3 Wisata Hutan Mangrove di Indonesia yang Recommended

  • GemaRakyat
  • May 23, 2022
Wisata Hutan Mangrove di Indonesia

Wisata hutan mangrove  di Indonesia menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda ketika liburan. Mengapa? Sebab di hutan mangrove Anda bisa merasakan wisata hutan sekaligus wisata air. Hutan mangrove menjadi wisata alam yang akan meningkatkan kesadaran menjaga hutan, khususnya hutan khusus mangrove. Ya, mengingat saat ini hutan mangrove di Indonesia sudah mulai berkurang.

Hutan mangrove disebut juga dengan hutan bakau, tumbuhan bakau ini hidup di air payau dan di tepi air laut.  Hutan mangrove membantu mengurangi terjadinya erosi air laut oleh daratan. Bagi Indonesia, hutan mangrove sangat penting karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang panjang. Apa saja wisata hutan mangrove yang bisa dijelajahi?

Wisata Hutan Mangrove  di Indonesia

 Beberapa tahun lalu Indonesia memiliki banyak hutan bakau yang tumbuh secara alami dan beberapa di antaranya digunakan sebagai tempat wisata. Penasaran mana saja wisata hutan mangrove yang tersebar di Indonesia?

  1. Mangrove PIK

Pantai Indah Kapuk memiliki sebuah wisata mangrove. Ibu kota Indonesia, Jakarta semakin panas karena memiliki banyak kepadatan perumahan penduduk, berbagai gedung pencakar langit, dan industri yang semakin berjamur di mana pun.

Tapi tidak semua tempat di kota Jakarta panas karena kamu bisa menikmati area hijau di Pantai Indah Kapuk. Tempat ini memiliki kawasan yang sangat bersih dan sejuk. Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti memanjat jembatan bambu di hutan atau menanam mangrove. Jika belum lelah dan puas dengan hutan mangrovenya, Anda bisa bermalam di  Pantai Indah Kapuk

  1. Mangrove EduPark

Selanjutnya, ada wisata hutan Mangrove di Semarang. Perjalanan Anda akan dimulai dengan trekking di koridor panjang  tepi hutan mangrove. Setelah berjalan mengitari tepi hutan, Anda bisa menaiki perahu. Di atas perahu, Anda bisa melihat ikan di perairan dan Anda juga akan melihat burung terbang danbangau.

Setelah bersantai di perahu sambil mengitari danau, Anda bisa belajar tentang cara menanam mangrove yang benar sambil menikmati matahari terbenam yang indah. Tidak hanya matahari terbenam,Anda akan melihat sekawanan burung yang terapung-apung ditemani dengan aroma segar pohon bakau.

  1. Mangrove Pasir Kadilangu

Selain Jakarta, Jogja juga memiliki Mangrove Pasir Kadilangu di Kulon Progo. Hampir sama dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, saat memasuki hutan Anda akan berjalan menaiki jembatan bambu. Saat berjalan di jembatan bambu Anda akan merasa lebih dekat dengan mangrove.

Di perairan bakaunya Anda bisa melihat biota air, seperti kepiting dan siput. Berjalan sedikit lebih jauh ke selatan Anda akan menemukan Pantai Pasir Kadilangu tapi pantai ini sangat berbahaya karena kontur tanahnya tidak rata. Tidak jauh dari sana Anda akan melihat Menara Pandang yang cukup mirip dengan Eiffel Menara di Paris, hanya terbuat dari bambu dan ukurannya lebih kecil.

Selain menjelajahi wisata hutan mangrove, jangan lupa untuk mencoba glamping murah di Bandung untuk merasakan penginapan modern dan mewah!