Wajib Tahu! Ini Dia Pengertian Content Placement dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Jul 27, 2020
Content Placement

Berkecimpung di dunia digital pastinya Anda tidak akan asing dengan masalah konten. Konten menjadi unsur yang cukup penting dalam meningkatkan brand awareness bisnis ataupun produk yang Anda miliki. Di dunia digital marketing saja, konten bisa dikatakan sebagai rajanya dari penjualan dan promosi. Ada satu istilah yang cukup familiar didengar dalam masalah perkontenan. Istilah tersebut adalah content placement atau penempatan konten. Lantas, apakah istilah itu sebenarnya dan apa manfaatnya?

Pengertian Content Placement

Jika Anda mengartikan secara tatanan bahasa, tentu jelas bahwa pengertiannya adalah penempatan konten. Namun, penempatan konten yang seperti apakah yang merujuk pada istilah ini?

Pada dasarnya, sebuah bisnis membutuhkan konten untuk menunjang performa produk dan bisnisnya. Terlebih jika proses promosi dilakukan via digital atau secara online. Jika secara offline yang diperlukan adalah skill komunikasi secara langsung atau verbal menggunakan lisan. Maka di dunia online skill menulis dan pembuatan konten yang diandalkan.

Dari segi pengertian, jasa content placement ini berarti menempatkan konten Anda di luar jaringan. Maksudnya, Anda membuat konten perihal bisnis atau produk yang dimiliki, namun konten tersebut di tempatkan di jaringan lain. Misalnya, Anda membuat sebuah artikel penawaran produk, artikel tersebut tidak disimpan di website pribadi, melainkan di website milik orang lain.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa melakukan kerjasama dengan pihak pengembangan website yang menjadi sasaran untuk Anda menyisipkan konten. Biasanya, hal ini lumrah dilakukan untuk menunjang promosi bisnis. Bisa juga sebagai langkah awal untuk mengenalkan produk ke khalayak luas.

Manfaat Content Placement

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penempatan konten ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan proses promosi bisnis Anda. Namun, apa manfaat sebenarnya dari penempatan konten tersebut?

  1. Sebagai Strategi Bisnis

Menjadi alasan utama bagi kebanyakan pebisnis yang akhirnya melakukan content placement. Di mana, hal ini dilakukan sebagai salah satu realisasi dari strategi bisnis. Strategi ini pun beragam bentuknya dan bisa disesuaikan dengan keinginan atau tujuan apa yang ingin dicapai. Misalnya saja untuk memberitahu pada khalayak bagaimana citra dari bisnis atau perusahaan Anda. Dengan begitu, masyarakat akan lebih sadar tentang brand yang Anda miliki.

  1. Penyempurna Teknik SEO

Tidak melulu masalah pencitraan atau untuk promosi bisnis, penempatan konten pun sudah menjadi teman dekat dengan Search Engine Optimization. Banyak teknik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan dalam SEO ini.  Salah satunya adalah backlink yang berkualitas dan tentunya punya reputasi baik. Penggunaan content placement bisa jadi sarana untuk mendapatkan backlink berkualitas yang nantinya bisa mendorong orang menuju website Anda sehingga otoritas domain lebih bagus.

  1. Meningkatkan Traffic

Mempunyai traffic yang cukup banyak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pengelola website atau bisnis. Ketika Anda mempunyai sebuah toko, kemudian banyak pengunjung yang datang tentu akan merasa senang, bukan? Sama halnya dengan blog, ketika banyak pengunjung yang datang ke situs Anda, tentu eksistensi web pun semakin bagus. Penempatan konten ini bisa mengundang para pengunjung untuk datang ke website yang Anda miliki.

  1. Pelengkap Iklan

Trust masyarakat akan berbeda ketika Anda sendiri yang berbicara, atau ada pihak ketiga yang membicarakannya. Kehadiran jasa content placement bisa meningkatkan rasa percaya masyarakat. Apalagi ketika Anda akan membuat sebuah iklan di media sosial atau media lainnya. Saat pihak ketiga yang mempunyai otoritas lebih besar mampu menampung konten milik Anda, tentu kepercayaan masyarakat akan lebih tinggi terhadap bisnis yang dimiliki.

Penempatan konten ini memang sangat penting dilakukan. Jangan melulu memikirkan konten untuk website Anda sendiri, jika ingin jangkauannya luas, maka content placement di website orang lain, bisa dijadikan pertimbangan. Harga Jasa Content Placement cek langsung disini: https://www.seoagency.co.id.