukkan tanda dan indikasi seperti yang telah dijelaskan di atas, maka kemungkinan benih tersebut sampai saat ini belum diberdayakan untuk dikembangkan. Setelah memilah benih untuk dijadikan benih, maka pembibitan bisa langsung dilakukan.

Pembibitan

Pembibitan dilakukan setelah memilah benih-benih pilihan. Benih yang paling padat kemudian akan ditanam di pembibitan. Pemegang pembibitan pada awalnya harus siap. Kebutuhan tempat semai diberikan dengan perbandingan 1:20. Misalnya, jika ingin memanfaatkan lahan sawah seluas 1 hektar, luas petak pembibitan sekitar 500 m2. Tanah di tempat pembibitan juga harus berair dan tidak rata. Aplikasikan pupuk kompos urea dan pupuk TSP pada persemaian dengan porsi 10 g untuk setiap 1 m2. Saat pembibitan disiapkan, buka benih yang tumbuh secara merata.

Penanaman

Cara pembentukan dilakukan setelah benih dalam metode persemaian telah tumbuh tiga sampai 4 daun ideal. Panjang dari pembibitan hingga pembibitan siap tanam umumnya sekitar 12 hingga 14 hari. Jika Anda siap menanam, ubah benih dari pembibitan ke wilayah pembentukan. Gerakan diselesaikan dengan hati-hati dan tidak melukai tanaman.

Penanaman dilakukan secara terkoordinasi membentuk bukaan. Khusus untuk penghijauan padi dalam satu bukaan, dua benih dapat ditanam tanpa penundaan sesaat. Penanaman dilakukan dengan panduan penanaman akar untuk menyusun huruf L sehingga akar dapat tumbuh sempurna. Kedalaman benih yang ditanam sekali menetap berfluktuasi dari 1 cm sampai 15 cm. Lebih baik menanam padi dua kali setahun tergantung pada periode tanam terbaik.

Perawatan Tanah

Perawatan dilakukan dengan tiga hal, yaitu penyiangan, penyiraman, dan penyiapan. Penyiangan dilakukan dengan cara melindungi tanah dari gangguan tanaman. Penyiangan harus dilakukan secara rutin setiap rentang waktu tertentu. Itu cenderung disempurnakan setiap dua minggu atau setiap tiga minggu. Penyiraman dilakukan berdasarkan kasus per kasus. Sama halnya dengan tanaman unik lainnya, pastikan tidak ada kekurangan atau kelebihan air. Selain itu, perawatan dilakukan saat awal setelah tanaman padi berumur multi minggu.

Jenis pupuk kandang yang diberikan adalah urea dengan porsi 100 kg per hektar dan kompos TPS porsi 50 kg per hektar. Perawatan yang dihasilkan diselesaikan setelah 25 hari hingga 30 hari setelah penanaman. Mereka diberikan pupuk kompos urea dengan porsi 50 kg per hektar dan pupuk Phonska dengan porsi 100 kg per hektar.

Iritasi dan Pencegahan Penyakit

Iritasi dan penderitaan dapat dilawan dengan menggunakan pestisida.

Mengumpulkan/Pemanenan

Pengumpulan dilengkapi dengan tanda dan manifestasi beras yang menguning dan menggantung. Gunakan sabit bergerigi untuk mengumpulkan dan meletakkan panen di atas tikar dengan menyaring beras dari dalam biji-bijian saat ini.

Itulah cara tanam padi yang benar berturut-turut dari pertanianpedia. Jika penanaman padi dilakukan dengan tepat dan tepat, hasilnya akan menawan dan produktif. Untuk itu, lakukan penanaman padi yang sesuai.