WhatsApp Marketing: Apa Itu dan Bagaimana Caranya?

  • 2 min read
  • Jul 27, 2021
WhatsApp Marketing

Aplikasi pesan online Whatsapp tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi online. Saat ini, sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi tersebut sebagai media untuk mempromosikan usaha mereka. Memang ada beberapa kelebihan jika dibandingkan media sosial seperti facebook atau youtube. Maka dari itu, nada juga bisa mencobanya, namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Whatsapp menempati posisi pertama yang banyak digunakan oleh pengguna internet global. Menurut data survey yang diambil dari beberapa responden, Whatsapp menempati urutan pertama dengan lebih dari 24% pengguna. Posisi kedua ditempati facebook dengan prosentase 21,8% dan kemudian Instagram dengan prosentase 18,4%. Yang mengejutkan adalah pengguna aplikasi chat online tersebut telah dipakai lebih dari 83% dari jumlah seluruh pemakai Internet di Indonesia.

Apa Itu WhatsApp Marketing?

Sudah cukup sedikit penjelasan mengenai aplikasi Whatsapp, sekarang yang harus anda ketahui adalah apa yang dimaksud dengan Whatsapp marketing? Istilah tersebut biasanya digunakan oleh pelaku bisnis atau orang yang memiliki badan usaha tertentu. Maksudnya adalah, strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas Whatsapp gateway. Sebenarnya tidak berbeda dengan ketika anda menggunakan media lain. Hal yang cukup membedakan adalah dari fitur yang disediakan.

Saat ini ada salah satu fitur WA yang sudah digunakan oleh pelaku usaha, baik itu yang menjual produk maupun jasa. Fitur tersebut adalah Whatsapp bisnis, anda pasti pernah melakukan chat dengan orang yang menggunakan akun bisnis ini. Hanya sedikit perbedaan dari akun biasa, kelebihan utamanya adalah dapat digunakan untuk mengelola pesan dari pelanggan.

Kelebihan Whatapp Marketing

Menggunakan whatsapp sebagai media utama untuk marketing merupakan langkah jitu untuk perkembangan bisnis anda. Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan jika dibandingkan dengan media sosial yang lain.

· Lebih Efektif

Efektifitas memang sangat diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis, hal ini bisa anda dapatkan dari aplikasi whatsapp. Anda bisa lebih banyak menjaring calon konsumen dengan langsung melakukan komunikasi dua arah.

· Lebih Mudah Untuk Pemasaran

Selain efektif, menggunakan WA dapat mempermudah untuk melakukan pemasaran. Anda hanya tinggal membuat group yang berisi calon pelanggan, kemudian mempromosikan bisnis yang dimiliki.

· Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Yang dimaksud tentunya bukan hubungan khusus, melainkan hubungan antara penjual dan pembeli. Dengan aplikasi Whatsapp, anda bisa lebih menjalin hubungan komunikasi tersebut. Pelanggan akan lebih senang menggunakan cara ini karena bisa mendapatkan tanggapan yang cepat.

Bagaimana Cara Menjalankan Whatsapp Marketing?

Untuk bisa mendapatkan kelebihan diatas dengan tujuan menarik banyak konsumen, anda harus tahu bagaimana cara menggunakan Whatsapp marketing agar mendapatkan hasil yang efektif.

1. Mengumpulkan Kontak

Faktor penting agar anda sukses menggunakan Whatsapp marketing adalah mempunyai kontak sebanyak-banyaknya. Sangat disarankan bukan hanya banyak, melainkan juga yang mempunyai potensi tinggi untuk bisa mendapatkan closing.

Anda bisa mendapatkan kontak tersebut melalui media sosial. Namun sebelumnya anda harus memberikan konten yang bermanfaat dulu agar mereka dengan sukarela memberikan nomornya.

2. Meminta Customer Menyimpan Nomor

Anda sudah mengumpulkan nomor calon pelanggan yang potensial? Kini saatnya menyuruh mereka untuk menyimpan nomor bisnis yang anda gunakan. Bagaimana caranya? Biasa saja, cukup buat pesan broadcast dimana penerima pesan tersebut adalah calon pelanggan anda.

3. Membuat Group Khusus

Buat pelanggan seolah-olah berguna bagi kemajuan bisnis anda dan juga bagi mereka sendiri. Caranya bisa membuat group reseller dengan kualitas produk tinggi dan menjanjikan keuntungan bagi pelanggan.

Itulah pembahasan mengenai Whatsapp marketing yang bisa anda pelajari. Intinya adalah, WA tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, namun juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif media marketing bisnis.