Yuk Kenali Gejala Maag Ringan dan Berbahaya Agar Kamu Lebih Waspada

  • 2 min read
  • Mar 19, 2021
Kenali Gejala Maag Ringan

Setiap penyakit tidak boleh disepelekan walaupun tidak berbahaya. Karena apabila tidak ditangani dengan segera akan bisa membuat penyakit bisa mengalami komplikasi sehingga menimbulkan penyakit lainnya.

Oleh karena itulah Anda perlu untuk mengatasi penyakit dengan berusaha menyembuhkannya. Cara yang mudah untuk dilakukan untuk bisa mengobati penyakit adalah dengan mengenali gejalanya terlebih dahulu. Karena suatu penyakit bisa dikenali dari gejala ringan yang dirasakan oleh tubuh sebelum akan berubah menjadi gejala yang parah dan bisa berbahaya.

Misalnya saja untuk penyakit maag yang merupakan jenis yang banyak diderita oleh orang. Penyakit ini merupakan jenis yang dikenal tidak terlalu berbahaya. Sehingga tidak perlu untuk mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit.

Sakit maag sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal yaitu dari luka terbuka yang ada di lapisan dalam lambung, infeksi bakteri, dan juga karena penggunaan obat anti inflamasi nonstereoid. Akan tetapi apabila maag yang dialami kumat juga akan membuat rasa tidak nyaman dan juga bisa mengganggu aktivitas.

Oleh karena itulah bisa untuk menghindari maag yang kumat. Adapun untuk gejala atau ciri-ciri ketika maag kumat ditandai dengan beberapa kondisi yang bisa dikenali. Hal tersebut bisa membuat penyakit ini mudah diatasi dengan segera agar tidak membuat kondisinya menjadi lebih parah.

Adapun beberapa gejala yang dirasakan pada penderita maag ketika sedang kambuh adalah:

  1. Gejala pertama adalah akan mengalami rasa nyeri ulu hati yang juga mendapatkan sensasi terbakar pada bagian dada. Hal ini dikenal juga dengan heartburn yang biasanya akan lebih parah ketika malam hari.
  2. Gejala selanjutnya adalah mengalami mual dan juga muntah, terutama setelah makan.
  3. Gejala lainnya adalah perut kembung dan juga terasa penuh sehingga membuat begah.
  4. Gejala lain yang bisa dikenali adalah ketika mudah kenyang dan sering sendawa.
  5. Naiknya asam lambung hingga penurunan berat badan.
  6. Mulut yang terasa pahit dan asam.

Sehingga ketika merasakan beberapa gejala tersebut bisa untuk segera periksa ke dokter. Hal tersebut perlu dilakukan agar dapat mengetahui tingkat keparahan maag yang dipunyai. Selain itu juga bisa untuk berupaya untuk menghindari hal yang dapat menyebabkan penyakit maag yang bisa kambuh. Seperti dengan makan teratur dan juga hal lainnya yang bisa membuat kesehatan tetap terjaga dan maag tidak mudah kambuh. Karena apabila sering kambuh, hal tersebut akan membuat sakit maag dapat lebih parah.

Ketika gejala maag sering kambuh dan terus diabaikan, hal tersebut akan membuat penyakit maag menjadi lebih berbahaya. Sehingga juga akan membuat gejala maag yang dirasakan juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Adapun untuk gejala yang dapat berbahaya dan perlu segera diatasi adalah:

  1. Mengalami mual dan muntah terus menerus, bahkan juga muntah darah.
  2. Tinja dengan warna gelap dan mengandung darah.
  3. Mengalami nyeri perut yang menyakitkan.
  4. Mengalami anemia hingga sulit bernafas.

Beberapa gejala di atas perlu dikenai dan diperhatikan, sehingga bisa membuat penyakit maag yang dialami tidak bertambah parah. Apabila mengalami gejala ringan, maka sebaiknya segera ke dokter untuk membantu mendeteksi masalah kesehatan yang biasanya terjadi karena masalah pencernaan. Seperti penyakit GERD yang akan membuat Anda mengalami heartburn.

Apabila ke dokter juga bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi maag yang dipunyai. Langkah ini akan bisa mencegah penyakit maag yang dialami tidak bertambah parah dan bisa berbahaya untuk kesehatan.