Fakta TOEFL, Salah Satu Pembelajaran EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

  • 3 min read
  • Nov 17, 2020
EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional – Jika Anda seorang siswa internasional yang ingin belajar di universitas di negara berbahasa Inggris. Anda mungkin perlu mengikuti tes TOEFL. TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Yang merupakan nama resmi untuk tes tersebut. Tes ini menilai kemampuan Anda untuk berbicara dan memahami bahasa Inggris dengan menganalisis lewat kompetensi membaca. Berbicara, mendengarkan, dan menulis. Semua itu adalah keterampilan yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan studi akademis dan tes ini digunakan oleh institusi untuk memastikan siswa dapat melanjutkan dan berhasil dalam program pilihan mereka di negara tempat kurikulum yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Tes TOEFL biasanya dilakukan dalam bentuk tes online, namun jika Anda tidak nyaman dengan sistem online tes tertulis juga bisa Anda ikuti di EF.

Siapa yang perlu mengikuti tes TOEFL?

Siapapun boleh mengikuti tes ini. Tes TOEFL telah diikuti oleh lebih dari 27 juta orang di seluruh dunia untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris mereka. Tes ini sering diambil oleh siswa yang berencana untuk belajar di universitas di luar negeri dan calon penerima beasiswa, atau para pekerja yang mengajukan visa. Warga dari Negara berbahasa Inggris juga masih sering mengambil tes TOEFL untuk mengasah kemampuan berbahasa mereka. Jika Anda ingin memilih studi keluar negri, perhatikan persyaratan universitas, karena akan disebutkan di sana terdapat informasi seputar nilai TOEFL yang harus Anda tempuh.

Mengapa mengikuti tes TOEFL?

Institusi pendidikan dan lembaga pemerintah dari 130 negara menerima skor TOEFL saat menyeleksi mahasiswa atau calon pekerja. Sebagai persyaratan penerimaan kursus bahasa, terkadang Anda juga harus menempuh tes TOEFL, untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sebelum nantinya ditempatkan pada kelas yang sesuail. Persyaratan skor minimum dapat berkisar antara 61 dan 100 tergantung pada institusi dan kursus.

Hasil yang Anda terima dalam tes TOEFL Anda hanya akan berlaku selama dua tahun, setelah dua tahun itu Anda harus mengulang tes. Jadi jika Anda ingin bekerja di luar negri bulan Desember 2020, artinya hasil test toefl Anda harus yang terbaru. Hasil tes TOEFL bulan November 2017 sudah tidak berlaku untuk dijadikan syarat kelulusan.

Pada zaman sekarang, ada beberapa jenis tes TOEFL yang bisa Anda tempuh, seperti:

Online test (TOEFL iBT)

  • Bagian membaca antara 60-100 menit. Biasanya Anda akan diarahkan untuk membaca  3-5 bagian, yang masing-masing berisi 12-14 pertanyaan
  • Bagian mendengarkan (listening) antara 60-90 menit nantinya akan terbagi menjadi 6-9 bagian, yang masing-masing berisi 5-6 pertanyaan
  • Bagian berbicara (speaking) yang berlangsung selama 20 menit dan melibatkan 6 tugas lisan.
  • Bagian menulis (writting) yang berlangsung 50 menit dan melibatkan 2 tugas yang perlu diselesaikan.

Offline test (TOEFL PBT)

  • Bagian mendengarkan antara 30-40 menit yang terdiri dari 3 bagian
  • Bagian struktur dan ekspresi tertulis yang berlangsung selama 25 menit yang mencakup 15 latihan penyelesaian kalimat dan 25 contoh untuk identifikasi kesalahan
  • Bagian membaca yang berlangsung selama 50 menit dan mencakup menjawab 50 pertanyaan tentang bacaan
  • Bagian menulis yang berdurasi 30 menit, yang melibatkan satu esai tertulis yang berisi sekitar 250-300 kata

Biaya

Rata-rata biaya untuk menempuh tes TOEFL bervariasi di setiap negara, mulai dari US $ 160 hingga US $ 250. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena jika Anda mencapai skor yang membantu Anda maju ke kursus dan lulus, itu akan meningkatkan prospek pekerjaan masa depan Anda.

Di mana saya bisa mengikuti tes TOEFL?

Ada banyak tes sepanjang tahun di seluruh dunia yang dapat Anda ikuti. Terdapat 4.500 pusat tes TOEFL di 165 negara, artinya akan ada pusat tes yang mudah diakses oleh Anda. Anda dapat menemukan pusat tes terdekat di situs web resmi TOEFL, yang berisi lokasi pusat tes dan format tempat tes dilakukan. Anda juga bisa mengikuti test TOEFL di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Penting untuk memeriksa persyaratan penerimaan untuk universitas atau institusi pilihan Anda untuk melihat apakah hasil TOEFL diperlukan untuk masuk sebelum mendaftar. Jika demikian maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda menemukan pusat tes untuk melaksanakan tes Anda. Setelah Anda mendapatkan hasil TOEFL, ingatlah bahwa skor yang Anda dapatkan hanya bertahan selama 2 tahun, jadi manfaatkanlah kerja keras dan uang yang Anda keluarkan untuk meningkatkan prospek masa depan Anda.