Home Otomotif Tunjang Transaksi Non Tunai, Jasa Marga Siapkan On Board Unit

Tunjang Transaksi Non Tunai, Jasa Marga Siapkan On Board Unit

41

Dikutip dari Otomania.com, beberapa operator jalan Tol, salah satunya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sudah menyediakan fasilitas  On Board Unit (OBU) atau lebih dikenal dengan e-Toll Pass. Fasilitas ini memungkinkan Anda membayar Tol tanpa harus berhenti dan membuka kaca jendela.

Metode seperti itu bisa menjadi pilihan untuk pengguna Tol di Indonesia. Sebab, mulai 31 Oktober 2017 tidak ada lagi transaksi menggunakan uang tunai, semua transaksi harus menggunakan uang elektronik dengan kartu e-Money.

Direktur Operasional II Jasa Marga Subakti Syukur menuturkan, gardu OBU memang masih belum banyak, tetapi ke depan bisa dipastikan menyebar di beberapa ruas Tol Jasa Marga.

Loading...

"Persentasenya hanya empat persen dari total pengguna e-toll, yaitu 36 persen," kata Subakti seperti dikutip dari Otomania.com.

Subakti juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan OBU. Bagi yang sudah memiliki alatnya, ketika mau masuk gardu kecepatan mobil minimal 20 km/jam dan maksimal 40 km/jam.

"Tetapi kita sarankan 20 km/jam saja, karena masih ada palangnya," ucap Subakti.

Sementara itu, ketika mobil sudah berjarak dua hingga lima meter alat pembaca (reader) di OBU akan membaca perangkat di dalam mobil, kemudian palang terbuka dan mobil bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Saat ini, OBU sudah tersedia di Tol Cengkareng, Cililitan, dan Kapuk. Minimnya pengguna e-Toll Pass ini kata Subakti karena perangkatnya yang masih mahal, sekitar Rp 400 ribu.

Source link

Loading...