Perjalanan dari kota Malang menuju ibu kota semakin menyenangkan dengan naik kereta eksekutif gajayana. Kereta ini memang khusus mengangkut kelas eksekutif dan 1 kelas luxury di bagian gerbong paling belakang. Dengan jarak tempuh kurang lebih 907 kilometer dan dengan waktu 15 jam, tak akan berasa lelah jika menaiki kereta full eksekutif ini. Lalu, apa sajakah kenyamanan yang ditawarkan? Bagaimana cara memesan tiketnya? Simak informasi singkat mengenai KA Gajayana di bawah ini!

Mau Praktis? Pesan Tiket Kereta Eksekutif Gajayana Lewat Aplikasi Online

Tiket KA Gajayana bia dipesan melalui 2 cara yaitu offline dan online. Maksud offline di sini adalah calon penumpang memesan tiket langsung di loket-loket stasiun. Sedangkan pemesanan online adalah dengan mengakses aplikasi KAI Access atau melalui penyedia jasa travel online di Indonesia. Anda bisa melakukan pembayaran secara online tanpa harus antri dan tiket ini bisa dipesan 30 hari debelum waktu keberangkatan tiba. 

Salah satu yang terekomendasi adalah Traveloka. Harga yang ditawarkan untuk kereta kelas eksekutif adalah 300 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Di Traveloka, Anda bisa menemukan berbagai jadwal kereta api dan kursi yang masih tersedia. Anda juga bisa memillih tempat duduk dan gerbong kereta yang Anda inginkan.

Jadwal Berangkat Dan Jalur Yang Dilalui KA Gajayana

Kereta api Gajayana, keberangkatan pertama pada jalur Malang-Jakarta dimulai dari Stasiun Malang pada siang hari. KA Gajayana berangkat dari stasiun pertama yaitu Stasiun Malang pada jam 13.30. Karena ini kereta eksekutif, maka hanya berhenti di stasiun-stasiun besar yang ada di beberapa kota. Seperti Stasiun Blitar, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, Stasiun Madiun, Stasiun Yogyakarta dan sebagainya. Nantinya, pemberhentian terakhir Kereta Api Gajayana adalah di Stasiun Gambir pada jam 04.30 subuh. 

KA Gajayana ini juga melayani rute sebaliknya, yaitu Jakarta ke Malang. Keberangkatan sekitar pukul 18.00 dari Stasiun Gambir. Pemberhentian terakhir adalah di Stasiun Malang sekitar pukul 9 pagi keesokan harinya.

Fasilitas Eksklusif Dari Gerbong Eksekutif KA Gajayana

Bukan kelas eksekutif jika tidak menawarkan kenyamanan pada penumpang. Kereta api Gajayana memiliki formasi kursi per barisnya 2 di sisi kiri dan 2 di sisi kanan. Jarak antar kursi dengan kursi yang ada di belakangnya sangat lega dan nyaman. Kursinya empuk dan dilapisi dengan kulit yang halus. Di bagian depan kursi penumpang juga terdapat sandaran kaki.

Penumpang kelas eksekutif akan diberikan bantal kecil dan selimut yang bisa dipakai ketika berada di atas kereta. Sama seperti kereta api kelas lainnya, KA Gajayana tentunya dilengkapi dengan pendingin ruangan, hiburan dan toilet umum yang bersih. Namun, berbeda dengan toilet di kelas ekonomi, toilet di kelas eksekutif ini menggunakan model toilet duduk. Hiburan yang tersedia berupa layar datar yang dipasang di beberapa titik di bagian atas kereta api.

Seperti halnya kereta api lainnya, kereta api Gajayana juga terdapat fasilitas restorasi atau gerbong makan. Anda bisa membeli makanan berat, minuman panas dan dingin serta makanan ringan di kereta makan tersebut. Jika ingin lebih praktis, Anda tinggal memanggil pramugari kereta api yang pada jam-jam tertentu akan berkeliling membawa makanan dan menawarkannya pada penumpang. 

Kursi yang tersedia di kereta api Gajayana kelas eksekutif ini menggunakan tipe recliner. Anda bisa mengubah tinggi rendahnya sandaran kursi dengan menekana tuas yang ada di dekat kursi. Jika Anda berangkat bersama keluarga, pastinya ingin duduk berhadapan di kereta dengan mereka, bukan? Anda bisa memutar posisi menjadi saling berhadapan dengan kursi yang ada di belakang Anda secara manual.

Selain itu, di kursi pada bagian sendenan tangan terdapat meja lipat lengkap dengan lubang untuk memasukkan gelas minuman. Anda bisa makan dengan nyaman dan mungkin melakukan aktifitas terkait pekerjaan seperti membuka laptop atau menulis.

Di sisi body kereta terdapat 2 lubang stop kontak bagi penumpang yang ingin mengisi daya gadget. Di bagian atas terdapat bagasi tempat penumpang meletakkan barang-barang bawaan. Masih di bagian atas kereta api terdapat 2 kotak berupa tombol on off dan lampu baca. Anda bisa menghidupkan dan mematikan lampu baca tersebut dengan menekan saklar tersebut.